tips menabung

Menabung sejatinya merupakan hal yang sangat Anda perlukan untuk kebutuhan masa depan, ataupun keperluan mendadak. Apapun tujuannya, menabung sangat penting bagi kelangsungan hidup Anda ke depannya. Tentu kita tidak hanya hidup untuk hari ini, akan tetapi juga esok, dan seterusnya hingga kita mati. Meski begitu banyak yang kesulitan untuk menyisikan penghasilannya. Maka dari itu simak tips menabung untuk Anda yang merasa sulit melakukan hal ini.

1. Perhatikan Gaya Hidup

Sebetulnya dengan gaji atau penghasilan berapapun Anda tetap bisa menabung jika memang ingin melakukannya. Akan tetapi seringkali keinginan untuk berbelanja dan berperilaku konsumtif lebih besar daripada menabung. Maka dari itulah rasanya menyisihkan sebagian penghasilan sangat sulit untuk Anda.

Jika penghasilan yang di peroleh kecil, maka sesuaikan dengan gaya hidup Anda. Jangan sampai membeli sesuatu yang di luar nilai penghasilan Anda sehingga menyebabkan Anda menjadi berhutang. Kesulitan menabung dan investasi sebenarnya terletak pada gaya hidup dan pola perilaku konsumtif yang Anda miliki.

2. Hitung Dan Bagi Persentase Penghasilan Untuk Berbagai Keperluan

pembagian pos

Berapapun gaji yang Anda terima, semuanya harus dapat Anda perhitungkan dengan cermat. Dalam hidup Anda akan butuh biaya primer yaitu sangdang, pangan, dan papan. Kebutuhan akan makan, tempat tinggal, dan pakaian harus terpenuhi. Jika Anda tinggal bersama orang tua maka Anda tidak perlu lagi membayar biaya tempat tinggal. Berbeda dengan orang yang mengontrak atau kos. Selanjutnya kebutuhan makan harian juga harus Anda perhitungkan.

Jika ingin berhemat, mungkin Anda dapat membawa makanan dari rumah sehingga selain lebih sehat juga dapat menghemat pengeluaran. Biasanya perilaku konsumtif banyak di lakukan dari membeli pakaian yang mahal atau berbagai macam makanan kekinian yang tidak di butuhkan oleh tubuh. Ingat jajanan dan baju mahal tersebut sebenarnya hanya memenuhi hasrat dan keinginan Anda. Bukan kebutuhan utama.

Anda harus cermat menghitung presentase penghasilan untuk, biaya makan, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, menyisihkan untuk orang yang tidak mampu, dan juga menabung.

3. Sisihkan Uang Saat Menerima Gaji Atau Penghasilan

menyisihkan uang

Setelah menghitung dan menentuan presentase kiranya berapa banyak Anda mampu menabung, maka selanjutnya Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan saat menerima uang. Jangan sampai Anda menggunakannya terlebih dahulu sehingga uang tersebut tidak terlihat wujudnya.

4. Miliki Rekening Berbeda Untuk Tabungan

Ada baiknya juga Anda memiliki beberapa rekening berbeda yang diperuntukkan bagi tabungan, keperluan sehari-hari, ataupun klasifikasi lainnya. Anda dapat mengambil uang yang di gunakan untuk keperluan sehari-hari di rekening tertentu. Isinya juga harus di kontrol dan harus seberapa banyak. Sedangkan rekening unutk tabungan sebaiknya jagan di ganggu gugat dan biarkan seperti itu.

Anda juga sebaiknya tidak menggunakan ATM tabungan sehingga tidak mudah di ambil. Selain itu jika ingin transfer uang antara bank sebaiknya gunakan bank yang sama agar tidak kena biaya admin. Percayalah bahwa trik ini cukup efektif karena setiap rupiah yang Anda miliki sangat berharga.

5. Ikut Investasi

tips menabung ikut investasi

Jika Anda masih sulit untuk menabung ada baiknya ikut investasi. Saat ini ada banyak pilihan investasi yang menarik seperti saham, reksadana, emas, properti, dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda ingin ikut investasi, ada baiknya di pikirkan terlebih dahulu tujuan dari investasi tersebut apakah jangka pendek atau jangka panjang. Jika sudah menentukannya, maka Anda dapat memilih investasi yang sesuai dengan Anda.

Investasi selain dapat membantu Anda ikut tips menabung juga dapat memunculkan profit bagi Anda tergantung jenis investasinya. Akan tetapi ada juga risiko yang perlu di tanggung apabila Anda merugi. maka dari itu pelajari baik-baik jika Anda mengambil investasi lalu putuskan yang sesuai dengan kemampuan dan karakter Anda.

Itulah beberapa tips menabung yang Anda bisa lakukan meski penghasilan pas-pasan.

By Mita