manfaat lemon untuk kulit

Sebagai sumber yang kaya vitamin C dan asam sitrat, lemon dikenal dengan efek detoksifikasi, terutama bila kamu menambahkan beberapa irisan buah segar ini ke dalam air minum. karena banyaknya manfaat lemon, menjadikan buah yang satu ini sering kali digunakan untuk merawat kulit dan mengatasi masalah kulit. 

Manfaat Lemon untuk Kulit

Berikut beberapa manfaat lemon untuk kulit:

1. Mengatasi  jerawat

manfaat lemon untuk wajah

Jus lemon memiliki kualitas astringent karena tingkat keasamannya. Kandungan tingkat pH tinggi seperti yang ada pada lemon dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Selain itu, asam sitrat, sejenis asam alfa hidroksi (AHA), dapat membantu memecah sel kulit mati yang menyebabkan bentuk jerawat non inflamasi seperti komedo.

2. Efek antimikroba

Lemon juga memiliki efek antimikroba, yang dapat membantu mengatasi bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan peradangan jerawat.

Pada saat yang sama, lemon juga memiliki efek antijamur, yang dapat membantu mengobati ruam Candida serta jamur kulit kepala yang terkadang terjadi dengan dermatitis seboroik.

3. Mencerahkan kulit

manfaat lemon untuk kulit

Jenis jeruk seperti lemon juga dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi bintik-bintik penuaan atau bekas jerawat, serta rambut halus di wajah.

BACA JUGA: Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami

4. Pengobatan psoriasis dan ketombe

ketombe

Karena jus lemon dapat menghilangkan sel kulit mati, maka jus lemon juga dinilai dapat mengurangi bercak kulit karena psoriasis dan ketombe.

Efek pengelupasan kerap kali terkait dengan tingkat asam sitrat alami lemon, karena AHA memiliki efek pengelupasan pada kulit.

5. Manfaat lemon untuk kulit: kolagen meningkat

Tidak sedikit orang yang mengklaim bahwa penggunaan lemon pada kulit mengatakan bahwa buah jeruk adalah metode alami untuk meningkatkan kolagen di wajah.

Kolagen sendiri adalah protein yang rusak secara alami seiring bertambahnya usia, yang kemudian dapat menghasilkan garis-garis halus sert kerutan.

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen, menjadikan kulit lebih halus.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Jadi Pelembab Alami!

Efek Negatif Penggunaan Lemon Pada Kulit

Meskipun manfaat lemon untuk kulit cukup beragam, sayangnya tidak semua orang dapat cocok untuk menggunakan lemon pada kulit mereka, terutama wajah. Menggunakan lemon di wajah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit daripada manfaatnya. 

Beberapa efek yang mungkin akan timbul dari penggunaan lemon pada wajah adalah iritasi, sunburn, hingga vitiligo. Ada baiknya untuk tidak menggunakan lemon secara langsung pada wajah, kamu bisa minum jus lemon saja untuk mencegah risiko efek negatif dari penggunaan lemon.

By Intan