Gourmetamigurumi.com – Cara mengirimkan lamaran kerja melalui email. Seiring perkembangan teknologi, kamu semakin di mudahkan dalam melakukan semua hal. Salah satunya adalah saat ingin melamar pekerjaan di mana kamu bisa mengirimkan surat melalui email. Sehingga tidak mengharuskan kamu untuk datang langsung ke kantor dan bisa di jangkau bahkan jika jarak jauh sekalipun.

Cara mengirimkan lamaran melalui email memang terbillang cukup mudah dan praktis. Namun tentunya kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal penting di dalamnya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang bisa saja menjadi nilai min pada lamaran yang kamu ajukan.

lamaran kerja melalui email

Jika kamu masih kebingungan, berikut ini beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk melamar pekerjaan melalui email.

1. Siapkan dokumen yang di butuhkan

Sebelum mengirimkan lamaran melalui email, pastikan semua dokumen yang di butuhkan sudah siap. Perhatikan dokumen penting yang sekiranya di butuhkan oleh perusahaan. Jika dalam surat lamaran tidak tertera dokumen apa saja yang di perlukan, sebagai alternatifnya kamu bisa mempersiapkan beberapa dokumen di bawah ini :

  • Surat lamaran kerja.
  • CV yang menarik.
  • Scan dokumen pendukung seperti kartu identitas, ijazah, transkrip nilai, dan pas photo terbaru.

Sebaiknya untuk mengirimkan dokumen dengan kualitas file yang baik dengan ukuran yang tidak kecil dan tidak besar. Hindari juga untuk melakukan editing pada file asli.

2. Gunakan alamat email yang profesional

2. Gunakan alamat email yang profesional

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan saat ingin mengirimkan lamaran melalui email adalah dengan menggunakan alamat email profesional. Email profesional sendiri bisa di artikan dengan email yang menggunakan nama asli. Oleh karena itu sebaiknya untuk menghindari penggunaan nama samaran alias nama palsu.

Kamu bisa membuat email baru dengan mudah baik melalui Gmail maupun Yahoo. Bahkan proses pembuatannya juga mudah dan gratis.

3. Hindari kesalahan pada alamat email tujuan

Merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan adalah dengan memastikan alamat email yang akan dikirimkan sudah benar. Hal ini tentunya akan di anggap fatal jika kamu mengirimkan surat lamaran melalui email perusahaan yang salah. Selain itu sudah bisa di pastikan kamu tidak akan mendapatkan panggilan karena perusahaan yang di tuju tidak menerima email yang sudah kamu kirimkan.

4. Perhatikan waktu pengiriman

4. Perhatikan waktu pengiriman

Meskipun kamu tidak perlu datang langsung ke kantor saat ingin mengajukan lamaran pekerjaan. Namun penting juga untuk bisa memperhatikan waktu saat mengirimkan lamaran melalui email. Sebaiknya mengirimkan lamaran di jam kerja yakni antara jam 09.00 – 16.00. Selain itu hindari mengirim lamaran saat jam istirahat untuk membuat kamu menjadi seseorang yang lebih profesional.

5. Ketahui standar pengiriman lamaran melalui email

Dalam mengirimkan lamaran di email, tentunya ada beberapa standar yang harus di penuhi untuk mendapatkan penilaian positif dari HRD. Berikut standar ketentuan mengirimkan lamaran melalui email :

  • Nama email penerima yang di tuju
  • Cc penerima
  • Subjek
  • Badan email
  • Lampiran yang di perlukan

Pastikan untuk menuliskan semuanya dengan kata yang formal dan dalam penulisan yang benar. Hindari melakukan kesalahan terutama saat menuliskan nama perusahaan.

6. Tidak menggunakan format zip dan rar

Menjadi hal yang harus di hindari saat kamu mengirimkan lamaran melalui email adalah dengan menggunakan format zip dan rar. Di mana format tersebut merupakan bentuk file kompres yang memungkinkan ukurannnya jauh lebih kecil. Namun hal ini tentunya akan membuat HRD menjadi kesulitan saat membuka dokumen lamaran yang kamu ajukan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan saat ingin mengajukan lamaran kerja melalui email. Pastikan kamu mempraktekkan beberapa cara di atas agar peluang mendapat panggilan kerja menjadi lebih besar. Selain itu mengirimkan surat lamaran melalui email bisa di lakukan dengan lebih praktis dan tidak mengeluarkan banyak biaya.***