Gourmetamigurumi.com – Mendapatkan modal untuk pelaku UMKM pemula. UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Di mana memungkinkan kamu mendapatkan sumber penghasilan di dalamnya. Namun untuk membangun UMKM bukanlah hal yang mudah. Nantinya akan di butuhkan modal yang cukup untuk kamu bisa mengembangkan UMKM hingga berhasil menjadi sumber penghasilan.

Selain itu UMKM sendiri meliputi banyak jenis yang biasanya di mulai dari usaha rumahan. Sebenarnya juga modal untuk mengembangkan UMKM tidaklah terlalu besar, namun kamu tentu membutuhkannya dan akan mengalami kesulitan saat memang sedang tidak memiliki uang. Jika kamu ingin mengembangkan UMKM yang sedang kamu jalankan, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal pengembangan UMKM.

1. Tabungan pribadi

1. Tabungan pribadi

Menjadi salah satu modal terbaik jika kamu ingin mengembangkan usaha kecil menengah. Menggunakan uang pribadi tentunya memungkinkan usaha yang sedang di jalankan bisa berjalan lebih maksimal. Selain itu penggunaan modal melalui uang tabungan tidak akan memaksa kamu untuk mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu.

2. Menjual aset

Jika kamu memiliki aset berharga, cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal UMKM. Di mana kamu harus menjual aset berharga yang kamu miliki. Namun sebelum itu pastikan kamu memikirkan keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan saat ingin menjual aset.

3. Mendapatkan rekan bisnis

Rekan bisnis bisa menjadi jalan kelaur untuk kamu yang sedang kekurangan modal untuk membangun usaha kecil menengah. Sebaiknya untuk mencari rekan bisnis sehingga memungkinkan modal bisa di bagi menjadi 2 sekaligus bisa membentuk kekuatan pada umkm yang sedang di jalankan.

4. Gadai aset

pelaku umkm pemula. Gadai aset

Jika kamu tidak ingin kehilangan aset yang kamu miliki. Alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan gadai aset. Di mana banyak perusahaan yang memungkinkan kamu mendapatkan uang dari aset yang menjadi jaminannya. Biasanya beberapa aset tersebut meliputi emas, BPKB, Sertififkat berharga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Pinjaman dari keluarga atau teman

Keluarga menjadi salah satu pihak yang mungkin saja bisa membantu perkembangan usaha yang ingin kamu jalankan. Jika sekiranya kamu tidak memiliki modal untuk membangun sebuah usaha kecil menengah, maka jalan keluar yang harus kamu lakukan adalah dengan meminjam modal usaha kepada keluarga. Selain keluarga, kamu juga bisa meminjamnya dengan teman. Namun tetap pastikan kamu bisa memulangkan uangnya tepat waktu.

6. Mengajukan kredit di bank atau lembaga keuangan

pelaku umkm pemula Mengajukan kredit di bank atau lembaga keuangan

Tips yang satu ini seringkali di gunakan oleh pelaku UMKM untuk membangun usaha yang sedang di jalankan. Terlebih saat ini banyak produk bank yang memberikan layanan kredit tanpa agunan sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan apapun.

7. Pinjaman online

Belakangan ini sudah banyak aplikasi pinjaman online yang bisa kemu gunakan. Selain itu dari kebanyakan aplikasi yang ada, kamu hanya perlu mempersiapkan persyaratan yang sangat mudah. Bahkan dana yang di ajukan juga berpeluang cepat cair. Bahkan tidak jarang juga aplikasi pinjaman online memberikan limit yang lumayan besar untuk pengajuan pertama. Namun sebelum melakukan pengajuan, pastikan kamu menggunakan layanan pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar di OJK.

Itulah beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal bagi pelaku UMKM pemula. Dengan mengikuti beberapa tips di atas nantinya kamu bisa mulai kembali untuk menjalankan UMKM dan mendapatkan sumber penghasilan.***