Makanan yang mengandung vitamin d

Apa saja makanan yang mengandung vitamin D tinggi? Sebelum mengulas daftar makanannya, lebih baik ketahui dulu manfaat vitamin D untuk tubuh. Vitamin D merupakan salah satu zat yang bagus untuk menunjang kesehatan tulang dan imunitas tubuh. 

Maka dari itu, jika kamu kekurangan vitamin D, tentu dampaknya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Agar kamu nggak kekurangan vitamin D, konsumsilah beberapa rekomendasi makanan berikut ini: 

Makanan Mengandung Vitamin D, Ikan Salmon

Makanan yang mengandung vitamin d, ikan salmon

Ikan salmon menjadi sumber protein dan vitamin D yang sangat tinggi. Menurut berbagai penelitian, ikan tuna memiliki kandungan vitamin D sebesar 526 IU per 100 gramnya. Jumlah ini tentu melebihi kadar vitamin D harian yang diperlukan tubuh. 

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, nggak heran kalau harga ikan salmon lumayan mahal. Namun, harganya yang mahal tentu sepadan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Supaya harganya terjangkau, kamu bisa membeli ikan salmon dengan metode per potong. 

Minyak Hati Ikan Kod

Minyak ikan kod

Seperti yang kamu tahu, minyak hati ikan kod sering sekali diolah menjadi bentuk suplemen. Sudah nggak heran lagi kalau minyak ikan kod menjadi salah satu sumber vitamin D yang baik. Satu butir suplemen minyak hati ikan kod mengandung vitamin D sebesar 448 IU.  

Minyak ikan kod merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Suplemen ini ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit seperti jantung, diabetes, dan sebagainya. 

Saat mengkonsumsi minyak ikan kod, sebaiknya kamu konsumsi dalam bentuk suplemen atau pil. Sebab, rasa minyak ikan kod cenderung amis dan bisa membuat kamu nggak selera makan. Kalau kamu mengkonsumsi dalam bentuk suplemen, kamu bisa mengurangi rasa amis dari minyak ikan kod. 

Makanan Mengandung Vitamin D, Tuna Kaleng

Makanan yang mengandung vitamin d, tuna kaleng

Nggak semua makanan kaleng memberi dampak yang buruk untuk kesehatan. Salah satu makanan yang mengandung vitamin tinggi adalah tuna kaleng. Daging tuna yang dikemas secara kalengan ini mengandung 268 IU vitamin D per 100 gram. 

Jumlah ini tentu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D kamu. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi konsumsi ikan tuna kaleng secukupnya. Sebab, jika kadar vitamin D dalam tubuh berlebihan juga nggak bakal bagus untuk kesehatan. 

Selain mengandung vitamin D yang cukup tinggi, ikan tuna kaleng juga mengandung niasin dan vitamin K yang bagus untuk tubuh. Dengan begitu, setiap kali kamu mengkonsumsi tuna kaleng, kamu akan mendapatkan banyak nutrisi sekaligus. 

Ikan Sarden

Ikan sarden

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah ikan sarden. Ternyata, ikan sarden yang kamu makan selama ini memiliki nutrisi yang luar biasa. Ikan sarden dari Atlantik memiliki jumlah vitamin D sebesar 216 IU per 100 gramnya. 

Kamu bisa menemukan olahan ikan sarden dalam berbagai bentuk. Mulai dari olahan ikan segar, kemasan kaleng, sampai dengan olahan masakan berbumbu. Bagaimanapun cara mengolahnya, kandungan nutrisi dalam ikan sarden nggak bakal berkurang. 

9 Rekomendasi Sayuran yang Mengandung Tinggi Vitamin A

Kuning Telur

Kuning telur

Ada solusi bagi kamu yang nggak suka makan ikan. Kamu tetap bisa mendapatkan kandungan vitamin D dengan memakan bagian kuning telurnya. Sementara itu, bagian putih telurnya mengandung protein yang cukup tinggi.  

Dalam setiap satu kuning telur yang kamu makan, ternyata mengandung kadar vitamin D sebesar 37 IU. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin D harian. Bila kamu tidak suka mengkonsumsi kuning telur yang mentah, kamu bisa merebusnya hingga setengah matang. Baru setelah itu kamu makan.