aglaonema

Aglaonema menjadi salah satu jenis tanaman yang viral di masa pandemi virus Corona. Tanaman hias ini juga terkenal dengan sri rejeki dan berasal dari spesies talas-talasan atau Araceae. Ada banyak jenis aglaonema populer yang ada di Indonesia dan seluruh dunia.

Habitat asli Aglaonema adalah hutan hujan tropis. Bisa tumbuh dengan baik dan subur di daerah dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembapan tinggi. Oleh karena itu Aglaonema cocok dengan Indonesia yang beriklim tropis.

Tanaman bernama lain Chinese Evergreen ini banyak menarik minat banyak orang tak hanya karena bentuk dan warnanya yang cantik. Tapi tanaman ini juga mudah beradaptasi dengan kondisi ruangan.

Beberapa jenis aglaonema populer yang banyak menjadi incaran penggemar tanaman hias adalah:

Aglaonema Pride of Sumatera

pride of sumatera jenis aglaonema populer

Layaknya masyarakat Sumatera yang punya ciri khas, aglonema pride of sumatera juga punya bentuk yang sangat kokoh. Daunnya memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Ada bercak di bagian daun yang buat tanaman ini semakin indah.

Aglonema ini ditemukan pada 1993 dan sudah jadi salah satu tamanan dengan banderol harga mahal. Untuk memilikinya, kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp90 ribuan untuk ukuran kecil.

Aglaonema Widuri

Jika Anda memperhatikan jenis aglonema widuri, terlihat bagian tulang daun utama yang nampak merah menyala. Helaian daunnya kekuningan karena bercak hijaunya sedikit. Ada juga yang spot hijaunya lebar-lebar dan kebanyakan memiliki warna pink.

Selain itu, bentuk daunnya pun oval sedangkan permukaannya agak cekung. Anak dari aglonema widuri ini sangat banyak sehingga mudah sekali untuk Anda yang ingin membiakkannya. Tipe yang satu ini punya ciri warna merah menyala pada tulang daunnya. Warna merah itu dihiasi dengan hijau kekuningan di keseluruhan daun. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya.

Aglonema widuri memiliki harga kisaran Rp75 ribuan. Jenis ini cocok untuk pemula karena sangat mudah menanam dan merawatnya.

Aglaonema Chinese Evergreen

chinese evergreen

Aglonema jenis ini merupakan aglonema yang paling laku di pasaran. Selain memiliki harga yang lumayan terjangkau, aglonema jenis ini juga memiliki bentuk dan corak yang sangat indah. Dengan perpaduan warna permukaan daun hijau dan silver, ini membuat Aglonema Chinese Evergreen terlihat sangat segar dan cantik. Adapun untuk kisaran harga dari aglaonema Chinese Evergreen ini mulai dari harga Rp 20.000 – Rp 50.000.

Aglaonema Harlequin

Varietas Aglaonema dengan karakteristik unik, warna tanaman ini sangat tergantung oleh cahaya. Paletnya bisa berubah tergantung dari seberapa banyak cahaya matahari yang diasupnya.

Aglaonema Harlequin pada dasarnya berwarna hijau dengan bercak merah muda pada bagian tengah dan tulang daunnya. Jika mendapatkan asupan cahaya matahari berlebihan, warnanya akan menjadi kuning pucat, dengan pink menyala di tengah daun.

Ketika Aglaonema Harlequin tak cukup mendapat asupan sinar matahari maka warnanya akan lebih dominan hijau. Hanya ada sedikit bercak merah muda di bagian tengahnya.

Aglaonema Red Ruby

jenis aglaonema populer red ruby

Tanaman hias yang satu ini punya umur panjang karena bisa hidup bertahun-tahun. Anda hanya butuh merawatnya dnegan baik dan menjaga kesegaran daunnya. Tanaman ini juga banyak penggemarnya karena kecantikan daunnya.

Daunnya berwarna perpaduan merah dan hijau layaknya sebuah gradasi yang indah. Banderol tanaman hias ini bisa mencapai Rp90 ribuan dan mungkin bisa lebih mahal lagi.

Aglaonema Butterfly

Aglaonema Butterfly ini memiliki bentuk daun yang sedikit berbeda dengan aglonema lain pada umumnya. Aglonema jenis ini memiliki daun yang sedikit lebih panjang dan lancip. Aglonema Butterfly atau juga memiliki nama lain aglonema kupu-kupu. Hal ini memiliki corak warna daun yang indah dengan warna pink yang khas. Adapun untuk kisaran harga dari Aglaonema Butterfly ini mulai dari harga Rp 30.000 – Rp 100.000.

By Mita