Budidaya ikan konsumsi

Budidaya ikan konsumsi bisa menjadi ide serta peluang bisnis yang menggiurkan di masa depan. Konsumsi serta tingginya permintaan terhadap ikan konsumsi membuat peluang bisnis baru di tengah masyarakat. 

Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan banyak untung. Dengan modal minim dan perlengkapan seadanya, kamu sudah bisa membuat usaha budidaya ikan sendiri. Lantas, apa saja jenis ikan yang bagus untuk dibudidayakan? Berikut ini adalah list-nya! 

Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele

Seberapa sering kamu menemukan penjual menu lalapan lele di sekitar rumah? Lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Dagingnya yang lembut dengan sedikit tulang membuat ikan ini populer menjadi lauk makanan. 

Karena itulah, kamu bisa menemukan penjual menu makanan dengan lauk ikan lele secara mudah. Bukan hanya untuk lalapan, lele juga bisa kamu olah menjadi menu makanan mangut lele. 

Jumlah konsumsi dan permintaan lele yang tinggi bisa menjadi peluang usaha yang cemerlang. Untuk membudidayakan ikan lele juga cukup mudah kok. Kamu perlu menyediakan kolam buatan untuk budidaya lele di luar rumah. Lalu, bagian bawahnya pakai alas terpal dan berikan palet makanan di dalamnya. 

Ikan Nila 

Ikan nila

Cita rasa daging nila yang lezat membuat permintaan konsumsi menjadi tinggi. Ada banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan menu ikan nila sebagai andalan. Paduan bumbu masakan dengan tekstur dan rasa ikan nila yang lezat ternyata banyak digemari orang. 

Oleh sebab itu, tak heran kalau permintaan pasar terhadap suplai ikan nila cukup tinggi. Alasan ini bisa kamu jadikan sebagai tolok ukur untuk memulai usaha budidaya ikan konsumsi. Budidaya ikan nila tergolong mudah dan waktu panennya tergolong cepat. 

Budidaya Ikan Gurame

Budidaya ikan gurame

Ikan gurame juga menjadi salah satu lauk makanan yang memiliki banyak penggemar. Ada banyak penjual makanan yang menyediakan ikan ini sebagai menu lauk mereka. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi uang. 

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan ikan ini, maka kamu perlu menyediakan modal sekitar 10 juta rupiah. Modal tersebut nantinya akan terpakai untuk membuat kolam ikan, membeli bibit ikan, makanan ikan, hingga obat-obatannya. 

Selain itu, harga jual ikan gurame cukup tinggi di pasaran. Kamu tak perlu ragu untuk membudidayakan ikan ini karena sudah pasti untung. Apalagi dengan tingginya jumlah permintaan di pasar, kamu bakal mendapatkan jumlah keuntungan yang cukup banyak. 

Ikan Gabus

Ikan gabus

Mungin jenis ikan yang satu ini kurang populer di kalangan pecinta makanan seafood.  Meski begitu, penggemar jenis ikan gabus cukup banyak dan penjual yang menjual ikan ini pun ada. Alasan ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memulai budidaya ikan konsumsi jenis gabus. 

Potensi untuk mengembangkan usaha budidaya ikan gabus masih sangat tinggi. Sbab, hanya ada sedikit orang yang membudidayakan ikan ini. Semenatara itu, tingginya lonjakan permintaan terhadap suplai ikan gabus. 

4 Ide Produk Kerajinan dari Sisik Ikan untuk Jualan

Budidaya Ikan Mujair

Budidaya ikan mujair

Tingginya permintaan pasar pada suplai ikan mujair bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Kamu bisa membudidayakan ikan mujair sebagai ladang usaha menguntungkan. Dengan budidaya ikan mujair, kamu bisa mendapat untung berkali-kali lipat. 

Modal yang kamu perlukan untuk memulai budidaya ini cukup sedikit. Sedangkan untuk jangka waktu panennya tergolong cepat. Untuk budidaya mujair kamu bisa menggunakan kolam ikan seadanya dan jangan sering memberi pakan.