Alat musik melodis

Apa saja alat musik melodis yang termasuk ke dalam kategori klasik dan modern? Jika kamu ingin mengetahui daftarnya, maka kamu bisa menyimak ulasan kali ini. Dengan begitu, kamu bisa menentukan alat musik mana saja yang cocok untuk kamu mainkan. 

Beberapa contoh alat musik di bawah ini ada yang tampak familiar, namun ada juga yang tampak asing. Maka dari itu, kamu bisa mempelajari alat musik yang sesuai dengan selera dan preferensi bermusik kamu. 

Terompet 

Alat musik terompet

Salah satu alat musik tiup yang cukup populer ini mudah kamu temukan di acara-acara festival atau pertunjukan orkestra. Alat musik yang satu ini memang identik dengan kesannya yang elegan dan mewah. 

Apapun lagunya, kalau dimainkan menggunakan terompet pasti melodinya akan terdengar jauh lebih syahdu. Di saat yang bersamaan kamu juga bisa mendapatkan kesan yang kuat saat mendengarkan alunan nada yang keluar dari terompet ini. 

Alat Musik Akordeon

Akordeon

Alat musik melodis ini memiliki tuts berwarna hitam dan putih untuk menghasilkan tangga nada yang harmonis. Meski sekilas bentuknya hampir mirip piano, namun terdapat cukup perbedaan antara kedua alat musik ini. 

Dari segi bentuk, akordeon memiliki bentuk yang jauh lebih kecil. Karena itulah, alat ini bisa kamu bawa menggunakan kedua tangan saja. Saking ringannya, kamu juga menggantungkan alat musik ini pada bahu kamu. 

Akordeon biasanya orang pakai dalam acara-acara formal khusus. Alat ini berfungsi untuk mengiringi sebuah acara rakyat, ritual religi, dan sebagainya. Jika kamu tertarik untuk mempelajari akordeon, kamu bisa langsung mempelajarinya secara otodidak atau mengikuti les. 

Piano 

Piano

Siapa yang nggak kenal dengan jenis alat musik yang satu ini? Piano mungkin menjadi salah satu alat yang paling familiar di kalangan masyarakat luas. Seringkali kamu melihat piano di acara-acara kompetisi menyanyi yang terselenggara di TV. Nggak heran kalau piano sudah menjadi alat musik paling umum. 

Piano akan menghasilkan melodi dari tuts-tuts yang dipencet. Tuts berwarna hitam dan tuts berwarna putih tentu memiliki perbedaan tangga nada. Makanya, kamu harus mempelajarinya dengan les musik piano. 

Ketika kamu sudah menguasai alat musik ini, kamu juga bisa memakainya untuk menciptakan sebuah lagu. Konon katanya, piano adalah alat musik yang paling sering dipakai penyanyi untuk menciptakan karya-karya musik mereka. Makanya, pengguna piano cukup banyak dan menjadi hal yang mainstream untuk kamu coba. 

4 Alat Musik Modern Paling Mudah Dimainkan

Alat Musik Recorder

Alat musik recorder

Recorder merupakan alat musik melodis modern yang bisa kamu mainkan dengan cara meniupnya. Sekilas, alat musik ini memiliki penampakan bentuk yang hampir mirip seperti seruling tradisional. Hanya saja, alatnya sudah terbuat dari plastik kokoh dan bukan dari bambu. 

Orang-orang yang memainkan alat ini bisa kamu temukan pada acara pertunjukan atau festival musik. Bagi kamu yang tertarik untuk memainkan recorder harus memiliki sistem pernapasan yang baik. Sebab kalau nggak begitu, kamu akan terengah-engah saat meniup dan memainkan alatnya. 

Alat Musik Gitar

Alat musik gitar

Inilah salah satu alat musik yang termasuk familiar di kalangan masyarakat luas. Kamu pasti sudah nggak asing lagi ‘kan melihat penampakan alat musik yang satu ini? Alat musik paling populer di dunia ini memang bisa kamu temukan dengan mudah dimanapun. 

Mengapa begitu? Karena popularitas gitar nggak terlepas dari cara mainnya yang gampang. Hanya dengan memetik senar-senarnya, kamu sudah bisa menghasilkan sebuah nada. Makanya, para pencipta lagu juga sering menggunakan gitar sebagai alat musik untuk menciptakan lagu.