Contoh karya 3 dimensi

Proses pembuatan karya seni adalah proses yang menyenangkan, termasuk saat kamu membuat contoh karya 3 dimensi. Buat para pecinta karya seni seperti kamu, membuat hasil karya sendiri adalah suatu hal yang harus segera terwujud. Makanya, cobalah untuk membuat karya sendiri dengan mengikuti referensi berikut ini. 

Karya Seni Keramik dan Contohnya

Contoh karya 3 dimensi keramik

Seni keramik sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sejak zaman kerajaan hingga sekarang karya seni ini masih tetap banyak peminatnya. Bahkan peninggalan dari kerajaan-kerajaan kuno adalah berupa kerajinan keramik.  

Karena sejarah itulah, keramik menjadi salah satu seni 3 dimensi yang bersifat tradisional, namun juga kontemporer. Makanya, proses pembuatan keramik cukup sulit untuk kamu lakukan. Sebab, proses pembuatan yang mesti kamu lalui cukup panjang. 

Awal pembuatan kerajinan keramik selalu berasal dari proses memijir. Lalu, proses selanjutnya adalah dengan membutsir, memilin, hingga proses membakar keramik. Meskipun tampaknya susah, namun untuk membuat karya seni ini menjadi nggak sesulit dulu. 

Beberapa contoh dari karya seni keramik antara lain adalah gelas, piring, guci, hingga pot bunga. Barang-barang tersebut bisa kamu percantik tampilannya dengan menghiasnya menggunakan cat warna. Jika kamu merasa cukup puas, maka kamu boleh memajang hasil keramik buatanmu. 

Contoh Karya 3 Dimensi Seni Kriya

Seni kriya

Apa itu karya seni kriya? Menurut berbagai sumber, seni kriya merupakan seni kerajinan hasil buatan tangan. Karya seni ini biasanya berfungsi sebagai hiasan atau pajangan. Makanya, kerajinan ini bernama seni kriya. Kriya artinya adalah benda hias. 

Secata fungsi, karya seni ini memang lebih menonjol di aspek hiasan, bukan manfaatnya. Namun, nggak menutup kemungkinan pula kalau karya seni ini memiliki fungsi tersembunyi yang jarang banyak orang tahu. 

Contoh karya 3 dimensi seni kriya adalah sejenis topeng. Secara umum, produk kriya ini nggak memiliki fungsi karena akan menjadi barang pajangan di dinding rumah kamu. Namun, ternyata topeng memiliki fungsi tersembunyi seperti bisa kamu pakai sebagai atribut tari topeng. 

Karya Seni 3D Patung dan Contohnya

Contoh karya 3 dimensi patung

Satu-satunya karya seni 3 dimensi yang merupakan jenis seni murni adalah patung. Karya seni yang satu ini bisa kamu temukan di mana-mana. Mulai dari di taman kota, halaman rumah, hingga menjadi simbolisasi monumen. 

Lebih dari itu, ternyata produk seni yang satu ini juga mampu mendongkrak popularitas suatu tempat. Maka dari itu, produk seni seperti patung ini memiliki banyak manfaat yang bisa kamu manfaatkan dari waktu ke waktu. 

Contoh Seni Rupa Terapan yang Lengkap dengan Penjelasannya

Beberapa bahan yang dipakai untuk membuat patung antara lain ada 4 jenis. Patung yang terbuat dari bahan lunak misalnya dari tanah liat, lilin, plastisin, dan sabun. Sementara itu, patung dengan bahan sedang adalah yang terbuat dari kayu sengon, kayu waru, dan kayu randu. 

Lalu untuk patung berbahan keras biasanya terbuat dari bahan kayu jati, batu pualam, batu andesit, dan kayu ulin. Sementara untuk patung berbahan cor adalah yang terbuat dari fiber, gips, emas, logam, dan juga perak. 

Karya 3 Dimensi Seni Arsitektur dan Contohnya

Karya seni arsitektur

Arsitektur bangunan merupakan salah satu bentuk karya seni jenis terapan. Seni arsitektur bukan hanya mencakup bangunan saja, tetapi juga desain perabot, desain produk, dan desain interior. 

Ternyata selama ini banyak orang yang nggak tahu kalau arsitektur termasuk ke dalam salah satu contoh karya 3 dimensi. Padahal, untuk merancang sebuah bangunan seperti gedung memerlukan sense of art yang tinggi. Dengan begitu, konsep arsitektur yang tercipta akan lebih indah dan memiliki unsur seimbang.  

Beberapa contoh karya seni arsitektur yang ada di sekitarmu adalah rumah, gedung pencakar langit, rumah adat, hingga wahana wisata. Nggak jarang, konsep bangunan hasil rancangan mantan pembuat seni arsitektur bakal jauh lebih indah hasilnya.