Manfaat jantung pisang

Tahukah kamu apa saja manfaat jantung pisang yang baik untuk kesehatan tubuh? Sebenarnya, banyak orang yang tidak mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat dalam fungsi jantung pisang. Itu sebabnya, orang-orang seringkali menyepelekan manfaatnya. 

Padahal, jantung pisang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi di dalamnya akan bisa berguna untuk menyembuhkan penyakit serius. Lantas, apa saja manfaat yang tidak kamu ketahui tentang jantung pisang? Yuk cek sama-sama ulasannya berikut ini!

Meminimalisir Komplikasi Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi jantung pisang karena kandungan manfaatnya yang bagus. Salah satu manfaat jantung pisang bagi penderita diabetes adalah mampu meminimalisir terjadinya komplikasi akibat diabetes. 

Itu ebabnya, para penderita gula darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi olahan makanan yang terbuat dari jantung pisang. Selain bisa mengurangi risiko komplikasi, jantung pisang juga mengandung nutrisi lain untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Manfaat Jantung Pisang untuk Mencegah Infeksi

Mencegah infeksi bakteri

Kamu bisa menghindari terjadinya infeksi setelah mengkonsumsi jantung pisang, khususnya infeksi akibat bakteri. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena jantung pisang mengandung senyawa etanol yang bermanfaat untuk mencegah perkembangan jenis bakteri patogen. 

Apabila bakteri patogen masuk dan berkembang di dalam sistem pencernaan, maka akan menyebabkan terjadinya berbagai penyakit. Sebab, jika bakteri patogen menginfeksi tubuh, maka akan membuat sistem imunitas terganggu dan melemah.  

Itulah salah satu penyebab mengapa kamu sering mengalami sakit. Selain karena terjangkit bakteri patogen yang menyerang imunitas tubuh, tidak adanya kandungan nutrisi yang baik juga bisa membuat tubuh melemah. 

Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Salah satu manfaat jantung pisang yang selama ini jarang orang tahu adalah bisa mengatasi pembesaran prostat jinak. Penderita penyakit ini biasanya adalah kaum adam dengan rentang usia yang cukup tua. 

Beberapa gejala pembesaran prostat jinak yang wajib kamu waspadai adalah kandung kemih yang melemah. Jika masalah ini terjadi pada kamu, maka besar kemungkinannya urin kamu terhambat atau tidak keluar sama sekali. 

Inilah manfaat mengkonsumsi jantung pisang bagi penderita pembesaran prostat jinak. Kandungan asam sitrat, asam pantotenat, nikotinat, dan taurin bisa membantu mengurangi gejala pembesaran prostat jinak yang kamu alami. 

Senyawa-senyawa tersebut akan bekerja sebagai zat anti inflamasi dan anti proliferasi pada penderita prostat jinak. Jika kamu mengkonsumsi jantung pisang secara berkala, maka hasil khasiatnya bisa kamu rasakan sendiri. 

Manfaat Jantung Pisang untuk Diet

Manfaat jantung pisang untuk diet

Seberapa sering kamu melakukan program diet tapi berakhir gagal? Jika selama ini kamu sudah melakukan diet tapi berat badan masih belum berkurang, maka kamu bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi jantung pisang. 

Lalu, apa manfaat makan jantung pisang selama kamu menjalani program diet? Ternyata, bagian ini memiliki benefit yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa membantu menurunkan berat badan kamu. 

Jantung pisang mengandung banyak serat yang akan membuat kamu tetap kenyang. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu kamu untuk menjaga pola makan selama diet. Oleh sebab itu, kamu yang sedang menjalani program diet harus memasukkan jantung pisang ke dalam menu diet. 

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Melancarkan Pencernaan 

Selain bagus untuk membantu program diet, jantung pisang juga punya kandungan yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Jika pencernaan kamu terhambat dan sering sembelit, sebaiknya konsumsi saja menu makanan yang terbuat dari jantung pisang agar BAB lancar. 

Namun, olahlah jantung pisang secara tepat agar benefit dari nutrisinya tidak berkurang. Kamu bisa memanfaatkan jantung pisang menjadi bahan untuk salad atau sup. Jangan olah jantung pisang menjadi masakan yang ditumis atau digoreng.