Gourmetamigurumi.com – Pengertian Stock Opname. Apa itu stock opname? Dalam beberapa perusahaan, stock opname menjadi bagian penting yang bahkan seringkali di bicarakan. Terlebih jika kamu bekerja di bidang perusahaan manufaktur, melakukan stock opname menjadi kegiatan yang cukup menyita waktu. Lalu bagaimana cara melakukannya? Marilah kita bahas bersama !

Stock Opname sendiri adalah kegiatan perhitungan jumlah stok persediaan barang dagang secara fisik dan akan menyesuaikan dengan catatan akuntansi dalam bisnis.

Selain itu Stock Opname juga tidak hanya di gunakan untuk menghitung persediaan saja melainkan juga bisa di gunakan untuk menghitung barang atau benda yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Pengelolaan kegiatan untuk menyesuaikan antara catatan akuntansi dengan stok fisik yang di simpan oleh perusahaan terbilang sangat di perlukan. Hal ini bertujuan agar biaya operasional yang timbul tidak melebihi batasan.

pengertian stock opname

Tujuan dan manfaat dilakukan Stock Opname

Melakukan kegiatan stock opname tentunya ada beberapa tujuan sekaligus manfaat yang penting untuk diketahui. Sehingga memungkinkan kamu untuk mengetahui secara pasti mengenai persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan yang ada di gudang apakah jumlahnya sama atau justru berbeda.

Nantinya jika di temukan hasil yang berbeda, maka bisa dilakukan pengecekan ulang karena kemungkinan ada transaksi yang belum di catat.

Berikut adalah beberapa tujuan di lakukannya Stock Opname :

  • Meminimalisir kerugian perusahaan yang di sebabkan oleh kelalaian perhitungan
  • Mengetahui jumlah barang yang ada sebenarnya
  • Mengatur mutasi barang masuk dan keluar perusahaan
pengertian stock opname

Selain beberapa tujuan stock opname, tentu ada beberapa manfaat di lakukannya stock opname seperti di antaranya adalah :

  1. Bisa menindak lanjuti barang hilang dengan cepat.
  2. Di gunakan sebagai analisis dari tahun-tahun sebelumnya sehingga perkembangan perusahaan bisa di ketahui
  3. Memungkinkan perusahaan untuk mengetahui secara pasti mengenai arus masuk dan keluar barang.
  4. Mengetahui kondisi barang di gudang.
  5. Mengidentifikasi jika terjadinya kecurangan atau kelalaian dari pihak pegawai.
pengertian stock opname

Cara melakukan stock opname

Setelah mengetahui apa itu stock opname maka kamu bisa langsung melakukan stock opname. Selain itu sebenarnya setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda beda terkait periode kegiatan stock opname. Hanya saja secara umum stock opname di lakukan dalam beberapa periode yakni tahunan, per 4 bulan, per 3 bulan, bahkan setiap bulan.

Tidak hanya menghitung jumlahnya, tentu petugas juga harus melakukan pemeriksaan secara detail mengenai barang sekaligus kondisinya.

Ada SOP yang harus di lakukan saat stock opname. Berikut adalah beberapa langkahnya :

  • Sebaiknya untuk menghentikan pergerakan barang masuk dan keluar sementara waktu. Hal ini di lakukan agar tidak terjadi selisih saat melakukan stock opname.
  • Jika gudang memiliki jumlah lebih dari 1, pastikan harus di lakukan stock opname lebih dari 1 orang.
  • Siapkan semua dokumen yang di perlukan.
  • Lakukan perhitungan dengan lebih cermat dan teliti.
  • Jika perhitungan fisik sudah selesai di lakukan, selanjutnya kamu bisa membandingkan dengan catatan yang ada di buku mengenai jumlah barang yang tersedia.
  • Buat laporan hasil stock opname.

Demikian ulasan mengenai pengertian stock opname sekaligus cara melakukannya. Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa stock opname merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu tentu jumlah stock barang milik perusahaan akan terhindar dari kehilangan atau kerugian.

Baca Juga :

***