Gourmetamigurumi.com – Jenis vitamin dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Nutrisi memiliki peranan yang penting untuk tubuh setiap hari. Selain itu nutrisi bisa di dapatkan dengan jenis makanan yang di konsumsi. Oleh karena itu untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuh, di butuhkan juga jenis makanan yang kaya akan vitamin agar kebutuhannya bisa terpenuhi.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai jenis vitamin yang baik untuk tubuh beserta manfaatnya untuk kamu ketahui. Selain itu ada sekitar 13 jenis vitamin yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Berikut ulasannya !

1. Vitamin A

vitamin A

Berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin A sesering mungkin untuk melihat cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Tidak hanya untuk mata, vitamin A juga terbukti baik untuk menjaga kulit dan membantu sistem imun tubuh untuk melawana infeksi. Selain itu jika kekurangan vitamin A akan menyebabkan kamu menjadi sulit melihat terutama di malam hari.

2. Vitamin B

Untuk kamu ketahui, vitamin B sendiri memiliki beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis vitamin B :

vitamin B
  • B1, berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan memudahkan tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.
  • B2, bermanfaat untuk menghasilkan energi dari makanan yang di konsumsi serta memudahkan sel tubuh dalam melakukan pembakaran lemak.
  • B3, memungkinkan sel tubuh untuk lebih mudah dalam mengubah makanan menjadi energi.
  • B5, untuk membantu sel tubuh dalam memproduksi asam lemak dan juga hormon.
  • B6, bermanfaat untuk memudahkan tubuh dalam menggunakan cadangan gula menjadi energi serta membantu produksi sel darah merah.
  • B7, memungkinkan produksi asam lemak dan asam amino yang di butuhkan oleh tubuh.
  • B9, memiliki peranan penting dalam proses pembelahan sel dan baik untuk ibu hamil.
  • B12, Berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Jika kamu kekurangan vitamin B maka akan menyebabkan metabolisme tubuh yang terganggu. Seringkali kekurangan vitamin B menyebabkan beberapa penyakit yakni beri-beri, dermatitis, diare, bahkan hingga anemia.

3. Vitamin C

jenis vitamin C dan manfaatnya

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui fungsi dari vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk memproduksi kolagen sehingga menjaga kulit agar tetap kenyal. Tidak hanya itu saja, manfaat vitamin C lainnya adalah untuk penyembuhan luka serta memperkuat pembuluh darah.

Kekurangan vitamin C tentunya akan menyebabakan beberapa gejala penyakit seperti anemia, gusi berdarah, gangguan sistem syaraf, penurunan masa otot, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Vitamin D

jenis vitamin D dan manfaatnya

Untuk kesehatan tulang yang baik, di butuhkan konsumsi vitamin D yang cukup. Terlebih untuk anak-anak dalam proses pertumbuhan tulang. Selain itu vitamin D juga bermanfaat untuk membantu sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga jika kekurangan vitaminD akan menyebabkan pelunakan tulang serta cukup rentan terkena infeksi.

5. Vitamin E

jenis vitamin E dan manfaatnya

Sebagai antioksidan yang baik, vitamin E di butuhkan untuk melindungi sel dari kerusakan. Selain itu fungsi lainnya dari vitamin E adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Manfaat lainnya dari vitamin E adalah untuk memperlambat penuaan dan mengurangi resiko penyakit katarak dan radang sendi.

6. Vitamin K

jenis vitamin K dan manfaatnya

Terbilang memiliki peranan penting terutama dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga mampu menjaga kekuatan tulan dan meminimalisir terjadinya perdarahan dan patah tulang.

Itulah beberapa jenis vitamin dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan kamu mengkonsumsi vitamin yang sesuai dengan kebutuhan harian untuk memenuhi nutrisi baik yang ada dalam tubuh.***