Contoh makanan berserat

Apa saja contoh makanan berserat tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh? Serat merupakan salah satu zat nutrisi yang kamu butuhkan. Dengan mengkonsumsi serat, kamu bisa merasakan banyak manfaat. Misalnya saja untuk memperlancar sistem pencernaan. 

Karena manfaatnya inilah, maka kamu harus memenuhi kebutuhan serat harian kamu melalui makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu mencari makanan dengan jenis klasifikasi seperti ini, maka bisa memakai daftar referensi makanan berserat tinggi seperti berikut: 

Jenis Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan

Nggak banyak orang yang tahu kalau kacang-kacangan mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Hampir semua jenis kacang-kacangan memiliki kadar serat yang tinggi. Mulai dari kacang hitam, kacang panjang, kacang kedelai, hingga kacang tanah. 

Selain mengandung serat yang tinggi, kacang juga memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi. Itu sebabnya, mengkonsumsi kacang-kacangan bagus buat kamu yang sedang membutuhkan asupan serat. 

Karena kandungan seratnya yang tinggi, nggak heran kalau kacang-kacangan sering ada dalam menu makanan untuk diet. Nah, kamu juga bisa memasak sayuran dari bahan kacang-kacangan. Misalnya saja tumis kacang panjang, atau membuat bubur kacang merah. 

Makanan Berserat dari Gandum

Makanan berserat gandum

Contoh makanan berserat lainnya yang cukup familiar buat lidah kamu adalah gandum. Bahan makanan yang satu ini bukan cuma kaya akan serat, tapi juga mengandung zat karbohidrat. Makanya, jangan heran kalau gandum menjadi alternatif asupan karbohidrat selain nasi putih. 

Untuk memakannya, kamu bis mengolah gandum menjadi bubur atau menanaknya seperti nasi. Selain itu, gandum juga bisa kamu konsumsi menjadi sereal bernutrisi tinggi saat memakannya bersama dengan susu. 

Oleh sebab itu, kreasikan bahan gandum ini menjadi menu makanan yang enak sekaligus menyehatkan. Jika kamu nggak punya ide untuk mengolahnya, kamu bisa memakai tips atau resep makanan dari internet. 

Buah Alpukat

Makanan berserat alpukat

Ternyata, buah berwarna hijau dengan bentuk lonjong ini juga mengandung kadar serat yang cukup tinggi.  Makanya, alpukat baik untuk kamu konsumsi karena mampu memperlancar proses pencernaan. Jika kamu mengalami sembelit, kamu bisa mengkonsumsi buah ini sebagai solusinya. 

Selain mampu melancarkan pencernaan, buah alpukat juga terbukti mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Makanya, kamu yang memiliki masalah jantung dan darah tinggi wajib mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. 

Makanan Berserat dari Buah Raspberry

Raspberry

Buah-buahan lainnya yang bisa jadi contoh makanan berserat tinggi adalah raspberry. Jenis buah yang satu ini mungkin cukup asing bagi orang Indonesia. Namun, manfaat yang bisa kamu rasakan sangat banyak jika mengkonsumsi buah-buahan yang satu ini. 

Selain itu, raspberry juga mampu mencukupi kebutuhan serat harian kamu sebanyak 21,6%. Selain tinggi serat, buah-buahan ini juga mengandung kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, buah ini cocok untuk kamu konsumsi. 

Beras Merah 

Beras merah

Hampir semua jenis beras pasti memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh. Hanya saja, yang membedakannya adalah kadar tinggi dan rendahnya. Dari antara jenis beras yang sering kamu makan, beras merah adalah yang paling tinggi seratnya. 

Dalam butiran beras merah juga mengandung zat antioksidan yang tinggi. Itu sebabnya, beras merah ini sangat bagus untuk kamu konsumsi sebagai pengganti beras putih. Nah, beras merah juga sangat baik bagi orang-orang yang menderita penyakit diabetes atau obesitas.