laptop desain grafis

Laptop adalah kebutuhan utama bagi mahasiswa masa kini. Hampir setiap tugas mahasiswa yang ada, menggunakan laptop untuk menyelesaikannya termasuk juga mahasiswa desain grafis. Tips memilih laptop untuk mahasiswa desain grafis sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja hal tersebut memerlukan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi daripada untuk mengetik saja.

Khusus untuk mahasiswa desainer grafis, karena memerlukan spesifikasi yang agak tinggi, harus memperhatikan juga harganya agar tidak terlalu mahal. Kemampuan antara masing-masing mahasiswa akan berbeda, maka ada baiknya mencari laptop spesifikasi paling mumpuni dan sesuai dengan budget.

Tips Memilih Laptop Yang Baik Untuk Desain Grafis

Desainer grafis menggunakan aplikasi yang memerlukan laptop spesifikasi tinggi. Mereka menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, 3D Max, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi.

Selain spesifikasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti garansi laptop, kelengkapan fitur, dan hal-hal lainnya. Akan tetapi yang paling utama adalah soal spesifikasi. Sebenarnya, jika Anda memiliki laptop gaming dengan spesifikasi tinggi, Anda dapat menggunakannya untuk desain grafis karena persyaratan kedua laptop tersebut hampir sama.

Ukuran Spesifikasi Laptop

tips memilih laptop CPU

Anda dapat menggunakan spesifikasi sistem operasi Windows ataupun Macintosh dari Apple. Biasanya spesifikasi Mac hampir sama dengan Windows di kelasnya. Akan tetapi Mac memiliki nama dan merek yang lebih terkenal sehingga jika menggunakan MacBook akan terkesan mewah.

Pada sistem OS Windows, Anda memerlukan prosesor yang cukup mumpuni seperti Intel Core i5 atau Intel Core i7 yang paling mutakhit. Anda dapat menggunakan prosesor Core i3 akan tetapi agak sedikit lambat. RAM yang Anda perlukan adalah minimal 8 GB akan tetapi bila Anda seorang profesional maka baiknya menggunakan RAM yang berkapasitas hingga 16 GB.

Memilih Laptop Yang Menggunakan VGA

Sangat penting bagi seorang mahasiswa desain grafis memilih laptop yang menggunakan kartu grafis. Hal ini akan sangat membantu tampilan desain Anda dan juga kecepatan pengerjaan dari aplikasi yang Anda pakai. VGA dan GPU sangat penting karena akan meningkatkan kinerja keseluruhan juga.

Ada beberapa VGA yang direkomendasikan untuk laptop Windows yaitu NVidia dan AMD. AMD sangat cocok unutk grafis karena memberikan tampilan yang lebih baik. Akan tetapi kelemahannya adalah laptop yang Anda pakai akan menjadi cepat panas. Sedangkan NVidia merupakan kartu grafis yang tidak sebaik AMD akan tetapi sudah cukup mumpuni sebagai VGA grafis.

Ukuran Dan Resolusi Layar

ukuran layar laptop

Hal ini sangat penting karena mahasiswa desain grafis akan melihat layar laptop untuk mendapatkan detil dari gambar yang Anda buat. Semakin besar layar yang Anda gunakan maka akan semakin memudahkan saat bekerja. Akan tetapi tentunya ini akan membuat Anda kesulitan saat membawa laptop tersebut kemanapun.

Yang lebih penting lagi adalah resolusi layar. Seorang mahasiswa desain grafis akan melihat layar dengan komponen gambar yang terbaik. Maka dari itu membutuhkan kualitas layar yang HD dan mumpuni untuk desain.

Mendapatkan Garansi

Sangat penting bagi mahasiswa menggunakan laptop yang menyediakan garansi pabrik. Akan sangat menyusahkan apabila baru dalam beberapa bulan pemakaian lapto tersebut sudah rusak dan tidak mempunyai garansi. maka dari itu hal ini cukup penting agar budget yang Anda keluarkan unutk perbaikan juga tidak banyak.

Biasanya setiap laptop memiliki jamninan masa garansi sekitar 2 tahun. Akan tetapi ada juga yang kurang daripada itu. Pastikan mendapatkan kartu garansi bila membeli laptop jenis apapun.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang akan menjadi mahasiswa desain grafis. Pilihlah spesifikasi yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda.

By Mita