ikan hias air tawar

Memelihara ikan hias air tawar di ketahui dapat menjadi hobi menarik untuk melepaskan stres yang melanda. Akan tetapi ada tantangan tersendiri saat memelihara ikan hias. Ikan merupakan makhluk hidup sehingga Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Mereka perlu di berikan makanan, di ganti airnya, di rawat, agar selalu sehat dan tidak mati.

Selain sebagai hobi, ikan hias juga ternyata sangat berfungsi unutk mempercantik ruangan. Adanya elemen air dan hewan di dalam ruangan bisa membuat Anda betah berlama-lama berada di ruangan tersebut. Anda dapat memeliharanya di dalam akuarium yang di hiasi dengan berbagai macam tanaman air sehingga nampak hidup. selain itu juga banyak jenis ikan hias air tawar yang dpat di pelihara. Adapun beberapa jenisnya yaitu:

Ikan Cupang

ikan hias air tawar cupang

Jenis ikan ini cukup banyak di gemari beberapa bulan belakangan. Hal ini karena ikan cupang memiliki bentuk sirip yang sangat indah dan warna yang beragam. Ada beberapa warna sirip ikan cupang seperti biru, merah, putih, kuning, ungu, hitam, dan juga warna-warna lainnya.

Akan tetapi ikan cupang termasuk jenis petarung sehingga Anda tidak dapat menggabungkannya bersama dengan jenis ikan lain bahkan jenis cupang itu sendiri. Jika di gabungkan penempatannya, mereka akan bertarung saling serang antara satu dengan lainnya.

Selain sebagai ikan hiasn, cupang memang terkenal sebagai ikan petarung. Bahkan ada kerjuaraan tarung ikan cupang di beberapa negara. Meski di negara lain hal ini juga masih menjadi kontroversi. Akan tetapi terlepas dari itu semua, memelihara ikan cupang dapat menjadi alternatif untuk Anda penggemar ikan hias.

Ikan Mas Koki

maskoki

Ikan yang satu ini bertubuh gemuk, mata yang besar, sirip yang indah, dan sangat lucu bila di pelihara di akuarium. Maskoki ini berasal dari daratan cina dan memiliki banyak jenis. Ada beberapa jenis yang populer seperti black moore, oranda, ryukin, ekor kipas, dan yang lainnya. Warna sisiknya juga bervariasi mulai dari putih, oranye, kuning, hitam, merah, dan yang lainnya.

Meski ikan ini sangat lucu, akan tetapi rentan terkena penyakit. Maka dari itu Anda harus eksra ketat dalam merawatnya. Ikan ini juga bukan tipe ikan yang lincah. Karena beban tubuhnya yang cukup berat dan besar maka saat bergerak ikan ini cenderung lambat.

Ikan Komet

ikan komet

Ikan ini juga merupakan tipe ikan air tawar yang sangat mirip dengan maskoki. Akan tetapi bedanya, tubuhnya berbentuk agak ramping dengan sisik yang berwarna keemasan, ekor yang lebih panjang, dan tubuh yang terlihat lebih proporsional. Sebagai ikan air tawar, komet termasuk salah satu ikan yang kuat dan tahan terhadap penyakit. memelihara ikan ini tidaklah sulit.

Komet memiliki jenis warna yang beragam. Komet pada umumnya memiliki warna keemasan dengan tubuh dominan oranye dan siripnya berwarna putih. Akan tetapi ada komet dari Jepang yang di namakan Shubunkin yang memiliki beragam warna seperti ikan koi. Misanya saja campuran dari tiga atau lebih warna seperti merah, biru, hitam dan putih.

Ikan Koi

ikan hias air tawar koi

Ikan yang satu ini baiknya di pelihara di kolam. Koi yang besar dapat mencapai ukuran betis orang dewasa. Maka dari itu kurang cocok unutk di pelihara di akuarium. Akan tetapi jika masih berukuran kecil tidak masalah memeliharanya di akuarium. Ikan koi membutuhkan sirkulasi air yang baik sehingga mereka tidak mati. Selain itu kandungan nutrisi pakan juga perlu di perhatikan.

Koi membutuhkan air yang tidak mengandung kaporit. Sebenarnya hampir semua ikan tidak menyukai air yang mengandung kaporit. Akan tetapi koi menjadi suatu pengecualian mereka akan mati jika di pelihara di air yang banyak klorin. Ikan ini juga memiliki mitos sebagai ikan pembawa keberuntungan seperti di lukisan koi yang berjumlah 9 ekor.

By Mita