Gourmetamigurumi.com – Jenis karbo kompleks. Penggunaan nasi terutama di Indonesia menjadi salah satu makanan wajib yang selalu ada setiap hari. Terlebih nasi sendiri memang banyak di sukai jika di bandingkan dengan jenis makanan lainnya. Hanya saja yang sering menjadi permasalahan adalah nasi yang banyak mengandung kalori dan juga gula sehingga lebih baik untuk dikurangi konsumsinya.

Selain itu pastikan juga kamu mencari pengganti nasi yang mengandung karbo kompleks agar nutrisi dalam tubuh bisa tetap terjaga. Untuk kamu ketahui, karbohidrat memiliki 3 komponen utama yakni serat, pati, dan juga gula. Di mana komponen tersebut bisa di bagi menjadi 2 jenis yakni karbohidrat biasa dan juga karbohidrat kompleks.


Perbedaan karbo sederhana dan karbo kompleks

Yang menjadi perbedaan keduanya adalah dari proses pencernaan di mana karbohidrat sederhana hanya mengandung gula sehingga lebih mudah di cerna oleh tubuh untuk di ubah menjadi energi. Beberapa contoh karbo sederhana adallah kue, susu, permen, dan makanan manis lainnya.

Sedangkan karbohidrat kompleks sendiri lebih mengandung pati dan serat sehingga proses pencernaannya terbilang lebih lama. Hal ini di sebabkan oleh molekul gula sudah di rangkai menjadi lebih kompleks dan kadarnya yang cenderung rendah.

Oleh karena itu jika kamu mengkonsumsii karbo sederhana maka nantinya kamu akan lebih cepat lapar di bandingkan dengan mengkonsumsi karbo kompleks.


Jenis makanan yang mengandung karbo kompleks

Terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung karboo kompleks sebagai pengganti nasi. Berikut ini beberapa contohnya :

1. Gandum

gandum

Jenis makanan lainnya yang direkomendasikan sebagai pengganti nasi adalah gandum. Di mana gandum sendiri termasuk makanan karbo kompleks yang mengandung mineral dan protein. Selain itu gandum sering kali di olah menjadi tepung sehingga bisa menjadi pilihan pengganti tepung biasa.

2. Nasi merah

nasi merah

Menjadi salah satu contoh karbo kompleks pengganti nasi yang bisa kamu pilih. Hal ini di karenakan nasi merah mengandung lebih tinggi serat dan mineral. Selain itu kadar gula yang di miliki oleh nasi merah juga cenderung sangat rendah. Hanya saja rasanya tidak seenak nasi putih meskipun sama-sama berbentuk nasi.

3. Ubi

ubi

Proses pencernaan ubi terbilang cukup lambat sehingga membuat kamu menjadi kenyang lebih lama. Oleh karena itu ubi bisa menjadi pilihan terbaik untuk di konsumsi. Terlebih ubi sendiri mengandung kalium, vitamin C, bahkan hingga beta karotin yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Oat

jenis karbo kompleks oat

Makanan yang satu ini sering kali di konsumsi untuk sarapan. Hal ini di karenakan oat yang mengandung lebih dari 85 persen pati dan 11 persen serat. Sehingga oat bisa di jadikan pengganti nasi dan terbilang bagus untuk pencernaan tubuh.

5. Kentang

jenis karbo kompleks kentang

Sama halnya dengan ubi, kamu bisa memilih kentang sebagai pengganti nasi. Hal ini di karenakan kentang termasuk dalam karbo kompleks yang kaya akan kalium, vitamin C, B6, dan juga folat.

6. Kacang polong

jenis karbo kompleks kacang polong

Selain rasanya yang enak, kacang polong juga terbilang sebagai karbo kompleks. Selain itu kacang polong mengandung serat yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pengganti nasi.

7. Quinoa

jenis karbo kompleks quinoa

Jenis makanan lainnya yang mengandung karbo kompleks adalah Quinoa. Di mana makanan ini termasuk dalam biji-bijian yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh. Hanya saja Quinoa sendiri tidak begitu populer di Indonesia dan terbilang kaya akan protein dan mineral. Selain itu makanan ini juga menganfung asam amino dan gluten free.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang baik dan mengandung karbo kompleks untuk bisa kamu konsumsi dan di jadikan sebagai pengganti nasi. Dengan mengkonsumsi karbo kompleks nantinya kamu bisa memenuhi nutrisi dalam tubuh yang bisa di ubah menjadi energi.***