Gourmetamigurumi.com – Buah yang dilarang untuk ibu hamil. Dalam keadaan hamil, biasanya calon ibu di sarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi sehingga baik untuk nutrisi ibu dan bayi. Selain itu buah-buahan menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Meskipun di rekomendasikan, namun beberapa buah ternyata di larang untuk ibu hamil lho. Berikut ini beberapa buah yang di larang untuk ibu hamil.

1. Nanas

nanas

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui bahwa nanas merupakan salah satu buah yang di larang untuk ibu hamil. Terlebih jika di konsumsi secara berlebihan akan memicu kontraksi rahim bahkan hingga keguguran. Hal ini di karenakan nanas yang memiliki kandungan bromelain yang tidak lain adalah enzim pemecah protein. Sehingga menjadi penyebab serviks menjadi lunak.

2. Durian

durian

Buah yang satu ini banyak di sukai karena rasanya yang memang lezat. Namun bagi ibu hamil, makanan ini tidak di sarankan untuk di konsumsi. Untuk kamu ketahui, durian sendiri mengandung alkohol dan asam yang berasal dari arachidonat sehingga berbahaya untuk ibu hamil dan janin. Terlebih lagi durian mengandung tinggi gula dan karbohidrat yang akan meningkatkan resiko berat badan berlebih.

3. Anggur

anggur

Sebenarnya anggur manjadi salah satu buah yang kaya akan gizi baik untuk tubuh. Namun di sarankan kepada ibu hamil untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Terlebih anggur sendiri mengandung senyawa resveratrol yang cukup tinggi terutama pada bagian kulitnya yang berbahaya untuk ibu hamil.

4. Semangka

Semangka

Secara umum, buah semangka terbilang baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih semangka sendiri mampu membuang racun dari tubuh serta mengembalikan hidrasi. Namun mengkonsumsi semangka secara berlebihan tidak di sarankan untuk ibu hamil. Hal ini di karenakan kandungan gula dalam semangka yang akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

5. Pepaya muda

buah yang dilarang untuk ibu hamil Pepaya muda

Buah yang satu ini menjadi salah satu yang di larang untuk ibu hamil. Pepaya Muda sebenarnya mengandung nutrisi makro dan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun pada dalam keadaan hamil, pepaya muda terbilang tidak baik untuk janin. Karena kandungannya yang kaya akan lateks sehingga menyebabkan kontraksi pada rahim, pendarahan, dan keguguran.

6. Tamarin

buah yang dilarang untuk ibu hamil Tamarin

Untuk kamu ketahui, tamarin sendiri merupakan bahasa lain dari asam jawa. Meskipun sebenarnya tamarin sendiri bisa di konsumsi oleh ibu hamil, namun sebaiknya untuk tidak terlalu berlebihan. Hal ini di karenakan mampu menekan produksi progesteron dalam tubuh yang menyebabkan keguguran, prematur, bahkan hingga kerusakan sel pada janin.

7. Kurma

buah yang dilarang untuk ibu hamil Kurma

Mengkonsumsi kurma secara berlebihan saat hamil akan menyebabkan suhu tubuh naik dan menjadi pemicu kontraksi pada rahim. Oleh karena itu sebaiknya untuk menghindari konsumsi kurma secara berlebihan saat hamil.

8. Persik

buah yang dilarang untuk ibu hamil Persik

Buah lainnya yang tidak di sarankan untuk ibu hamil adalah persik. Mungkin buah ini juga terbilang cukup awam dan banyak yang tidak mengetahuinya. Persik sendiri biasa di sebut peach yang jika di konsumsi terlalu banyak oleh ibu hamil akan menyebabkan suhu tubuh menjadi meningkat. Selain itu mengkonsumsi persik secara berlebihan saat hamil akan menyebabkan pendarahan dan meningkatkan resiko keguguran.

9. Tomat kalengan

buah yang dilarang untuk ibu hamil Tomat kalengan

Makanan kaleng memang banyak di pilih karena bisa di gunakan dalam waktu yang lama. Namun sebaiknya untuk ibu hamil menghindari makanan kaleng kkarena mengandung pengawet yang tinggi. Sehingga pengawet tersebut nantinya yang justru akan menjadi racun untuk tubuh dan beresiko menyebabkan komplikasi.

Demikian beberapa buah yang dilarang dan tidak disarankan untuk di konsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan. Oleh karena itu sebaiknya untuk menghindari buah tersebut untuk lebih menjaga kesehatan ibu dan calon bayi dalam kandungan.***