tips akrab dengan teman kerja

Salah satu hal yang membuat kita nyaman saat bekerja adalah teman kantor yang sportif. Namun, terkadang kita sendiri yang sulit untuk mendekati orang lain dan menjalin hubungan akrab dengan mereka. Namun, tenang saja, kami memiliki beberapa tips akrab dengan teman kerja untuk kamu, terutama bagi kamu yang merupakan karyawan baru. 

Tips Akrab dengan Teman Kerja

Sebagai karyawan baru, kamu mungkin sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan kolegamu. Namun, akrab dengan mereka bukan hal yang terlalu sulit, kamu memiliki beberapa tips untuk membantumu menjalin hubungan baik dengan para karyawan. 

1. Sapa terlebih dahulu dan bersikap ramah

tips akrab dengan teman kerja

Salah satu alasan mengapa karyawan saling pasif adalah mereka yang saling menunggu. menunggu untuk disapa terlebih dahulu. Alasannya bukan karena sombong, tapi takut disangka sok akrab atau takut-takut karena kamu merasa bahwa kamu adalah orang asing. Hilangkan semua pikiran tersebut, mulailah menyapa terlebih dahulu dan bersikap ramah dengan siapapun. Tidak ada orang yang bisa mengabaikan sapaan dan senyuman ramah, mereka pasti membalasnya. 

2. Mendengarkan

Selai berbicara, mendengarkan adalah hal yang penting. Ini artinya kamu menyimak informasi dari lawan bicara sehingga miskomunikasi dapat diminimalisir. Kalian bisa membahas soal pekerjaan masing-masing. Jangan lupa untuk tidak terus bicara, tapi dengarkanlah teman kantormu juga. Ini akan membuatnya merasa nyaman dan merasa bahwa kamu mendengarkannya dengan seksama bukan sekedar obrolan terpaksa. 

BACA JUGA: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

3. Tunjukkan Apresiasi

tips akrab dengan teman kerja

Menghargai rekan kerja sejauh ini adalah cara terbaik untuk membangun hubungan yang sehat. Selalu tunjukkan penghargaan saat kolega membantu kamu soal urusan pekerjaan. Seseorang telah mencapai sesuatu yang lebih besar selama mereka tinggal di organisasi.

Ini akan membantu mereka meningkatkan semangat mereka, tetapi juga akan membantu kamu menjalin ikatan yang baik dengan karyawan lain.

4. Hargai orang lain

Tunjukkan nilai kepada orang lain dan pekerjaan yang mereka lakukan. Belajar menerima cara mereka melakukan tugas sehari-hari. Ketika kamu menghargai etika kerja mereka, hubungan kamu dengan orang lain akan meningkat ke tingkat yang positif dengan sendirinya. Tidak hanya itu, tips akrab dengan teman kantor ini berfungsi sebagai pendorong moral bagi orang lain, tetapi juga membantu kamu membangun reputasi yang baik dalam organisasi.

5. Sikap Positif

Tips akrab dengan teman kerja adalah dengan memiliki sikap positif. Kamu harus memiliki sikap yang disukai dan didekati oleh orang lain. Tidak peduli siapapun itu dalam organisasi, jika mereka memiliki sikap yang benar, maka itu menjadi menarik. Orang lebih cenderung berbicara dan terikat dengan mereka yang menunjukkan sikap positif.

Ketika kamu menunjukkan kepositifan, hal itu juga tercermin pada orang lain. Selain itu, mereka juga akan lebih mudah untuk mendekatimu karena kepribadian dan sikap positif yang kamu miliki. 

BACA JUGA: Tips Produktif Selama WFH, Kerja Tetap Optimal!

By Intan