cara memilin sunscreen

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk penting yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet di siang hari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Ini sebabnya mengapa penting untuk mengaplikasikannya ketika kamu hendak ke luar rumah. Namun bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kamu? berikut ulasannya. 

1. Pilih Tabir Surya dengan Spektrum Luas

cara memilin sunscreen

Tabir surya spektrum luas berarti produk melindungi dari sinar UVA dan UVB. Ini tidak hanya penting untuk pencegahan kanker kulit, tetapi juga untuk melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan kulit dini.

Sebelumnya dipercaya bahwa tabir surya dengan SPF 15 menawarkan perlindungan UV yang cukup dalam banyak kondisi. Tetapi selama beberapa tahun terakhir pemikiran ini telah berubah. Tabir surya wajah terbaik saat ini harus memiliki SPF 30+ untuk melindungi kita dari radiasi UVA, UVB, dan IR.

2. Gunakan SPF 30 Atau Lebih Tinggi

Cara memilih sunscreen selanjutnya adalah dengan perhatikan SPFnya. Saat memilih tabir surya terbaik untuk wajah, pilihlah yang SPF tinggi 30 atau lebih tinggi yang mudah meresap ke dalam kulit seperti gel tabir surya SPF 50 terutama untuk kulit berminyak. Tidak peduli warna kulit, kamu harus selalu terlindungi dari sinar UV yang berbahaya.

Hal yang sama berlaku untuk tubuh, terutama jika kamu terpapar sinar matahari dalam waktu yang lebih lama. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya ke leher, telinga, tangan, dan kaki, karena kulit di sana lebih tipis dan lebih mudah terbakar.

Tabir surya dengan SPF 30 diperkirakan memungkinkan 1/30 sinar matahari menembus kulit. Tabir surya dengan SPF 50 diperkirakan memungkinkan 1/50 sinar matahari menembus kulit. Jadi pilihlah tabir surya dengan bijak.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Skincare untuk Kulit Berminyak di Saat Musim Panas

3. Pertimbangkan Jenis Kulit 

Bagaimana cara memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit adalah pertanyaan yang sangat umum. Saat memilih tabir surya, pertimbangkan jenis kulit. Apakah kamu memiliki kulit kering yang tidak cocok di bawah sinar matahari? Maka kamu membutuhkan tabir surya yang berfungsi ganda sebagai pelembab. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat, disarankan menggunakan tabir surya khusus untuk kulit berminyak karena berbahan dasar air, bukan minyak, sehingga gel tabir surya disarankan untuk kulit berminyak.

Jika kulit kamu sensitif dan rentan iritasi, hindari produk dengan alkohol, pengawet, pewangi, dan oksibenzon. Untuk warna kulit gelap yang mudah tanam dan jarang terbakar mungkin merasa tidak perlu menggunakan tabir surya. Namun, seperti terbakar sinar matahari, kulit kecoklatan adalah hasil dari kerusakan DNA akibat paparan radiasi UV yang berbahaya dari matahari.

Karenanya tabir surya direkomendasikan untuk semua orang dengan warna kulit yang lebih terang atau lebih gelap. 

4. Semprotan Tabir Surya, Lotion, Stik Atau Gel?

cara memilin sunscreen

Ini sepenuhnya tergantung pada preferensi pribadi kamu apakah ingin menggunakan semprotan, lotion, stik atau gel. Yang paling penting adalah bagaimana kamu menggunakan dan seberapa banyak menggunakannya. Juga jika kamu menggunakan semprotan tabir surya dan kamu ingin mengaplikasikannya ke wajah, disarankan untuk menyemprotkannya ke tangan terlebih dahulu dan kemudian menerapkannya.

5. Tahan Air

Saat memilih tabir surya terbaik untuk kulit sensitif, pastikan produk tersebut tahan air.  Tabir surya tahan air berarti kamu akan terlindungi saat berenang, tetapi kamu harus mengoleskannya kembali saat keluar. Untuk perlindungan terbaik, oleskan tabir surya setiap 40-80 menit.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Tabir Surya Jepang Terbaik dan Keunggulannya

By Intan