Gourmetamigurumi.com – Cara membantu kucing melahirkan. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang di dunia yang memilih untuk memelihara kucing. Namun bagaimana jika kucing peliharaanmu sedang hamil dan menjelang kelahiran bayinya? Tentu ada beberapa hal yang harus di persiapkan agar kucing bisa melahirkan dengan aman dan selamat.

Terlebih lagi proses melahirkan kucing bisa di lakukan di rumah sehingga tidak membutuhkan biaya tambahan yang begitu besar.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara membantu kucing melahirkan dirumah. Simak ulasan berikut !

cara membantu kucing melahirkan

Tanda-tanda kucing yang ingin melahirkan

Sama halnya dengan manusia, kucing juga memilih beberapa tanda jika ingin melahirkan. Terlebih saat sudah memasuki usia kehamilan 9 minggu. Biasanya ada beberapa tanda yang akan di tunjukkan oleh kucing saat ingin melahirkan.

Adapun beberapa tanda kucing yang akan melahirkan adalah :

1. Terjadinya perubahan fisik

Hal pertama yang akan berubah pada kucing saat hamil adalah fisik. Di mana kucing biasanya baru terlihat sedang hamil saat sudah memasuki usia 60 hari. Selain itu kucing hamil besar juga bisa di tandai dengan adanya warna merah muda pada puting susu.

2. Muncul kebiasaan baru

Tanda lainnya yang bisa di bedakan pada kucing yang ingin melahirkan adalah kebiasaan baru seperti malas gerak dan terlihat lebih manja. Selain itu seiring berkembangnya ukuran janin, kucing akan lebih sering buang air kecil. Hingga nantinya saat usia kehamilan sudah memasuki minggu ke 8, maka kucing akan mencari tempat aman untuk melahirkan.

3. Nafsu makan

Kucing yang sudah hamil besar akan mengalami peningkatan nafsu makan. Sehingga hal ini akan berpengaruh juga pada berat badannya.

cara membantu kucing melahirkan

Cara membantu kucing melahirkan

Nah jika kucing peliharaanmu ingin melahirkan, berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membantunya agar bisa melahirkan dengan aman.

1. Pastikan kucing mendapatkan nutrisi yang cukup

Berupa asupan kalori, kamu bisa memberikan makanan kucing yang mudah di cerna dan memiliki jumlah kalori yang cukup. Hal ini di lakukan untuk perkembangan janin sekaligus produksi susu induk.

2. Siapkan tempat untuk melahirkan

Jika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda ingin melahirkan, kamu bisa menyiapkan tempat khusus untuk melahirkan. Selain itu sebaiknya jangan memaksauntuk memindahkan kucing. Biarkan kucing memilih tempat tersendiri di mana ia akan melahirkan.

cara membantu kucing melahirkan

3. Bawa ke dokter jika terjadi masalah

Sebagai informasi tambahan, biasaya proses kucing melahirkan akan memakan waktu mulai dari 2 hingga 5 jam. Namun ada beberapa kasus juga yang memungkinkan kucing melahirkan hingga 24 jam. Oleh karena itu kamu bisa lebih memperhatikan jika persalinan di rasa ada kendala, sebaiknya untuk menghubungi dokter.

4. Periksa keadaan induk setelah melahirkan

Setelah proses melahirkan dirasa selesai, kamu bisa membiarkan induk membersihkan dan menyusui anaknya. Kemudian tunggulah hingga 1 jam setelah lahir, kamu bisa memeriksa keadaan induk kucing apakah dalam keadaan baik atau malah sebaliknya. Jika sekiranya induk kucing mengalami kesulitan dalam merawat anaknya, kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk membantu kucing yang ingin melahirkan. Cara diatas juga sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu tidak perlu panik dan cemas saat kucing sedang dalam proses melahirkan.

Baca Juga :

***