fotografi ponsel

Sekarang hampir semua orang memiliki ponsel dan saat ini bukanlah barang mewah lagi. Apalagi kini di era yang serba digital. Dengan kecanggihan teknologi ponsel hadir dengan fitur, kemampuan dan spesifikasi yang semakin canggih, keren dan mumpuni. Begitu juga untuk memotret. Maka dari itu Anda perlu tahu trik fotografi keren dengan menggunakan kamera ponsel.

Semakin hari, dunia fotografi makin mudah beroperasi dengan kehadiran kamera di smartphone yang kualitasnya terus membaik setiap waktu. Bahkan di dalamnya sudah tertanam perangkat kamera serta software dan fitur yang canggih dan hampir menyerupai kamera profesional.

Akan tetapi semua spesifikasi ponsel canggih tersebut tidak akan maksimaljika tidak mengetahui beberapa tips di bawah ini yang ada hubungannyadengan fotografi.

Kenali Spesifikasi Kamera Ponsel Anda

spesifikasi kamera ponsel

Segala sesuatu di dunia ini memiliki dua sisi, kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan, plus dan minus. Tak terkecuali dengan hp atau smartphone anda. Nah, sekarang coba perhatikan hp atau smartphone Anda. Ini adalah salah satu trik fotografi ponsel yang bisa diterapkan.

Apa brand dan platform hp anda, iPhone, Android, Windows Phone? Bagaimana spek kameranya? Berapa resolusinya? Apa jenis lensa yang digunakan? Berapa aperture atau bukaannya? ISO-nya bagaimana? Apakah hp anda lebih bagus untuk memotret di siang hari ketimbang pada malam hari?

Semua itu harus anda perhatikan dan anda pahami agar nantinya anda mampu menghasilkan kualitas foto yang keren lewat hp atau smartphone anda. Maka dari itu coba deh lihat dan cek fitur, kemampuan dan spesifikasi hp anda.

Jangan lupa untuk mengatur besaran megapixel-nya ke resolusi yang paling tinggi. Resolusi kamera merupakan salah satu faktor utama menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Tapi ingat, resolusi besar yang ada pada ponsel atau hp tidak menjamin untuk selalu bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Bisa saja ponsel yang memiliki resolusi 16 MP bisa kalah dari ponsel yang hanya memiliki 12 MP resolusi kameranya.

Trik Fotografi Ponsel: Atur Pencahayaan

pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu hal yang harus benar-benar Anda perhatikan jika melakukan aktifitas fotografi menggunakan smartphone. Kebanyakan, bahkan hampir semua smartphone mengalami beberapa masalah seperti ukuran sensor yang tidak sebesar kamera digital biasa, terbatasnya pengaturan shutter speed, dan aperture lensa yang fixed.

Waktu dari pagi hingga sore hari dalam keadaan cerah adalah waktu terbaik untuk hunting foto menggunakan kamera smartphone.Cahaya yang datang dari sinar matahari adalah pencahayaan terbaik buat foto. Akan tetapi jika melakukan aktivitas fotografi di dalam ruangan, gunakanlah lampu yang memadai. Keadaan pencahayaan yang kurang membuat smartphone menaikkan angka iso secara otomatis ke angka terbesar. Ini akan membuuat foto menjadi penuh noise yang mengganggu kualitas gambar.

Atau kalau memungkinkan, gunakanlah fitur night mode yang ada di kamera. Night mode biasanya membantu kamera smartphone untuk menangkap cahaya lebih banyak dengan melambatkan shutter speed serta menaikkan kecerahan warna saat post processing.

Fokus Pada Satu Objek Yang Menarik

trik fotografi ponsel

Salah satu cara agar foto tampak lebih menarik adalah dengan fokus pada satu objek yang terlihat menarik. Bagaimana cara menentukannya? Perbanyak melihat dan membandingkan hasil foto dari fotografer lain.

Sering-seringlah mempelajari objek yang biasa mereka potret. Setelah itu temukan passion anda dimana. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise. Jadikan itu objek utama anda. Tertarik memotret bunga? Silahkan temukan bunga yang paling indah dan menarik yang bisa anda potret.

Untuk membuat objek yang dihasilkan jadi lebih menarik anda bisa menggunakan settingan mode macro pada ponsel anda plus efek bokeh (background blur) sehingga objek yang dibidik bisa lebih detail, fokus dan menarik.

Trik Fotografi Ponsel: Usahakan Tangan Anda Stabil

tangan stabil fotografi ponsel

Shutter speed smartphone biasanya tidak terlalu cepat maka dari itu Anda perlu melatih stabilitas tangan ketika akan mengambil gambar menggunakan kamera ponsel. Beberapa smartphone flagship ada yang menyematkan fitur image stabilizer ini di dalam software dan hardware kamera mereka. Tapi tentu aja hal tersebut tidak sama stabilnya dengan image stabilizer yang ada di kamera DSLR dan Mirrorless.

Ambillah gambar dengan posisi tangan yang agak menutup. Artinya tangan yang Anda gunakan untuk memegang smartphone agak dirapatkan dengan bagian dada supaya lebih stabil karena ada tubuh sebagai penopang utama. Kalau tangan Anda punya posisi yang lebar ketika mengambil gambar, bisa dipastikan gambar tersebut gak bakal begitu stabil.

Itulah beberapa trik fotografi yang penting jika menggunakan kamera ponsel.

By Mita