van gogh pelukis terkenal dunia

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Ada banyak sekali pelukis terkenal dunia yang karyanya mendapat pengakuan oleh dunia karena mampu menginspirasi banyak orang. Dahulu, orang menggunakan lukisan sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan karya seni.

Meskipun saat ini lukisan sudah tidak banyak penggemarnya karena tergantikan oleh media dan platform digital. Akan tetapi prinsip-prinsip dalam lukisan dan seni secara keseluruhan masih mewarnai style atau gaya karya seni masa kini. Unutk itu Anda perlu tahu siapa saja pelukis dan karyanya yang pernah menghiasi dunia seni di dunia.

Beberapa pelukis terkenal dunia dan karyanya adalah:

Pablo Picasso

picasso pelukis terkenal dunia

Pablo Picasso adalah salah satu seniman terbesar abad ke-20, yang terkenal dengan lukisan gerakan seni Kubisme. Picasso tetap terkenal karena tak henti-hentinya menemukan kembali dirinya, beralih di antara gaya yang sangat berbeda secara radikal, sehingga karya tampaknya merupakan produk dari 5 atau 6 seniman hebat, bukan hanya satu.

Tentang kegemarannya terhadap keragaman gaya, Picasso menegaskan bahwa karyanya yang bervariasi tidak menunjukkan perubahan radikal sepanjang kariernya, melainkan dedikasinya untuk secara objektif mengevaluasi bentuk dan teknik yang paling sesuai untuk mencapai efek yang ia inginkan. Ada 3 hasil karya dari Picasso yang terkenal di dunia antara lain adalah Les Demoiselles d’Avignon, Guernica, dan The Weeping Woman.

Vincent van Gogh

starry night

Merupakan seorang pelukis yang kisah hidupnya sangat sedih dan tragis. Selama ia hidu, karya-karyanya tidak terkenal dan malah baru mengalami ketenaran setelah ia meninggal. Di dunia seni, Van Gogh terkenal sebagai pelukis dengan aliran impresionis. Karya seni milik Van Gogh juga merupakan salah satu inspirasi para pelukis di abad ke-20.

Bintang-bintang kuning menyala terang, langit biru menyelimuti. Keindahan desa di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis terekam dalam sapuan-sapuan kuas besar Vincent Willem van Gogh. Mahakarya van Gogh yang menafsirkan pemandangan melalui emosinya ini seakan menjadi bagian dari kebudayaan populer.

Lukisan Starry Night menjadi saksi bisu atas kesedihan di masa hidupnya. Pria yang telah membuat sekitar 863 lukisan ini membuat karyanya yang paling populer di Rumah Sakit Jiwa Saint Paul de Mausole pada 1889. Ia melukis pemandangan yang terlihat dari jendela kamarnya di rumah sakit jiwa.

Leornardo Da Vinci

monalisa

Tentunya Anda mengenal lukisan Monalisa bukan? Lukisan Monalisa tersebut merupakan karya seorang pelukis terkenal asal Italia bernama Leonardo Da Vinci. Tidak hanya terkenal sebagai pelukis, Da Vinci juga merupakan seorang pematung, arsitek, insinyur, ahli matematika, dan juga ilmuwan. ia memiliki banyak kemampuan hingga membuatnya menyandang julukan sebagai ‘Universal Genius’.

Selama sepanjang hidupnya sebagai pelukis yakni 1452-1519, Da Vinci telah terkenal melalui karya-karyanya yang indah. Di dunia ini, ada 4 hasil karyanya yang sangat populer seperti salah satunya yang kita kenal adalah Monalisa, lukisan lainnya antara lain The Last Supper, The vitruvian Man, dan Lady with An Ermine. 

Paul Cezane

cezane pelukis terkenal dunia

“Cezanne is the father of us all”, begitulah kata-kata yang menginspirasi untuk memberikan penghargaan atas karya seni yang lahir dari goresan kuas Paul Cezanne. Ketika Cezanne mulai terkenal sebagai pelukis beraliran impresionis, Cezanne malah meninggalkan grup pelukis tersebut dan mulai mengembangkan gaya melukisnya sendiri.

Gaya lukis yang dikenalkan oleh Cezanne benar-benar gaya melukis yang baru dan tidak biasa. Inilah yang membuka pintu datangnya aliran lukis Cubism di abad ke-20. Sepanjang karirnya sebagai pelukis terkenal, karya yang paling berkesan adalah Mont Sainte-Victoire seen from Bellevue.

Itulah 4 pelukis terkenal dunia dan karyanya. Semoga dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang perkembangan seni lukis di dunia.

By Mita