pinjaman online

Pinjaman online(peer to peer lending) adalah salah satu hal yang banyak dan marak terjadi belakang ini. Banyak yang merasa rugi akan tetapi ada beberapa yang merasa tertolong dengan adanya pinjaman tersebut. Cara kita meminjam uang dan cara kita menginvestasikan uang sudah jauh berubah.

Dulu, jika Anda menginginkan pinjaman untuk melunasi mobil atau kartu kredit Anda, Anda akan pergi ke bank atau credit union, duduk dengan petugas bagian pinjaman, dan menunggu mereka untuk dapat melakukan transaksi keuangan. Akan tetapi sekarang sudah jauh berbeda dengan adanya digitalisasi keuangan. Hampir semua kredit, investasi, dan pinjaman dapat Anda lakukan secara online.

Akan tetapi tentunya pinjaman online juga memiliki suatu kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu Anda perhatikan.

Kelebihan Pinjaman Online

Pinjaman online dapat menawarkan beberapa keuntungan daripada bentuk pinjaman lainnya, seperti suku bunga yang lebih kompetitif, persyaratan yang fleksibel, dan proses aplikasi online yang cepat dan nyaman.

Proses Pinjaman Yang Cepat

pinjaman online cepat

Sebagian besar platform pinjaman online memiliki daftar tunggu investor untuk memberikan pinjaman kepada peminjam. Jika di gabungkan dengan proses pencocokan otomatis, berarti waktu penyelesaian untuk mendapatkan uang Anda bisa sangat cepat terkadang hanya beberapa jam.

Proses aplikasi biasanya sangat mudah dan secepat mungkin. Anda hanya perlu memberikan persayaran sesuai dengan yang mereka minta. Kemudian akan membuat keputusan akhir dan kembali kepada Anda dengan penawaran pinjaman jika Anda di setujui. Setelah Anda menerimanya, dana akan di transfer. Seluruh proses cepat dan total waktu penyelesaian biasanya kurang dari 48 jam.

Tidak Perlu Jaminan

Anda tidak perlu memberikan jaminan apa pun, jadi Anda tidak perlu mengikatkan properti pribadi apa pun ke dalam kesepakatan, seperti halnya dengan banyak jenis pinjaman lainnya. Ini juga memastikan bahwa proses aplikasi tetap cepat dan tidak rumit, sehingga Anda dapat mengakses dana dalam waktu yang lebih singkat.

Tidak Mempengaruhi Riwayat Kredit di Bank

Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang personal yang tidak memengaruhi skor kredit Anda. Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang tingkat yang akan di tawarkan dan keterjangkauan pinjaman prospektif apa pun.

Ketika Anda awalnya menanyakan tentang pinjaman, sebagian besar platform P2P terkemuka hanya akan melakukan ‘pencarian lunak’ pada riwayat kredit Anda, yang tidak akan muncul dalam pencarian selanjutnya oleh penyedia lain. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan tanpa memengaruhi skor kredit Anda untuk aplikasi keuangan di masa mendatang.

Kekurangan Pinjaman Online

Suku Bunga Cukup Tinggi

suku bunga tinggi

Tingkat suku bunga yang tinggi ini karena perusahaan yang meminjamkan dana juga tak mau mengambil risiko, karena proses pengajuan dan pencarian yang mudah. Maka dari itu suku bunga di buat sangat tinggi daripada pinjaman di bank dan bahkan perhitungannya juga secara harian. Maka dari itu Anda juga harus memperhitungkan untuk dapat membayar pinjaman apabila melakukan P2P lending.

Peminjaman Dana Hanya Dalam Jumlah Sedikit

Anda tidak dapat meminjam dana dalam jumlah yang sangat besar melalui pinjaman ini. Selain tidak adanya jaminan pinjaman juga biasanya melakukan pinjaman ini hanya dalam keadaan mendesak. Maka dari itu Anda harus memperhitungkannya, jika ingin meminjam dalam jumlah besar sebaiknya langsung ke bank meski persyaratannya akan lebih rumit daripada di sini.

Maka dari itu Anda harus memperhitungkan segala aspek yang mungkin sebelum melakukan pinjaman baik itu online maupun secara konvensional. Anda harus memperhitungkan bunga, jatuh tempo, cara membayar, dan sebagainya. Jangan sampai tidak mengeti sistem sehingga berakhir dengan terlilit hutang pinjaman.

By Mita