Gourmetamigurumi.com – Contoh seni rupa terapan. Karya seni menjadi hal dan kekayaan yang harus di lestarikan. Selain itu karya seni juga selalu berbentuk keindahan yang memanjakan mata. Salah satu karya seni yang sering kali kita lihat dalam kehidupan sehari – hari adalah seni rupa terapan. Di mana seringkali seni rupa terapan sendiri di manfaatkan untuk barang – barang seperti piring, keranjang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu penasaran, berikut ini beberapa contoh seni rupa terapan yang lengkap dengan penjelasannya untuk kamu ketahui.


Apa itu Seni Rupa Terapan?

contoh seni rupa terapan

Seni rupa terapan merupakan salah satu karya seni rupa yang di ciptakan dengan bentuk berdasarkan fungsionalnya. Sehingga karya seni rupa ini tidak hanya memberi nilai seni dan keindahan saja melainkan juga bisa di gunakan untuk kehidupan sehari – hari. Oleh karenanya kamu bisa melihat berbagai contoh seni rupa terapan dalam barang – barang yang justru sering di lihat.


Jenis seni rupa terapan

Untuk kamu yang belum tahu, seni rupa terapan sendiri memiliki beberapa kategori yang berbeda dan di dasari oleh beberapa hal. Berikut penjelasannya !

1. Secara Umum

Jika di telaah secara umum, seni rupa terapan bisa di kelompokan menjadi 5 bagian yakni :

  • Seni rupa arsitektur
    Merupakan seni rupa terapan yang masih ada hubungannya dengan suatu bangunan.
  • Seni rupa ilustrasi
    Memiliki bentuk gambar dan foto dengan fungsinya sebagai penjelas pada sebuah teks atau tulisan.
  • Seni rupa Kriya
    Biasanya identik dengan kketerampilan tangan dalam pengolahan bahan baku.
  • Seni rupa Grafis
    Berupa poster atau gambar yang estetik dan biasanya berfungsi sebagai media komunikasi.
  • Seni rupa Dekorasi
    Kamu bisa melihatnya di berbagai pameran maupun pesta.

2. Berdasarkan Wujud

Selanjutnya berdasarkan wujud, seni rupa terbagi menjadi 2 jenis yakni 2 dimensi dan 3 dimensi. Di mana seni rupa terapan 2 dimensi merupakan karya seni yang ukurannya hanya panjang dan lebar. Sedangkan untuk seni rupa terapan 3 dimensi bisanya memiliki ruang dan volume.

3. Berdasarkan Fungsi

Jika berbicara berdasarkan fungsinya, seni rupa terapan biasanya bisa di gunakan untuk kebutuhan sehari – hari. Selain itu seni rupa terapan juga tentunya memiliki fungsi estetis dan bisa sebagai hiasan.


Contoh seni rupa terapan dalam kehidupan sehari – hari

1. Seni rupa Arsitektur

contoh seni rupa terapan Seni rupa Arsitektur

Kamu bisa melihat contoh seni rupa Arsitektur daro berbagai bangunan. Seperti contohnya bangunan menara Eiffel yang populer tidak hanya di Perancis melainkan juga di seluruh dunia. Selain itu kamu juga bisa melihat seni rupa arsitektur dari bangunan rumah penduduk, sekolah, mall, dan lain sebagainya.

2. Seni rupa Ilustrasi

contoh seni rupa terapan Seni rupa Ilustrasi

Seni rupa Ilustrasi biasanya berbentuk gambar dan foto. Selain itu seni rupa ilustrasi juga akan di lengkapi dengan teks yang berfungsi untuk memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gambar atau foto tersebut.

3. Seni rupa Kriya

contoh seni rupa terapan Seni rupa Kriya

Selanjutnya adalah contoh seni rupa Kriya yang biasanya identik denngan keterampilan tangan dalam mengolah bahan baku menjadi sebuah karya seni. Kamu bisa melihat contohnya dari patung, hiasan ukir, tasa kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Seni rupa grafis

grafis

Salah satu contoh karya seni grafi bisa kamu lihat dari sebuah poster. Di mana biasanya karya seni grafis di tuangkan dalam selembar kertas yang bisa di buat baik melalui manual maupun digital.

5. Seni rupa Dekorasi

Dekorasi

Terakhir adalah contoh seni rupa dekorasi di mana memiliki fungsi yakni untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih menarik dan terlihat indah. Kamu bisa melihat contoh seni rupa dekorasi di berbagai pameran dan pesta.

Nah itulah beberapa contoh dan penjelasan mengenai seni rupa terapan untuk kamu ketahui. Seni rupa terapan selalu ada dan bisa kamu lihat setiap hari dari barang – barang di sekitar.***