mengenal origami

Pastinya Anda sudah mengenal apa itu origami donk. Iya. Origami adalah sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Biasanya bentuk yang menggambarkan sesuatu yang ada di alam sekitar kita seperti burung, perahu, topi, baju, dan berbagai inspirasi lainnya.

Anda dapat menggunakan kertas biasa untuk membuatnya. Akan tetapi biasanya orang membeli kertas warna warni untuk membuat sebuah bentuk origami sehingga terlihat indah dan berwarna. Di Jepang sendiri, kertas dapat Anda peroleh di Tokyu Hands atau toko 100 yen dan toko alat tulis.

Mengenal Sejarah Origami

Origami mulai terkenal pada abad ke-6 di Jepang. Dahulu dalam salah satu tradisi Jepang, dimana kertas tergunting dan lipat untuk menjadi lambang tertentu. Mereka biasanya menggantung lipatan kertas tersebut di kuil dengan suatu harapan.

Awalnya mereka menggunakan kertas yang bernama washi. Untuk membuat kertas tersebut harus menggunakan metode tradisional. Hasilnya pun berupa kertas tipis akan tetapi tidak mudah sobek. Berbeda dengan bahan kertas pabrikan. Meskipun lebih tebal akan tetapi lebih mudah sobek.

Produksi kertas washi kini sangat terbatas, karena proses produksinya yang sulit. Karena itu, kertas washi memiliki harga yang sangat mahal. Masyarakat Jepang menggunakan washi dalam berbagai jenis benda dan seni melipat origami. Washi juga berfungsi untuk ibadah agama Shinto, bahan pembuatan patung buddha, bahan mebel, alas sashimi dalam kemasan, bahan perlengkapan tidur, bahan pakaian kimono, serta bahan interior dinding rumah pelapis pintu dalam.

Manfaat Belajar Origami Untuk Anak

Mengenal origami untuk anak

Dewasa ini seni origami telah menyebar ke seluruh dunia. Banyak yang mempelajari cara membuat origami terutama anak-anak. Ternyata ada banyak manfaat bagi anak-anak dengan mempelajari seni melipat kertas ini. Beberapa manfaatnya yaitu:

  • Melatih kemampuan berpikir anak
  • Meningkatkan ketekunan dan ketelitian
  • Melatih kemampuan untuk mengikuti arahan
  • Mengasah daya ingat dan imajinasi
  • Sarana untuk menyalurkan kreativitas dan seni

Sebenarnya banyak sekali manfaat lainnya yang dapat dirasakan bagi anak. Mereka akan belajar berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah. Melipat kertas butuh konsentrasi penuh sehingga mampu menghasilkan bentuk yang sesuai. Selain itu juga mereka akan belajar untuk mengingat langkah-langkah pembuatannya

Mengenal Origami Dasar : Tsuru

tsuru

Kata “Tsuru” dalam “Ori-Tsuru” (origami tsuru) adalah nama burung yang sangat terkenal oleh kalangan orang Jepang, yaitu burung bangau. Origami yang berbentuk burung ini merupakan bentuk yang paling terkenal dalam dunia origami.

Di Jepang ada mitos jika membuat origami burung bangau pada waktu mengajukan suatu permohonan maka permohonannya bisa terkabulkan. Biasanya Anda melipat origami ini sebanyak seribu buah dan kemudian letakkan do tempat yang terlihat. Seribu origami burung bangau ini disebut “senbazuru”. Ada juga tradisi memberikan 1000 buah origami burung bangau ini kepada orang sakit, dengan harapan agar orang yang sakit tersebut bisa cepat sembuh.

Origami Modular

origami modular

Origami modular adalah teknik melipat kertas yang menggabungkan beberapa bentuk lipatan origami hingga membetuk sebuah model yang Anda inginkan. Umumnya, model yang dibuat dengan teknik ini adalah model yang besar dan kompleks yang tidak bisa hanya dengan menggunakan teknik lipatan satu kertas.

Banyaknya lipatan yang pada pembentukan model dengan pendekatan modular mejadikan jenis ini membutuhkan ketelitan dan kesabaran dalam membuat bentuk yang Anda inginkan.

Origami Bergerak

Origami bergerak adalah seni lipatan yang hasil akhirnya dapat Anda gerak-gerakkan atau mainkan setelah terbentuk. Para seniman juga telah banyak mengembangkan bentuk ini. Hasilnya pun beraneka ragam mulai dari bentuk mainan sederhana, bentuk yang lebih kompleks serta bentuk dengan pendekatan matematis.

By Mita