cara agar tidur cepat

Adakah cara agar tidur cepat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah? Masalah istirahat seperti insomnia ternyata bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kamu. Itu sebabnya, perlu kualitas beristirahat yang baik dan lelap agar tubuhmu tetap fit dan bugar. 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar beristirahat lebih cepat. Bahkan, hanya dalam waktu 30 detik saja kamu sudah bisa tertidur lelap setelah melakukan berbagai cara berikut ini: 

Biasakan Tidur di Jam yang Sama Setiap Hari

Rutinitas yang kamu lakukan secara berulang bisa menjadi sebuah kebiasaan, termasuk kebiasaan beristirahat malam yang buruk. Sering begadang ketika malam bisa menyebabkan kamu terindikasi gejala gangguan tidur seperti insomnia

Apabila kamu tidak mengubah kebiasaan tidurmu menjadi lebih sehat, maka akan timbul berbagai macam penyakit berbahaya. Usahakan untuk tidak istirahat larut malam. Waktu yang tepat untuk tidur malam adalah sekitar pukul 9 malam. 

Jika kamu berhasil melakukan rutinitas tidur malam di jam tersebut, maka nantinya akan berubah menjadi tabiat. Lakukan aktivitas istirahat tersebut secara rutin di waktu yang sama agar membentuk tabiat istirahat yang baru. 

Matikan Perangkat Elektronik 

cara agar tidur cepat, matikan hp

Salah satu cara agar tidur cepat yang cukup ampuh adalah dengan mematikan seluruh perangkat elektronik. Mulai dari laptop atau PC, tab, serta ponsel. Jika kamu mematikan seluruh perangkat tersebut sebelum istirahat, maka akan membuat kualitas tidurmu menjadi nyenyak. 

Perangkat elektronik yang masih menyala sebelum tidur akan mengganggu konsentrasi kamu untuk istirahat. Apalagi dengan munculnya berbagai notifikasi chat dan sebagainya akan mendistraksi kamu saat mau istirahat. 

Hindari Konsumsi Kafein

Mengkonsumsi kafein wajib kamu hindari agar tidak membuat kamu terjaga semalaman. Seperti yang kamu tahu, kafein adalah zat yang bisa membuat kamu sulit mengantuk dan tidur. Maka dari itu, jika kamu ingin beristirahat dengan elap, hindari mengkonsumsi kafein sebelumnya. 

Menurut beberapa penelitian, zat kafein justru tidak baik kamu konsumsi menjelang tidur. Sebab, zat ini bisa mengatasi rasa kantuk yang muncul dan membuat kamu tetap terjaga dalam jangka waktu lama. 

Mulai sekarang, hindarilah mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak. Kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan ringan lain yang membuat kamu cepat terlelap. Misalnya saja, minum teh chamomile di malam hari. 

Mandi Air Hangat Agar Tidur Cepat

Mandi air hangat

Apa korelasi antara mandi air hangat dengan cara agar tidur cepat dan nyenyak? Ternyata, mandi air hangat sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas istirahat malam kamu selama ini. Kok bisa? 

Air hangat akan membuat tubuh kamu rileks dan terlepas dari rasa pegal-pegal setelah seharian beraktivitas. Nah, jika kamu ingin memiliki kualitas istirahat yang sehat dan nyenyak, coba lakukan tips ini menjelang waktu beristirahat. 

Latihan Pernapasan Agar Tidur Cepat

Tahukah kamu, ternyata masalah pernapasan bisa mengganggu kualitas tidur kamu selama ini. Gangguan pernapasan yang mengakibatkan suara dengkuran terkadang bisa membuat kamu bangun sewaktu-waktu karena sesak. 

Meskipun terlihat sepele, tapi kamu tidak boleh mengabaikan masalah seperti ini. Cobalah untuk melatih sistem dan ritme pernapasan agar kualitas tidurmu menjadi lebih baik dan sehat. Lantas, bagaimana caranya mengatur pola pernapasan yang benar? 

Tips Produktif Selama WFH, Kerja Tetap Optimal!

Lakukan latihan pernapasan secara rutin untuk agara sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Kamu bisa melakukan latihan secara mandiri dengan menarik napas sebanyak empat hitungan. Lalu, tahanlah napas sebanyak tujuh hitungan. Kemudian buang napas pelan-pelan sebanyak delapan hitungan. 

Seluruh metode dan cara ini merupakan bagian dari terapi pengobatan yang akan membuat sistem pernapasan kamu lebih lancar. Jika latihan ini kamu lakukan secara rutin, maka akan berpengaruh pada kualitas tidur yang kamu jalani.