menata taman rumah di depan

Menata taman rumah sudah sepatutnya menjadi keperluan untuk menjaga estetika rumah secara keseluruhan. Di era lahan yang semakin mahal dan terbatas, Anda sebaiknya memanfaatkan sisa lahan taman depan rumah yang tersedia.

Menata taman depan rumah, walaupun kecil dan terbatas, bisa memberikan sentuhan yang segar dan asri pada penampakan depan rumah. Di samping menata taman agar terlihat indah, taman pun bisa berfungsi sebagai lahan untuk urban farming. Hasilnya pun bisa menjadi konsumsi bersama keluarga atau mendatangkan biaya.

Pilih dan Kelompokkan Tanaman

Jika Anda memiliki lahan yang luas, memang sangat memungkinkan untuk menanaminya dengan berbagai tumbuhan. Namun, jika halaman depan rumah cukup sempit, sebaiknya jangan asal menanam tanaman. Lahan yang sempit tentunya akan terlihat tidak menarik jika Anda memberikan tanaman yang besar seperti pohon palem.

Sebaiknya pilihlah tanaman-tanaman yang tidak akan merambat dan ukurannya cukup mini. Misalnya saja tanaman bunga-bungaan seperti melati, mawar, atau bahkan anggrek. Selain itu, Anda juga bisa menambah kesan hijau pada halaman dengan menanam rumput hijau di bagian halaman. Jika Anda ingin menanam tumbuhan yang bisa bermanfaat, maka bisa memperhitungkan tanaman bumbu dapur seperti daun pandan, daun salam, atau pohon cabai.

Menggunakan Pot Gantung

pot gantung

Anda juga bisa memakai pot gantung untuk menyimpan bunga atau tanaman hias kesayangan. Pot gantung berukuran kecil dapat membuat halaman terlihat lebih minimalis. Sementara itu, pot gantung berukuran besar cocok untuk tanaman hias yang rindang dan dapat membuat halaman terlihat lebih asri.

Karena lahan terbatas, menata taman rumah yang efektif bisa menggunakan solusi pot gantung yang sangat hemat tempat. Tanam tanaman hias dalam pot gantung dan cantolkan pada langit-langit teras rumah, dinding atau pagar taman. Variasi pot gantung yang cantik tentu akan membuat usaha menata taman depan rumah kian sukses.

Membuat Vertical Garden

vertical garden

Vertical garden bisa menjadi pilihan untuk halaman rumah dengan lahan yang sempit. Membuat vertical garden ini juga cukup mudah karena Anda hanya harus menata tanaman dengan wujud vertikal sehingga tidak akan membutuhkan banyak ruang di halaman. Vertical garden ini akan cocok untuk pagar atau dinding di depan rumah.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa tanaman yang sudah ada di dalam pot. Kemudian gantungkan pot tanaman tersebut secara vertikal di bagian dinding atau pagar. Selain tidak akan memakan banyak tempat, teknik vertical garden ini juga lebih mudah untuk dipindah-pindah. Jadi misalkan bosan dengan hiasan tanamannya, maka Anda bisa memindahkannya dan menggantikannya dengan tanaman yang baru.

Manfaatkan Sudut Rumah

corner garden

Menata taman depan rumah yang kecil bisa Anda siasati dengan memaksimalkan ruang sudut taman. Cara ini baik supaya taman kecil tetap terasa lenggang di bagian tengah, namun tetap ada suasana taman yang asri di setiap sudut taman depan rumah.

Taman kecil di sudut taman depan rumah boleh juga berhias dengan berbagai bunga, batu, dan tanaman hias. Misalnya bunga sepatu, bunga mawar, sukulen, serta batu alam menjadi satu kesatuan yang harmonis. Menata taman depan rumah tentu perlu diselaraskan jika ingin taman kering di depan rumah agar keseluruhan estetika taman tetap terjaga.

Pencahaayan Buatan Untuk Taman

menata taman rumah dengan lighting

Menata taman depan rumah bukan hanya soal lahan atau tumbuhan, tetapi dekorasi yang tepat. Lighting atau pencahayaan juga berpengaruh besar pada penampilan taman rumah.

Lampu pijar pada titik-titik strategis bisa menjadi kunci pencahayaan yang tepat agar taman depan rumah tidak terlihat sempit. Penerangan taman rumah tentu akan mempercantik tampilan rumah pada malam hari dan membantu memberikan ilusi luas pada taman rumah.

By Mita