Gourmetamigurumi.com – Lamaran kerja tulis tangan. Dalam melamar pekerjaan sebenarnya bisa saja kamu membuat surat lamaran kerja dengan dalam bentuk ketikan. Namun tidak sedikit perusahaan yang meminta calon pelamar untuk mengajukannya dengan tulis tangan. Oleh karena itu membuat lamaran kerja di tulis tangan harus lebih berhati-hati untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan.

lamaran kerja tulis tangan

Cara membuat surat lamaran kerja tulisan tangan

Ada beberapa poin yang harus di perhatikan saat ingin menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Bagaimana tidak, bahkan jika salah sekali saja, maka kertas harus di ganti dan kamu akan membuat ulang menulis dari awal. Tentu hal ini akan sangat merepotkan dan memakan banyak waktu.

Untuk itu sebelum menulis surat lamaran kerja, maka kamu harus menyiapkan kerangka atau draftnya terlebih dahulu.

Pastikan surat lamaran kerja yang di tulis memberikan kesan baik mulai dari segi tata bahasa, ejaan, bahkan hingga struktur surat yang sistematis.

lamaran kerja tulis tangan

Adapun beberapa bagian yang ada dalam surat lamaran kerja di antaranya adalah :

1. Tanggal dan tempat penulisan surat

Menjadi elemen pertama yang biasanya ada dalam surat lamaran kerja. Penempatan tanggal dan tempat penulisan surat sebaiknya tidak di singkat dan di letakkan pada bagian kanan atas atau kiri pada kertas folio.

Seperti contoh : Jakarta, 02 Januari 2023.

2. Alamat perusahaan yang dituju

Di sarankan agar menuliskan kata-kata Yang Terhormat sebelum nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja. Berikut ini contoh penulisannya yang benar :

Kepada Yang Terhormat,
Pimpinan PT Makmur Sentosa
Di,
Jalan Padjajaran No.1
Jakarta Timur, DKI Jakarta 66452

3. Pembuka Surat

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan dalam membuat surat lamaran kerja adalah dengan membuat bagian pembuka. Pembukaan surat, sebaiknya di buat untuk ucapan salam dengan menggunakan kata yang formal agar memberikan kesan resmi.

Jika menggunakan bahasa Indonesia maka kamu bisa memanfaatkan kata Dengan Hormat. Kemudian jika menggunakan bahasa Inggris, maka kamu bisa memanfaatkan kata Dear Hearing Manager. Berikut adalah contohnya :

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang ada di PT Makmur Abadi, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja sebagai Content Creator di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.

4. Informasi Pribadi

Pada bagian informasi pribadi, kamu bisa mencantumkan beberapa point seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, dan kontak. Selain itu kamu juga bisa menceritakan beberapa pencapaian sekaligus pengalaman yang sudah di dapatkan sebelumnya. Berikut ini adalah contohnya :

Saya Dewi Agung yang merupakan lulusan Teknik Sipil pada tahun 2023 pada Universitas Gadjah Mada ….

5. Pengalaman kerja, kemampuan, dan skill yang dimiliki

Langkah berikutnya yang harus di lakukan untuk membuat surat lamaran kerja bertulis tangan adalah dengan mencantumkan pengalaman kerja, kemampuan, sekaligus skill yang di miliki.

Pada bagian ini, kamu bisa menyebutkan secara detail apa saja pengalaman dan skill yang di miliki terutama berhubungan dengan pekerjaan yang di lamar. Hal ini di lakukan agar bisa menjadi pertimbangan HRD dalam menerima calon kandidat.

lamaran kerja tulis tangan

6. Penutup Surat

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah menuliskan bagian penutup. Di mana kamu bisa menulis beberapa harapan untuk di pertimbangkan dan mendapatkan kesempatan agar pihak HRD bisa melanjutkan proses lamaran ke jenjang berikutnya.

Selain itu jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih karena pihak HRD sudah berkenan membaca surat lamaran. Terakhir kamu bisa menutup dengan tanda tangan yang di sertai dengan nama lengkap.

Nah itulah beberapa cara bikin surat lamaran kerja tulis tangan yang mudah untuk dilakukan. Pastikan kamu menggunakan kertasi folio atau HVS bergaris dengan ukuran A4. Kemudian saat menulis surat lamaran, sebaiknya untuk menggunakan tinta pena berwarna hitam agar terlihat lebih profesional.

Baca Juga :

***