Gourmetamigurumi.com – Manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Selama masa kehamilan, sangat penting untuk kamu bisa menjaga pola makan dan mengaturnya menjadi lebih baik. Ada beberapa makanan yang memang di anjurkan untuk di konsumsi lebih sering selama kehamilan. Hal ini tentunya bertujuan sebagai penunjang kesehatan pada ibu dan calon bayi terutama saat lahir.

Salah satu yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil adalah air kelapa. Meskipun banyak mitos yang tersebar mengenai bolah atau tidaknya mengkonsumsi air kelapa saat masa kehamilan, namun nyatanya banyak manfaat pada air kelapa yang baik untuk ibu hamil. Berikut ulasannya !

1. Menambah Energi

1. Menambah Energi

Di karenakan air kelapa mengandung kalium, kalsium dan klorida. Sehingga menjadi mineral terbaik yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan energi. Air kelapa terbukti memiliki berbagai nutrisi baik mulai dari serat, pangan, vitamin C, bahkan hingga kadar elektrolit alami yang terbilang cukup tinggi.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan elektrolit yang ada dalam air kelapa memungkinkan kamu untuk terhindar dari dehidrasi. Terlebih jika ibu hamil mengalami morning sickness, tentunya ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk dikonsumsi. Selain itu dengan mengkonsumsi air kelapa muda bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.

3. Menjadi kolesterol baik untuk kesehatan jantung

air kelapa untuk ibu hamil. Menjadi kolesterol baik untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tekanan darah tinggi di sebabkan oleh kadar kalium dalam tubuh yang rendah. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi kelapa muda saat kehamilan dapat membantu mengatur tekanan dalam darah. Selain itu penelitian lain juga menyebutkan bahwa air kelapa muda membantu untuk meningkatkan HDL serta menjadi kolesterol yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat lainnya yang bisa di dapatkan oleh ibu hami saat mengkonsumsi air kelapa adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Di mana sirkulasi darah yang tidak lancar menyebabkan suplai oksigen juga menjadi berkurang terutama untuk janin. Oleh karena itu air kelapa membantu kamu untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

5. Mencegah Gangguan Pencernaan

air kelapa untuk ibu hamil Mencegah Gangguan Pencernaan

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, dengan mengkonsumsi air kelapa memungkinkan kamu untuk terhindar dari gangguan pencernaan. Terlebih lagi ibu hamil sering mengalami sembelit yang jika tidak di tangani dengan baik akan menumpuk ke organ pencernaan serta menimbulkan penyakit. Selain itu air kelapa juga berfungsi sebagai antibiotik yang bisa melawan bakteri yang ada pada organ pencernaan.

6. Menjernihkan Air Ketuban

Untuk kamu ketahui, selama kehamilan bayi akan menelan air ketuban dan di keluarkan kembali sebagai urine. Hal ini bertujuan untuk menjaga volume air ketuban agar tetap stabil. Namun jika bayi menelan air ketuban yang keruh, tentunya akan menyebabakan infeksi danan masalah lainnya. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi air kelapa tentunya memungkinkan ibu hamil mendapatkan air ketuban yang lebih jernih.

7. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

air kelapa untuk ibu hamil Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Ibu hami tentunya akan mengalami peerubahan hormon yang berbarengan dengan perkembangan rahim. Bahkan tidak jarang juga perkembangan rahim dapat menekan kandung kemih yang bisa menyebabkan infeksi. Hal itu di karenkan urine tidak bisa di keluarkan secara tuntas. Air kelapa muda memiliki peranan penting untuk membersihkan saluran dan kandung kemih sehingga memungkinkan ibu hamil untuk bisa buang air kecil menjadi lebih teratur.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya dari air kelapa yang baik untuk ibu hamil adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Di mana air kelapa sendiri mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antivirus dan membantu tubuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan berbagai gejala penyakit.

Nah itulah beberapa manfaat air kelapa yang baik untuk ibu hamil. Saat masa kehamilan akan baik untuk kamu mengkonsumsi air kelapa di karenakan kandungan yang ada di dalamnya. Namun pastikan kamu mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan.***