Contoh kerajinan tanah liat

Ada banyak contoh kerajinan tanah liat yang bisa kamu buat. Kerajinan-kerajinan ini bukan cuma berfungsi sebagai dekorasi, tapi juga sebagai alat untuk membantu kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, jika kamu mau membuat kerajinan dari tanah liat, kamu bisa perhatikan caranya di bawah ini: 

Kerajinan Piring

Kerajinan piring dari tanah liat

Dari tanah liat, kamu bisa menghasilkan beragam jenis kerajinan, salah satu contoh kerajinan tanah liat tersebut adalah piring. Piring merupakan alat makan yang wajib kamu miliki. Meskipun dulu alat makan bisa menggunakan alas daun, tapi saat ini piring merupakan alas makan wajib yang harus kamu miliki. 

Selain memiliki fungsi sebagai alas makan, piring juga memiliki fungsi lain yang nggak kalah penting. Fungsi tersebut adalah sebagai dekorasi rumah. Dekorasi rumah dari kerajinan tanah liat berupa piring tentu sangat unik dan estetik. 

Dekorasi rumah semacam ini bisa kamu beli di toko-toko interior rumah atau semacamnya. Tapi, kalau kamu mau bereksperimen sendiri, kamu bisa mencoba untuk membuatnya. Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat kerajinan ini? 

  • Pertama-tama, siapkan bahan berupa tanah liat, air, dan cat air, kuas, dan meja putar. 
  • Kemudian, campurkan gumpalan tanah liat dengan air hingga teksturnya melunak. 
  • Jika sudah, letakkan adonan tanah liat ke atas meja putar. 
  • Bentuklah tanah tersebut sesuai dengan bentuk piring yang kamu mau. 
  • Setelah tanah liat berbentuk menyerupai piring, perhalus teksturnya dengan menggunakan tangan basah. 
  • Selanjutnya, letakkan piring tersebut di bawah sinar matahari, dan jemur hingga mengeras. 
  • Supaya hasilnya lebih tahan banting, kamu perlu membakar piring tersebut dengan api. Bakarlah hingga warna piringnya berubah warna menjadi seperti batu bata. 
  • Terakhir, percantik tampilan kerajinan piring kamu dengan mengecatnya sesuai warna yang kamu mau. 

Kerajinan Vas Bunga dari Tanah Liat

Kerajinan vas bunga

Selain piring, kamu juga bisa membuat vas bunga dari tanah liat. Vas tersebut nantinya bisa kamu gunakan sebagai dekorasi rumah yang cantik dan estetik. Oleh sebab itu, kerajinan seperti vas bunga bisa kamu buat sendiri dari tanah liat yang masih basah. 

Untuk membuat kerajinan vas bunga dari tanah liat sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan pun cuma tanah liat, air, dan cat. Kamu tetap bisa membuat kerajinan seperti ini meski nggak memakai alat seperti meja putar. 

Contoh Karya 3 Dimensi dan Cara Membuatnya

Buatlah adonan tanah liat terlebih dahulu sebelum mulai membuat kerajinannya. Lalu, bentuklah tanah liat menjadi sebuah vas bunga. Jika kamu ingin hasilnya bagus, maka bisa menggunakan meja putar. Kemudian, jemur hasil kerajinan vas bungamu sebentar, lalu bakar di atas perapian hingga teksturnya mengeras. 

Kerajinan Tungku dari Tanah Liat

Kerajinan tungku dari tanah liat

Contoh kerajinan tanah liat lain yang gampang kamu buat adalah tungku. Tahu ‘kan apa itu tungku? Ya, tungku adalah salah satu alat memasak zaman dulu yang berguna sebagai tempat perapian untuk memasak. 

Berkat adanya tungku pembakaran, proses memasak juga akan menjadi jauh lebih cepat. Bagi kamu yang terbiasa memasak dengan cara tradisional pasti akan membutuhkan tungku kompor seperti ini. 

Untuk membuat tungku dari tanah liat, kamu perlu menyiapkan bahan tanah liat yang sudah bercampur dengan air. Kemudian, bentuk tanah liat menyerupai bentuk tungku pembakaran. Jika tungku selesai kamu buat, seger jemur di bawah terik matahari. Lalu bakar di perapian agar hasilnya semakin keras.