Manfaat pohon kelapa

Apa saja manfaat pohon kelapa yang kamu tahu? Jika menelisik satu per satu bagiannya, sebenarnya nggak ada satupun bagian pohon kelapa yang nggak bermanfaat. Masing-masing bagian pohon kelapa memiliki manfaat yang berbeda. Mulai dari ujung akar sampai daun punya manfaatnya sendiri. 

Dari berbagai macam manfaat pohon kelapa, mungkin kamu cuka mengetahui beberapa manfaatnya saja. Itu sebabnya, ulasan kali ini akan membantu kamu untuk mengetahui manfaat lain dari bagian-bagian pohon kelapa yang nggak diketahui orang. 

Manfaat Daun Pohon Kelapa untuk Atap Rumah

Manfaat daun pohon kelapa

Sebagian orang masih memanfaatkan daun kelapa untuk membuat atap rumah. Biasanya, rumah-rumah tradisional masih menggunakan daun ini sebagai bahan untuk membuat anyaman dinding dan atap rumah. 

Atap rumah dari daun kelapa cukup kuat dan kokoh untuk melindungi kamu dari sengatan sinar matahari. Karena itulah, orang-orang di suku pedalaman masih sering memanfaatkan daun dari pohon kelapa untuk membuat bagian-bagian rumah mereka. 

Daging Kelapa untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kegunaan daging kelapa

Buah kelapa memiliki karakteristik daging berwarna putih, tebal, dan manis. Daging kelapa yang masih segar mengandung banyak sekali nutrisi untuk tubuh. Apalagi dalam buahnya pun terkandung zat antioksidan, vitamin, dan mineral yang berguna untuk mencegah penyakit serius. 

Bukan cuma itu saja manfaat pohon kelapa yang bisa kamu rasakan. Buah kelapa juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, makan buah kelapa juga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Manfaat Air Kelapa untuk Penyakit Diabetes

Manfaat air kelapa

Penderita diabetes juga bisa merasakan manfaat dari kelapa. Bagian air kelapanya bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kencing manis yang kamu derita. Dalam segelas air kelapa terkandung serat, protein, dan vitamin C yang baik untuk tubuh. 

Bahkan, dengan meminum air kelapa juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, dan sebagainya. Nggak heran kalau air kelapa sering direkomendasikan untuk menjaga kesehatan. 

Manfaat Kayu Pohon Kelapa untuk Bahan Bangunan

Manfaat kayu pohon kelapa

Selama ini mungkin kamu cuma tahu kayu jati dan kayu mahoni sebagai bahan bangunan yang bagus. Padahal, kayu dari batang pohon kelapa juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk membuat bangunan rumah. 

Meski kayu dari batang kelapa belum sepopuler jenis kayu lainnya, tapi dari segi kualitasnya sudah cukup baik untuk membuat bangunan. Bahkan menurut beberapa penelitian, rumah dari batang pohon kelapa inj memiliki struktur yang kuat, kokoh, dan ramah lingkungan. 

Inilah salah satu manfaat pohon kelapa yang jarang diketahui orang. Jika kamu termasuk salah satu orang yang baru tahu manfaatnya, maka kamu bisa mempertimbangkan jenis kayu ini untuk membuat bangunan rumah. 

Minyak Kelapa untuk Menyehatkan Rambut 

Kegunaan minyak kelapa

Orang-orang seringkali memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan untuk memasak. Padahal, minyak olahan dari buah kelapa ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyuburkan dan menyehatkan kutikula rambut. 

4 Tips Membuat Rambut Sehat, Yuk Praktekan

Minyak dari buah kelapa ini termasuk ke dalam jenis kondisioner alami yang akan melembutkan dan menyehatkan batang rambut kamu. Rambut yang semula rusak dan kasar akan menjadi jauh lebih sehat dan halus setelah kamu olesi dengan minyak kelapa. 

Bukan cuka untuk perawatan rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak ini untuk merawat kulit. Sebab, dalam minyak kelapa terkandung kandungan vitamin E yang bisa melembutkan dan melembabkan permukaan kulit.