Gourmetamigurumi.com – Pengertian kolase dan cara membuatnya. Setiap karya seni tentunya di buat dengan berbagai macam teknik sehingga memberikan hasil yang beragam seperti salah satunya adalah kolase. Mungkin sebagian dari kamu juga sudah tidak asing lagi dengan istilah kata kolase. Nah pada artikel kali ini akan di bahas mengenai pengertian kolase beserta jenis, unsur, dan cara membuatnya. Simak ulasan berikut !

Apa itu Kolase

Kolase merupakan komposisi artistik yang di buat dengan menggunakan berbagai bahan seperti kain, kertas, atau kayu dengan cara di tempelkan pada permukaan gambar. Dengan kata lain, kolase berarti menempelkan bahan selain cat seperti kertas, kain, kaca, atau logam yang di padukan dengan penggunaan cat dan berbagai teknik lain.

Berdasarkan sejarahnya, kolase sendiri awalnya di gunakan di China tepatnya sekitar 200 SM saat sudah ada kertas. Kemudian seiring berjalannya waktu, seni kolase semakin populer di Jepang pada abad ke 10 saat para ahli kaligrafi mulai menggunakan kertas dan teks yang direkatkan ke permukaan saat menulis puisi.

pengertian kolase dan cara membuatnya

Jenis – Jenis Kolase

Berbicara mengenai Kolase, ada beberapa jenis kolase yang di bagi menjadi beberapa aspek mulai dari segi fungsi, dimensi, gaya, dan material.

1. Kolase berdasarkan Fungsi

Dari segi fungsi, kolase sendiri di bagi menjadi beberapa jenis yakni seni rupa murni, dan seni rupa terapan. Di mana seni rupa murni memiliki arti yakni sebuah karya seni yang di buat oleh seniman dengan tujuan untuk mencapai nilai artistik. Kemudian pada seni rupa terapan adalah karya seni yang di buat oleh seniman untuk memenuhi kebutuhan yang praktis.

2. Kolase berdasarkan dimensi

Dari segi dimensi, kolase di bedakan menjadi 2 yakni kolase 2 dimensi dan kolase 3 dimensi. Kemudian setiap karya seni yang di hasilkan juga akan berbeda.

3. Kolase berdasarkan gaya

Selanjutnya dari segi gaya, kolase di bedakan menjadi representatif dan non representatif. Di mana representatif berarti menggambarkan suatu bentuk nyata yang bentuknya masih bisa di kenali. Kemudian kolase non representatif sendiri di buat tanpa menunjukkan bentuk aslinya alias abstrak.

4. Kolase berdasarkan bahan

Dari segi bahan, kolase di buat dengan menggunakan berbagai bahan yang nantinya akan di rekatkan pada berbagai jenis permukaan seperti kayu, plastik, kaca, kertas, keramik, gerabah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

pengertian kolase dan cara membuatnya

Unsur -Unsur Kolase

Selain jenis dari kolase, ada beberapa unsur kolase yang juga penting untuk diketahui. Berikut ini beberapa unsur yang ada dalam kolase untuk diketahui :

1. Titik dan Bintik

Titik sendiri merupakan unit elemen visual terkecil yang tidak memiliki panjang dan lebar. Sedangkan bintik adalah titik yang memiliki bentuk sedikit lebih besar. Selain itu elemen titik pada kolase dapat dibentuk dari butiran pasir laut. Berbeda dengan bintik yang dapat terbentuk dari lada, biji kecil, dan lain sebagainya.

2. Garis

Merupakan perpanjangan dari titik yang memiliki panjang tetapi relatif dan tidak memiliki lebar. Kemudian di lihat dari jenisnya, garis di bedakan menjadi beberapa jenis seperti garis lurus, lengkung, putus-putus, dan garis spiral.

3. Bidang

Merupakan unsur visual yang terjadi karena pertemuan beberapa garis. Di mana bidang sendiri di bagi menjadi bidang horizontal, vertikal, dan juga melintang. Kemudian elemen bidang dalam karya seni kolase bisa di hasilkan berupa bidang datar atau 2D dan juga bisa bidang volume atau 3D.

4. Warna

Unsur lainnya yang ada dalam kolase adalah warna. Merupakan salah satu elemen visual yang tidak kalah penting dan menjadi bentuk dari keindahan yang tentunya bisa di rasakan. Dari segi unsur warna pada kolase di bagi menjadi beberapa yakni primer, sekunder, dan tersier. Selain itu unsur warna dalam kolase bisa di wujudkan dari cat, pita, renda, kertas berwarna, atau kain warna lainnya.

pengertian kolase dan cara membuatnya

Cara membuat kolase

Sebelum mengetahui cara membuat kolase, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dulu alat dan teknik kolase. Ada beberapa peralatan yang di perlukan dalam membuat kolase seperti :

  • Alat potong seperti pisau, gunting, cutter, dan sebagainya.
  • Bahan perekat seperti lem, jarum dan benang jahit.
  • Memilih teknik kolase yang ingin digunakan seperti teknik sobek, rangkai, lem, jahit, dan lainnya.
  • Tumpang tindih atau saling tutup.
  • Penataan ruang.
  • Pengulangan atau repetisi.

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat untuk membuat kolase, langkah awal yang harus di siapkan adalah tema atau konsep dari kolase yang ingin di buat. Kemudian kamu bisa menempelkan bahan pada permukaan kolase menggunakan perekat yang sudah di pilih. Untuk menghasilkan karya seni kolase yang mengagumkan, tentu di butuhkan imajinasi yang sekaligus menjadi faktor utama.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian kolase, jenis, unsur, sekaligus cara membuatnya. Pastikan kamu memiliki konsep yang apik agar bisa memberikan hasil karya seni kolase yang ajaib.

Baca Juga :

***