cara mengelola keuangan

Cara mengelola keuangan antara satu orang dengan yang lainnya tentu berbeda. Kadang mengelola keuangan susah susah gampang tergantung pada masing-masing individu. Akan tetapi orang-orang kaya atau miliarder dunia memiliki pola yang unik di dalam mengelola keuangannya. Ada beberapa prinsip dasar yang mereka penuhi dan selalu patuh akan prinsip tersebut.

Memang untuk bisa menjadi kaya raya dan miliarder seperti Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan yang lainnya di butuhkan usaha dan kerja keras yang sangat penting. Bekerja keras dan cerdas itu penting untuk dapat menghasilkan pendapatan. Akan tetapi mengelola keuangan dan pendapatan yang di terima juga penting lagi karena jika salah kelola maka akan berdampak buruk pada kehidupan Anda.

Di bawah ini akan di berikan tips mengenai cara mengelola keuangan ala miliarder yaitu:

1. Memiliki Rencana Keuangan

Orang kaya cenderung terarah dalam keuangan. Mereka memiliki rencana jangka pendek, menengah, dan panjang dalam keuangan mereka. mereka dapat menentukan pos investasi, tabungan, dana darurat, menjalankan bisnis, dan lain sebagainya. Mereka juga menghitung pengeluaran sekecil apapun yang keluar dari kas mereka. Maka dari itu penting untuk mencatat pengeluaran sehingga tahu uang tersebut di gunakan unutk keperluan apa.

Anda dapat memiliki target tertentu di dalam merencanakan keuangan. Misalnya membeli rumah, memiliki bisnis tertentu sehingga Anda dapat menginvestasikan uang tersebut untuk rencana keuangan yang jelas dan pasti.

2. Memiliki Sumber Pendapatan Lain

cara mengelola keuangan penghasilan tambahan

Seorang miliarder biasanya tidak hanya memiliki satu pendaatan saja. bahan mereka memiliki beberapa pemasukan sehingga pendapatan mereka menjadi besar. Penting juga untuk Anda pikirkan bahwa memiliki beberapa sumber pendapatan akan sangat memudahkan Anda untuk mengelola keuangan.

Misalnya saja di masa pandemi seperti saat ini dengan situasi yang tidak menentu. Mungkin saja satu Anda di berhentikan dari tempat bekerja atau tidak lagi mendpatkan penghasilan sehingga harus memutar otak unutk mendapatkan penghasilan lain. Jika masih mampu, mungkin ada baiknya memiliki sumber pendapatan lain agar dapat mengelola keuangan lebih cerdas.

3. Mengelola Hutang

Hutang bukanlah suatu hal yang mengerikan bagi miliarder. Akan tetapi Anda juga harus membedakan hutang yang seperti apa. Jika hutang untuk memenuhi habit perilaku konsumtif tentu tidak di benarkan. Hutang yang di maksud di sini adalah berhutang unutk tujuan yang lebih besar lagi misalnya meminjam modal untuk membuka usaha. Dalam berhutang juga harus ada rencana dan formula yang tepat. Jangan sampai Anda tidak bisa membayar hutang tersebut.

Pengelolaan hutang yang baik tentu akan dapat menjadi sumber penghasilan lainnya bagi Anda. Maka dari itu silahkan berhutang akan tetapi kelola dan antisipasi dengan baik.

4. Selalu Menabung dan Investasi

menabung dan investasi

Kedua hal ini memang terkadang memiliki perdebatan dan arti yang berbeda. Menabung adalah menyimpan uang unutk di gunakan dalam waktu darurat sedangkan investasi adalah menyimpan uang dalam waktu tertentu dengan tujuan tertentu dan mendapatkan profit dari hal tersebut. Miliarder selalu melakukan investasi atau menabung dengan baik.

Anda juga harusnya membedakan antara investasi dan menabung lebih baik memiliki keduanya. Investor tersuskses dunia Warren Buffett mengatakan bahwa“Jangan menyimpan apa yang tersisa setelah memperbelanjakan, akan tetapi belanjakanlah apa yang tersisa setelah melakukan simpanan”. Artinya Anda harus menabung terlebih dahulu baru dapat membelanjakan sisanya.

Itulah beberapa cara mengelola keuangan ala miliarder yang dapat di sampaikan. Miliarder tidak akan boros dalam menggunakan uangnya, selalu berusaha berhemat, membeli barang yang mereka perlukan. Selain itu juga sikap boros hanya akan menyulitkan Anda dalam mengelola keuangan.

By Mita