Site icon Creative Blog And Tips

9 Penyebab Terjadinya Sakit Perut Sebelah Kiri

Gourmetamigurumi.com – Penyebab sakit perut sebelah kiri. Sakit perut mungkin sering di rasakan oleh sebagian orang. Namun dalam beberapa kejadian, sakit perut hanya di rasakan pada titik tertentu saja. Hal tersebut kemungkinan besar akan berkaitan dengan organ yang berada di bawah perut. Lalu bagaimana jika kamu mengalami sakit perut bagian kiri?

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai penyebab nyeri perut sebelah kiri yang sering kali terjadi. Berikut ulasannya yang telah di rangkum dari berbagai sumber.


Gejala sakit perut sebelah kiri

Untuk kamu ketahui, perut sebelah kiri terdapat 2 bagian yang berbeda – beda. Pada perut sebelah kiri bagian atas menjadi tempat untuk beberapa organ dalam tubuh seperti lambung, limpa, pankreas, bagian kiri hati, ginjal kiri, dan juga kelenjar adrenal. Sedangkan pada perut sebelah kiri bawah menjadi tempat untuk usus besar dan ovarium.

Secara umum nyeri perut sebelah kiri bisa di sebabkan oleh beberapa hal. Selain itu sebenarnya rasa nyeri pada perut bagian kiri tidak berbahaya. Terlebih jika tidak di sertai dengan gejala lainnya yang mungkin akan mengganggu. Namun jika kondisi sakit perut bagian kiri kamu rasakan secara terus – menerus, maka jalan terbaik yang harus kamu lakukan adalah dengan mendapatkan bantuan medis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa keluhan lain yang tidak boleh di abaikan jika di rasakan bersamaan dengan sakit perut bagian kiri di antaranya adalah demam, mual, muntah, pembengkakan pada perut, buang air besar yang mengeluarkan darah, penurunan berat badan drastis, perubahan warna kulit, hingga perut yang terasa keras.


Penyebab sakit perut sebelah kiri

Dalam beberapa kondisi, sakit perut bisa di sebabkan oleh beberapa hal yakni :

1. Gas yang terjebak dalam usus

Proses pencernaan makanan tentunya menghasilkan gas yang di mana jika gas tersebut terjebak dalam usus maka akan menyebabkan sakit perut sebelah kiri.

2. Gastritis

Kondisi ini biasanya terjadi karena produksi asam lambung yang berlebih, infeksi bakteri, atau di karenakan kamu mengkonsumsi obat NSAID. Biasanya sakit perut yang di sebabkan oleh Gastritis adalah sakit perut sebelah kiri, mual, bahkan perut akan terasa penuh. Untuk mengatasinya kamu bisa makan agar kondisinya bisa pulih dengan baik.

3. Pankreatitis akut

Penyebab lainnya yang sering terjadi jika kamu merasakan sakit perut bagian kiri adalah Pankreatitis Akut. Di mana dalam kondisi ini kemungkinan pankreas mengalami peradangan secara mendadak. Selain itu biasanya nyeri akan terjadi pada perut bagian atas yang akan menjalar ke punggung.

4. Iritasi usus besar (IBS)

Penyebab sakit perut bagian kiri lainnya bisa jadi di karenakan iritasi yang terjadi pada usus besar. Di mana gejala ini merupakan gangguan pencernaan seperti meningkatnya frekuensi buang gas. Biasanya kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah gerak usus seperti diare dan sembelit.

5. Angina

Merupakan istilah untuk nyeri dada yang muncul karena kurang aliran darah ke otot jantung. Angina sendiri biasanya akan menimbulkan nyeri pada perut kiri atas. Tidak hanya itu saja, bahkan dalam beberapa kondisi, Angina menimbulkan sensasi seperti dada yang di remas, bahkan hingga nyeri dada yang menusuk.

6. Hernia

Merupakan kondisi saat usus atau jaringan lunak lainnya mampu menembus dinding otot perut yang lemah. Di mana tonjolannya menyebabkan nyeri pada perut sebelah kiri. Terlebih jika kamu sedang batuk, membungkuk, bahkan saat mengangkat benda berat.

7. Kolitis ulseratif

Peradangan usus besar yang juga di sebut sebagai Kolitis Ulseratif di mana hal ini bisa menjadi pemicu nyeri perut sebelah kiri. Bahkan lebih dari itu, biasannya kondisi ini menyebabkan penurunan berat badan, demam, diare yang di sertai dengan feses berdarah dan berlendir.

8. Penyakit refluks asam lambung (GERD)

GERD sendiri merupakan kenaikan asam lambung lebih dari 2 kali dalam seminggu. Dimana gejala yang terjadi biasanya adalah sakit perut, panas, hingga nyeri pada ulu hati.

9. Kista ovarium

Sakit perut sebelah kiri yang disebabkan oleh kista ovarium biasanya berisi cairan yang terbentuk pada permukaan atau bahkan didalam ovarium itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus, kista sendiri tidak menimbulkan gejala apapun. Namun jika kista menjadi pecah tentunya akan menyebabkan nyeri perut sebelah kiri yang terbilang cukup parah.


Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri

Jika kamu mengalami nyeri perut sebelah kiri, ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasinya. Jika tidak bisa hilang sepenuhnya namun paling tidak bisa membantu meringankan rasa sakitnya sementara waktu. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Jika masalah sakit perut tidak juga berkurang bahkan menjadi lebih parah, sebaiknya untuk kamu mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit perut sebelah kiri. Pastikan untuk tidak menyepelekan kondisi tertentu pada organ tubuh yang dianggap mengganggu.***

Exit mobile version