Gourmetamigurumi.com – Pengertian Personal Selling. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, ada banyak strategi pemasaran yang bisa di lakukan seperti salah satunya adalah personal selling. Sebenarnya apa manfaat personal selling untuk pemasaran bisnis? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Personal selling sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yakni personal berarti pribadi, sedangkan selling berarti penjualan. Sehingga strategi pemasaran personal selling menggambarkan teknik pemasaran yang bertemu secara langsung antara penjual dan calon pembeli. Di mana biasanya penjual akan memberikan pemahamannya tersendiri mengenai sebuah produk.

pengertian personal selling

Tujuan personal selling

Teknik marketing personal selling biasanya di lakukan dengan tujuan tertentu. Dalam membangun sebuah bisnis, berikut ini tujuan dari personal selling yang bisa di terapkan :

  • Untuk memberikan kesadaran tentang sebuah produk yang tersedia dan siap untuk di beli atau di manfaatkan oleh konsumen.
  • Memungkinkan penyelesaian transaksi jual beli.
  • Mengusahakan penegakan setelah terjadi transaksi.
  • Memberikan informasi manfaat produk kepada para pelanggan.
  • Negosiasi.
  • Membuat pembeli menjadi lebih tertarik untuk membeli produk.

Dalam melakukan teknik pemasaran berupa personal selling, ada beberapa aspek yang harus di perhatikan seperti di antaranya adalah :

  1. Harus bisa melakukan penawaran secara profesional
  2. Memungkinkan kegiatan negosiasi antara penjual dan pembeli
  3. Relationship Marketing
  4. Selling Person Role
  5. Managerial
pengertian personal selling

Manfaat Personal Selling

Personal Selling seringkali di terapkan oleh beberapa pebisnis. Dengan tujuan tertentu, hingga kini personal selling masih menjadi salah satu teknik pemasaran yang banyak di gunakan.

Selain itu tentunya ada manfaat yang bisa di rasakan saat kamu ingin melakukan teknik pemasaran berupa personal selling. Adapun beberapa manfaat di antaranya adalah :

  • Menciptakan komunikasi antar penjual dengan konsumen sehingga bisa memasarkan produk lebih baik sekaligus mengetahui apa yang menjadi masalah dan kebutuhan konsumen.
  • Memungkinkan promosi produk secara langsung sehingga hasilnya bisa lebih kredibel dan meminimalisir penipuan.
  • Memudahkan penjual untuk menjelaskan produk secara lebih mendalam dan detail.
pengertian personal selling

Contoh Personal Selling

Melakukan personal selling harus di lakukan secara tepat agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Lalu bagaimana contoh personal selling dalam pengembangan bisnis? Nah untuk kamu yang masih bingung apa sebenarnya contoh dari personal selling, berikut beberapa di antaranya :

1. Minimarket

Merupakan salah satu contoh paling mudah yang bisa di terangkan. Minimarket biasanya akan merekrut karyawan untuk bisa menawarkan produk secara langsung kepada konsumen terutama saat ingin membayar tagihan di meja kasir.

2. Penjualan door to door

Pernahkan kamu menemukan sales yang berkunjung ke rumah konsumen dari pintu ke pintu? Nah itu juga adalah salah satu contoh personal selling. Di mana biasanya sales akan menjelaskan tentang produk yang ingin dijual.

3. Promotor HP

Promotor HP merupakan salah satu jenis pekerjaan yanag menerapkan personal selling. Di mana biasanya promotor akan menjelaskan secara rinci dan detail mengenai produk HP yang di jualnya. Oleh karena itu tidak jarang promotor HP berhasil menjual puluhan device bahkan hanya dalam 1 hari kerja.

Demikian informasi mengenai pengertian personal selling yang bisa di terapkan sebagai salah satu strategi pemasaran. Dengan personal selling, nantinya kamu akan bisa menjangkau lebih banyak konsumen bahkan dalam waktu singkat.

Baca Juga :

***