Kerajinan dari sisik ikan

Ada banyak jenis kerajinan dari sisik ikan yang bisa kamu buat dengan mengandalkan limbah sisik tersebut. Produk kerajinan tangan hasil dari limbah sisik ini memang masih sangat jarang kamu temukan. 

Namun, disitulah letak peluang yang bisa kamu manfaatkan. Bila kamu bisa membuat produk kerajinan dengan kualitas yang bagus, maka nilai jualnya pun bisa tinggi. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa kamu pakai untuk membuat prakarya dari sisik ikan. 

Kerajinan Anting-anting dari Sisik Ikan

Anting-anting dari sisik ikan

Para wanita pasti seeing menggunakan anting-anting sebagai aksesoris pribadi untuk dipakai. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, maka ide kerajinan tangan kali ini akan sangat menyenangkan buat kamu coba. 

Untuk membuat anting-anting yang cantik, kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan. Namun, akan lebih baik kalau kamu bisa membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan limbah. Misalnya saja limbah sisik ikan nila. 

Nah, sisik ikan nila memiliki tekstur yang kuat bentuk yang besar. Dengan begitu, sisik tersebut akan cocok bila kamu gunakan untuk membuat anting-anting. Selain bisa meningkatkan nilai jual limbah sisik ikan, kamu juga bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan. 

Ide Prakarya Hiasan Lampu

Kerajinan lampu hias dari sisk ikan

Selain membuat anting-anting, kamu juga bisa membuat ide kerajinan dari sisik ikan yang lainnya. Misalnya saja dengan membuat prakarya berupa lampu hias dari sisik ikan. Lampu hias dari sisik ikan pasti akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

Makanya, ide ini sangat cemerlang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu bisa menjual prakarya semacam ini di lokasi-lokasi wisata sebagai produk cinderamata atau merchandise. 

Meskipun produk kerajinan tangan lampu hias ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi, namun proses pembuatannya cukuobsulit. Bahkan, buat kamu yang masih pemula tidak disarankan untuk membuat jenis prakarya seperti ini. 

Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu mau belajar membuat lampu hias dari sisik ikan. Asalkan kamu harus tahu bagaimana cara membuatnya dan cara memilih sisik yang berkualitas untuk tempelan lampu hiasnya. 

Kerajinan Gelang dari Sisik Ikan

Kerajinan gelang sisik

Jenis aksesoris lainnya yang bisa kamu bikin dari sisik ikan adalah gelang. Target pasar kerajinan tangan gelang ini bisa menyasar pasar yang lebih luas. Bukan cuma perempuan, bahkan kamu bisa menjual produk unik ini untuk laki-laki. Sebab, gelang merupakan aksesoris umum yang bisa dipakai oleh siapa saja. 

Secara umum, gelang yang ada di pasaran terbuat dari bahan yang mainstream, yaitu plastik atau emas. Namun, pernahkah kamu melihat gelang yang terbuat dari sisik ikan nila? Ide prakarya ini cukup unik dan belum banyak beredar di pasaran. 

Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuat dan menjual produk gelang dari sisik ikan. Dengan begitu, kamu dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari berjualan produk gelang dari sisik ikan. 

Contoh Kerajinan Tanah Liat yang Mudah Dibuat

Ide Prakarya Jepit Rambut 

Jepit rambut

Kerajinan dari sisik ikan yang tak kalah unik dan menarik adlaja jepit rambut dari sisik ikan. Pasti kamu belum pernah menjumpai produk jepit rambut seperti ini kan? Makanya, segera manfaatkan kondisi ini untuk menjual produk jepit rambut dari sisik ikan. 

Buat kamu yang tertarik untuk membuat jenis kerajinan tangan dari sisik ikan, maka kamu harus membuatnya secara unik. Tonjolkan sisik ikan yang telah kamu bersihkan sebelumnya ke dalam produk gelang yang kamu bikin. Dengan begitu, orang-orang akan menjadi lebih tertarik untuk membeli produknya.