Gourmetamigurumi.com – Dampak negatif broken home pada anak. Anak broken home biasanya di sebutkan karena perpisahan orang tuanya. Di mana dampak yang akan di terima juga berbeda – beda. Hal tersebut akan bergantung pada usia anak saat orang tuanya mengalami perceraian. Tidak hanya itu saja, kepribadian anak, dan jenis kelamin anak juga akan berpengaruh pada respon yang akan di terima saat orang tuanya mengalami perpisahan.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai beberapa masalah yang seringkali di hadapi oleh anak broken home.


1. Masalah keuangan dan pendidikan

Merupakan salah satu masalah yang terjadi pada anak broken home. Di mana anak akan mengalami masalah keuangan yang tidak stabil jika di bandingkan anak yang lainnya. Selain itu biasanya prestasi yang mungkin pernah di dapatkan di sekolah juga seketika akan menurun. Hal tersebut di karenakan anak broken home rentan mengalamai gangguan belajar dan sulit berkonsentrasi.

2. Gangguan mental

2. Gangguan mental

Parahnya, perceraian orang tua seringkali berpengaruh pada gangguan mental anak. Di mana biasanya anak akan mengalami banyak perubahan karena pindah tempat tinggal atau kehilangan sosok ibu maupun ayah. Jika tidak di tangani secara serius, justru gangguan mental yang di alami seorang anak akan jauh lebih besar lagi seperti salah satunya adalah gangguan kecemasan.

3. Masalah emosional

Emosional tentunya sangat berpengaruh saat orang tua mengalami perpisahan. Di mana becampur aduk berbagai perasaan mulai dari sedih, marah, bingung, bahkan hingga takut. Seringnya mereka akan merasakan takut kehilangan salah satu di antara orang tuanya dan terpaksa untuk tidak hidup bersamaan.

4. Gangguan perilaku

Kebanyakan anak broken home akan mengalami suasana hati yang tidak menentu. Sehingga sebagian dari mereka justru menarik diri dari pergaulan dan tidak ingin bersosialisasi karena tidak percaya diri. Selain itu perceraian orang tua juga beresiko membuat anak menjadi lebih agresif.


Cara mengatasi dampak negatif broken home pada anak

Jika sebagai orang tua, kamu terpaksa harus berpisah dengan pasangan, maka sebaiknya untuk kamu juga lebih memikirkan dampak broken home yang akan di hadapi oleh anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk mencegah dampak negatif dari broken home yang akan di hadapi oleh anak :

dampak negatif broken home Cara mengatasi dampak negatif broken home pada anak

1. Bekerja sama dalam memberi dukungan

Sebagai orang tua, ada baiknya kamu dan mantan pasangan untuk saling bekerja sama dalam memberikan dukungan terhadap anak. Mulai dari kepentingan sekolah seperti pembagian raport bahkan hingga kepentingan pribadi seperti perayaan ulang tahun.

2. Hindari pertikaian di depan anak

Jika kamu memiliki sedang memiliki masalah dengan pasangan, ada baiknya untuk kamu tidak banyak melakukan pertengkaran. Terlebih jika pertengkaran tersebut harus di lakukan di depan anak. Untuk itu sebagai orang tua, kamu di haruskan untuk lebih menjaga emosi masing – masing dan berusaha untuk tetap terlihat akur.

dampak negatif broken home Hindari pertikaian di depan anak

3. Jangan buat anak berpihak pada salah satu orang tua

Sebaiknya untuk kamu tidak membuat anak berpihak kepada salah satu pihak. Selain itu pastikan tidak ada larangan untuk anak dekat dengan kedua orang tuanya baik ayah maupun ibu. Sehingga nantinya komunikasi anak terhadap orang tua bisa terus berjalan lancar.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi beragam masalah yang bisa saja terjadi oleh anak broken home. Dampak negatif broken home tentunya tidak bisa di anggap sepele, terlebih jika anak masih terbilang di bawah umur.***