Gourmetamigurumi.com – Cara membuat telur asin menggunakan tanah liat dan abu gosok. Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan telur asin. Di mana biasanya telur asin di buat dengan menggunakan telur bebek yang di olah secara khusus hingga menghasilkan rasa asin dan melezatkan. Selain itu hingga kini produksi telur asin terus mengalami peningkatan karena banyaknya peminat. Terlebih telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang awet dan bisa di simpan hingga berhari-hari lamanya.

cara membuat telur asin tanah liat

Untuk kamu ketahui, telur asin mengandung banyak gizi dan mineral yang tergolong lengkap sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai hidangan juga cocok di sajikan bersamaan dengan telur asin. Bahkan kamu juga bisa menjadikannya sebagai camilan sehat.

Untuk kamu yang penasaran, pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mudah membuat telur asin baik menggunakan batu bata ataupun abu gosok. Sehingga nantinya kamu bisa membuat sendiri untuk dijadikan sebagai makanan praktis.


Cara mudah membuat telur asin

Cara mudah membuat telur asin

Salah satu kota yang banyak memproduksi telur asin adalah Brebes, Jawa Tengah. Bahkan kota ini juga sudah populer hingga lebih dari setengah abad yang lalu dan menjadi salah satu makanan khas Brebes. Namun seiring berjalannya waktu, produksi telur asin semakin menyebar sehingga kamu semakin mduah menemukan makanan ini di berbagai daerah.

Untuk cara pembuatannya, kamu bisa menggunakan cara modern maupun tradisional. Namun sebelum itu, pastikan kamu memiliki teur yang memang berkualitas.


1. Cara membuat telur asin menggunakan batu bata dan abu gosok

Bahan yang di perlukan dalam membuat telur asin menggunakan batu bata antara lain adalah :

  1. Ember
  2. Air dengan volume 1 liter
  3. Garam 1/2 Kg
  4. 12 Butir telur bebek
  5. Batu bata yang sudah di hancurkan hingga lembut
1. Cara membuat telur asin menggunakan batu bata dan abu gosok

Cara membuat :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merendam telur selama 2 menit untuk menentukan kualitas telur. Sehingga kamu bisa membuang telur yang mengambang karena sudah di pastikan kualitas telurnya tidak bagus.
  • Selanjutnya cuci bersih telur dan pastikan tidak ada yang retak.
  • Amplas telur secara perlahan dan keringkan.
  • Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mencampur bata yang sudah halus dengan air dan garam.
  • Kemudian lumurkan telur menggunakkan adonan tanah liat secukupnya.
  • Lakukan secara perlahan dan tunggulah selama 14 hari.
  • Jika prosesnya sudah selesai selama 14 hari, rebus telur menggunakan api kecil namun pastikan air tidak sampai mendidih agar tidak merusak bagian telur.
  • Tunggulah hingga 1 jam kemudian telur sudah bisa di sajikan.

Note : Cara membuaat telur menggunakan batu bata sebagai media bisa di gantikan dengan abu gosok. Kamu bebas menggunakan yang manapun sesuai dengan keinginan.


2. Cara membuat telur asin menggunakan air garam

Jika tidak ingin menggunakan tanah liat dan abu gosok sebagai media. Kamu bisa membuat telur asin dengan mudah menggunakan media toples dan garam saja. Berikut ini beberapa langkahnya untuk kamu praktekkan :

Pastikan sebelumnya kamu siapkan beberapa bahan yang di perlukan dibawah ini :

  1. 1 Liter air
  2. Telur bebek 12 butir
  3. 1 buah toples dengan penutup yang rapat
  4. Garam 1/2 Kg
2. Cara membuat telur asin menggunakan air garam

Cara membuat :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan masih sama dengan cara sebelumnya yakni dengan merendam telur untuk memastikan kualitas telur yang terbaik.
  • Bersihkan telur dan amplas secara perlahan agar pori-pori telur menjadi terbuka kemudian keringkan.
  • Selanjutnya larutkan garam dengan air lalu masukkan ke dalam toples.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan telur kedalam toples yang berisikan air garam.
  • Tutup toples rapat-rapat.
  • Tunggulah proses perendaman selama maksimal 6 minggu.
  • Sebaiknya untuk menjauhkan toples telur dari cahaya matahari.
  • Jika sudah kamu bisa rebus telur dengan menggunakan api kecil. Pastikan juga agar air tidak sampai mendidih agar kualitas telur tidak rusak.
  • Rebus hingga 1 jam dan telur siap di sajikan.

Demikian merupakan penjelasan mengenai cara mudah membuat telur asin menggunakan tanah liat dan abu gosok untuk bisa kamu praktekkan. Pastikan kamu mengikuti semua langkahnya dengan benar agar menghasilkan telur yang asin sempurna.***