Gourmetamigurumi.com – Cara menyimpan daun bawang agar tetap awet. Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang sering di jadikan sebagai makanan pelengkap. Di mana daun bawang sendiri terkenal dengan aroma yang menggugah selera masakan menjadi lebih nikmat. Karena perannya sebagai makanan pelengkap, daun bawang sering kali hanya di butuhkan sedikit dalam sekali masakan. Namun fakta di lapangan mengharuskan kamu untuk membeli daun bawang per-ikat sekaligus.

Sehingga hal ini akan membuat kamu lebih boros karena harus selalu membelinya setiap kali di butuhkan untuk tambahan masakan.

Oleh karena itu sebagai alternatif, kamu memerlukan tips khusus untuk menyimpan daun bawang dengan baik agar bisa tetap awet dan selalu segar. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan daun bawang agar tetap awet bahkan hingga sebulan lamanya. Berikut ulasannya !

1. Rendam pada bagian akar

1. Rendam pada bagian akar

Merupakan salah satu tips yang bisa kamu praktekkan. Agar daun bawang bisa tetap awet dan segar, kamu bisa merendam akar dengan air. Selain itu pastikan juga daun bawang yang di rendam dalam keadaan berdiri. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus memasukkannya ke dalam kulkas.

Untuk mengurangi kelembaban yang mengakibatkan daun bawang menjadi lebih cepat busuk, sebaiknya untuk tidak mencucuinya terlebih dahulu. Dengan merendam bagian akar daun bawang menggunakan air, memungkinkan jenis sayuran tersebut bisa awet hingga 3 minggu lamanya.

2. Potong pada bagian akar

2. Potong pada bagian akar

Untuk menghindari daun bawang tidak mudah kering, kamu bisa melakukan cara lain yakni dengan memotong pada bagian akar daun bawang. Sisakan hanya pada bagian batang saja dan simpanlah kedalam kulkas. Cara ini memungkinkan daun bawang bisa tetap awet hingga seminggu lebih.

Namun lebih di sarankan lagi untuk kamu membungkusnya setelah memotong bagian akan untuk kemudian di simpan dalam kulkas.

3. Pisahkan bagian batang dan daun

Cara menyimpan daun bawang agar awet Pisahkan bagian batang dan daun

Pisahkan bagian daun dan batang pada daun bawang sebelum masuk kedalam kulkas untuk menjadikannya lebih awet. Cara ini bisa kamu lakukan agar meminimalisir terjadinya pembusukan. Selain itu kamu juga bisa mencuci daun bawang terlebih dahulu.

Simpanlah pada wadah yang di alaskan oleh kertas maupun tisu dan tutuplah dengan rapat. Selanjutnya kamu bisa menyimpan dala freezer agar daun bawang bisa awet hingga sebulan.

4. Bungkus menggunakan kertas

Cara menyimpan daun bawang agar awet Bungkus menggunakan kertas

Cara lainnya yang bisa akamu praktekkan untuk memungkinkan daun bawang menjadi lebih awet dan tetap segar adalah dengan membungkusnya menggunakan kertas. Namun cara ini juga harus di sertai dengan penyimpanan dalam kulkas.

Selain itu pastikan kamu membungkusnya dalam keadaan rapat hingga tidak ada angin yang bisa masuk. Untuk menghindari kelembaban dalam daun bawang sebaiknya untukk tidak mencuci daun bawang terlebih dahulu.

5. Dengan merajang daun bawang

Cara menyimpan daun bawang agar awet Dengan merajang daun bawang

Memotong atau merajang daun bawang ternyata memungkinkan kamu bisa menyimpannya menjadi lebih awet. Namun pastikan sebelumnya bahwa daun bawang dalam keadaan kering. Selain itu simpanlah dalam wadah yang di alasi oleh kertas maupun tisu untuk selanjutnya masuk dalam kulkas.

Meskipun terbillang layak konsumsi, namun cara ini hanya memungkinkan daun bawang tetap awet saja sehingga tetap terlihat tidak segar.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan bagaimana menyimpan daun bawang agar tetap awet dan selalu segar. Cara ini tentunya memungkinkan kamu untuk bisa lebih berhemat karena a tidak harus membeli daun bawang terus-terusan setiap kali ingin menggunakannya.***