alat musik modern

Bermain alat musik merupakan salah satu keterampilan yang menunjang bagi kamu. Ada beberapa jenis alat musik seperti alat musik modern dan juga tradisional. Bagi kalian yang ingin memainkannya tentu dapat memilih instrumen mana yang paling cocok dengan karakter kamu. Kamu dapat mencoba berbagai macam alat musik untuk menemukan formula yang tepat.

Saat ini keterampilan bermain musik tidak hanya di peruntukkan untuk kamu yang ingin menjadi penyanyi atau musisi. Belajar bermain alat musik untuk menghilangkan stres dan penat juga bisa menjadi tujuan kamu bermain. beberapa alat musik modern yang mudah untuk kamu pelajari dan mainkan bagi seorang pemula adalah:

1. Gitar Akustik

alat musik modern gitar akustik

Rasanya gitar adalah alat musik yang paling mudah untuk di mainkan oleh siapa saja. Selain itu harganya yang relatif murah daripada alat lainnya membuat gita menjadi salah satu primadona alat musik yang paling mudah di mainkan. Hampir semua orang yang pertama bermain musik akan memilih gitar sebagai salah satu alternatif pilihan yang menarik untuk di mainkan. Selain itu gitar mudah di bawa kemana-mana karena ringan.

Gitar terdiri dari 6 senar yang di mainkan dengan cara di petik. Sebenarnya ada 2 jenis gitar yaitu akustik dan elektrik. Gitar akustik lebih mudah di mainkan dan juga menghasilkan suara yang klasik. Pertama-tama kamu dapat belajar kunci gitar terlebih dahulu, lalu belajar melodi. Banyak juga tutorial dan cara bermain gitar mudah yang ada di internet.

2. Piano

piano

Alat musik yang satu ini lebih mahal dari gitar dan juga tidak dapat di bawa kemana-mana. Aliran musik klasik sudah menggunakan instrumen ini untuk memainkan nada-nadanya. Nada yang di hasilkan oleh piano memang sangat indah dan sesuai untuk karakter orang yang menyukai musik melankolis, lembut, dan mengalir.

Piano memiliki 88 tuts yang di mainkan dengan cara menekan tuts tersebut. Kamu harus dapat menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri karena biasanya tangan kanan akan memainkan melodi dan tangan kiri memainkan akor. Akan tetapi Anda juga dapat memainkan nada rumit dengan menggunakan kombinasi tangan kanan dan kiri sehingga di hasilkan musik yang indah.

3. Harmonika

alat musik modern harmonika

Menguasai instrumen musik harmonika tidaklah sulit. Sebagai salah satu instrumen musik tiup, harmonika memang jarang di mainkan oleh para musisi. Bentuknya yang kecil dan mungil membuat Anda mudah membawanya kemanapun. Nada yang di hasilkan juga berupa nada monoponik yang sangat khas. Biasnaya jenis musik country atau blues yang banyak menggunakan instrumen harmonika sebagai pelengkap lagu dan musik.

Karakter alat ini biasanya untuk memainkan musik klasik serta musik daerah Asia Timur seperti Jepang, Korea, China Taiwan dan lain-lain. Harmonika ini biasanya juga untuk bermain musik klasik dan harmonikan dalam bentuk grup, jarang bermain untuk permainan solo.

4. Drum

drum

Alat musik pukul yang satu ini memang kelihatan mudah untuk di mainkan. Akan tetapi sebenarnya dalam memainkan sebuah drum harus memiliki rasa yang peka terhadap lagu dan ketukan. Tidak bisa di lakukan sembarangan. Alat musik pukul menjadi instrumen penting dalam sebuah musik. Misalnya saja drum yang mampu menciptakan hentakan-hentakan dalam sebuah lagu di pertunjukan musik.

Dalam mempelajari ketukan drum kamu harus belajar mengetahui karakter drum terlebih dahulu. Ada yang di namakan cymbal, tom-tom, bass, pedal, snare, dan yang lainnya. Kombinasi pukulan dari berbagai instrumen drum ini akan menghasilkan ketukan yang harmonis dan selaras dengan lagu.

By Mita