Perbedaan montase dan mozaik

Apa perbedaan montase dan mozaik? Dua jenis karya seni ini memang hampir mirip dan seringkali sulit untuk membedakannya. Meski begitu, secara definisi, dua jenis karya seni ini memiliki arti dan teknik pembuatan yang berbeda. 

Untuk mengetahui apa saja perbedaan antara mozaik dan montase, kamu perlu membaca ulasan kali ini. Selain itu, kamu juga bisa mempraktekkan cara pembuatannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

Perbedaan Montase dan Mozaik, dan Cara Membuatnya 

Perbedaan montase

Untuk membahas lebih jauh tentang perbedaan montase dan mozaik, maka kamu perlu mengetahui dulu pengertian dari montase. Seni montase adalah sebuah seni yang mengandalkan keterampilan menempel dalam seni rupa. Montase cukup populer dan banyak peminatnya. 

Maka dari itu, teknik ini juga sering kamu temukan pada berbagai macam cabang seni lainnya. Mulai dari film, lukisan, hingga desain interior ruangan. Untuk bisa membuat montase, kamu perlu meningkatkan keterampilan seni menempel kamu selama ini. 

Dengan begitu, kamu akan membuat sebuah seni yang baru dari menempel berbagai macam benda atau gambar. Nah, material atau barang yang bisa kamu gunakan untuk membuat montase adalah pamflet, koran bekas, buku bekas, atau majalah bekas. 

Contoh Seni Rupa Terapan yang Lengkap dengan Penjelasannya

Untuk menciptakan montase gambar yang baru memang cukup tricky. Namun, itulah menariknya seni montase ini. Kamu perlu mengandalkan kreativitas kamu untuk menggabungkan beberapa jenis gambar dengan tema yang sama menjadi gambar yang baru. Lantas, bagaimana cara bikin seni montase? 

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan material yang mau kamu gunakan. Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan adalah cangkang telur. 
  • Kemudian, buatlah tema atau konsep yang sesuai dengan karakteristik kamu. 
  • Kamu juga bebas menggunakan kreativitas kamu untuk membuat pola atau tema apapun. 
  • Lalu, potonglah material yang kamu pakai menjadi beberapa bagian. 
  • Rakit dan tempelkan potongan material tersebut dengan menggunakan lem. 
  • Supaya tampilannya semakin cantik, kamu bisa menambahkan warna atau arsiran pada potongan material yang kamu tempelkan. 
  • Setelah itu, tunggu sampai lemnya mengering, dan karya seni montase kamu pun jadi. 

Perbedaan Mozaik dan Cara Membuatnya 

Perbedaan mozaik

Jika kamu nggak tahu apa perbedaan montase dan mozaik, maka ulasan kali ini akan menjelaskan tentang mozaik. Nah, apa itu mozaik? Mozaik adalah sebuah seni yang menggabungkan potongan-potongan gambar atau barang menjadi sebuah pola. 

Nah, untuk bisa membuat sebuah pola yang utuh, kamu memerlukan kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi. Maka dari itu, seni mosaik nggak mudah untuk kamu lakukan. Meski sulit dan butuh kreativitas tinggi, kamu tetap bisa melakukannya setelah melakukan latihan dan percobaan. 

Seni mosaik sebenarnya bisa memakai berbagai macam jenis material atau benda untuk membuat pola. Mulai dari cangkang telur, sobekan kertas, daun, batu kerikil, keramik, kayu, hingga pecahan kaca. 

Seni mosaik ini biasanya bisa kamu temui pada pada desain interior untuk ruangan atau rumah. Salah satu contoh desain interior yang menggunakan teknik mozaik adalah papan lukisan mozaik yang menempel pada dinding dapur. Lantas, bagaimana cara membuat seni mozaik seperti ini? 

  • Pertama-tama, siapkan alat dan material yang kamu butuhkan untuk membuat mozaik. 
  • Selanjutnya, tentukan alas yang mau kamu pakai. Misalnya saja dari papan triplek atau bingkai foto. 
  • Lalu, gambarlah sebuah sketsa atau pola untuk membuat seni mozaik. 
  • Jangan lupa untuk mengoleskan lem untuk menempelkan potongan material pada alas yang kamu pakai. 
  • Kemudian, tunggulah beberapa saat sampai lem kamu mengering. 
  • Jika sudah mengering, maka seni mozaik yang kamu buat sudah selesai.