Gourmetamigurumi.comPernahkah kamu mendengar istilah Peer to Peer (p2p) lending? Merupakan salah satu jenis layanan peminjaman dana untuk bisnis. Bahkan belakangan ini p2p lending semakin banyak di perbincangkan dan di gunakan oleh banyak orang. Hal ini di karenakan dengan peer to peer lending nantinya kamu bisa meminjam uang kapan saja dan di mana saja hanya dengan berbekal koneksi internet.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai apa itu peer to peer lending dan apa saja manfaat yang bisa di dapatkan. Simak ulasan berikut !

Apa itu Peer to Peer Landing ?

P2P lending atau yang biasa di sebut dengan fintech lending adalah layanan pinjaman uang yang di lakukan secara langsung antara kreditur dan debitur serta berbasis teknologi informasi. Platform online yang satu ini tentunya memberikan kemudakan kepada kreditur untuk bisa memberikan pinjaman kepada debitur dengan imbal hasil atau bunga tinggi.

Namun di sisi lain, debitur mendapatkan kemudahan saat ingin mengajukan kredit langsung bahkan dengan proses yang cepat.

Bagi kreditur atau layanan pinjaman, melakukan investasi p2p lending sendiri terbilang cukup menjanjikan karena mendapatkan return yang cukup tinggi. Hanya saja seiring dengan keuntungan, tentu resiko yang di dapatkan juga akan sesuai.

peer to peer lending

Cara kerja peer to peer lending ?

Bagaimana cara kerja peer to peer lending? Mungkin pertanyaan ini sering kali di ajukan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan syarat yang mudah. Nah untuk kamu yang belum tahu, berikut ini adalah cara kerja peer to peer lending :

  1. Nasabah melakukan registrasi pada fintech p2p lending yang sudah di pilih.
  2. Bisa melalui aplikasi pinjaman online. Hanya saja pastikan memilih aplikasi pinjol yang sudah berizin OJK.
  3. Biasanya debitur yang terpilih akan di tempatkan pada platform fintech secara online.
  4. Kreditur yang melakukan investasi akan melakukan analisa dan memilih debitur yang terdaftar di marketplace.
  5. Debitur harus melakukan pengembalian dana pinjaman sesuai dengan jadwal yanag sudah di tentukan.
  6. Sehingga nantinya kreditur yang melakukan investasi di platform p2p lending akan menerima pembayaran.
peer to peer lending

Kelebihan dan kekurangan p2p lending

Tentu akan ada kelebihan dan kekurangan bisnis p2p lending. Lalu apa saja? Berikut uraiannya !

Kelebihan p2p lending

  • Memberikan pendanaan untuk bisa mengembangkan bisnis
  • Proses mudah dan cepat
  • Aman karena prosesnya harus di awasi oleh OJK
  • Prosedur lebih fleksibel di bandingkan dengan pinjaman konvensional
  • Suku bunga fleksibel

Kekurangan p2p lending

  • Jumlah tagihan yang terbilang cukup besar
  • Tidak cocok untuk pinjaman jangka panjang karena akan sangat merugikan debitur
peer to peer lending

Darimana sumber pendanaan bisnis p2p lending ?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pendanaan berupa modal usaha adalah sebuah hal yang sangat penting. Lalu darimana sumber pendanaan bisnis p2p lending? Ada beberapa sumber yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pendanaan bisnis. Biasaya p2p lending menggunakan sumber pendanaan dari dana pribadi, pegadaian, bank dan leasing, atau bisa juga melalui kredit digital.

Demikian ulasan mengenai p2p lending yang harus kamu ketahui sebelum menjalankan sebuah bisnis. Peer to Peer lending hingga kini selalu memiliki daya tarik tersendiri terutama untuk pengguna yang ingin mendapatkan dana instan.

Baca Juga :

***