Prakarya serat alam

Buat kamu yang suka membuat prakarya buatan tangan, maka buatlah prakarya serat alam sekali-sekali. Cara ini bisa memunculkan ide kreatif dan meningkatkan daya jual produk yang kamu buat. Lantas, apa saja ide kreatif yang bisa kamu buat dari bahan serat alam

Prakarya Serat Kelapa

Prakarya serat kelapa

Serat alam merupakan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan. Salah satu bahan serat yang bagus untuk kerajinan adalah serat kelapa. Dengan menggunakan serat kelapa, kamu bisa membuat prakarya berupa boneka, hiasan laci, atau lukisan. 

Bahan baku serat kelapa juga multifungsi. Kamu bisa membuatnya sebagai bahan kerajinan, namun bisa juga kami manfaatkan untuk membuat tali. Nah, tali berbahan dasar serat kelapa ini cukup kuat untuk menahan beban. 

Kerajinan Serat Daun Nanas

Serat daun nanas

Selanjutnya ada bahan dasar dari serat daun nanas. Tahu nggak, ternyata daun nanas memiliki serat yang bisa kamu pakai sebagai bahan membuat prakarya serat alam. Nah, serat dari dedaunan ini cukup mudah kamu temukan di Indonesia. 

7 Alasan Mengapa Memulai Bisnis Handicraft?

Karena itulah, daripada bahan alami seperti ini terbuang sia-sia dan menjadi limbah, lebih baik kamu manfaatkan menjadi produk. Selain bisa menanggulangi limbah daun nanas, cara ini juga bisa meningkatkan nilai jual produk kerajinan dari serat daun nanasnya. 

Olahlah limbah daun nanas menjadi serat yang serat yang kuat namun juga lembut saat kamu tenun. Ide kreatif ini bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk membuat tas, gorden, jala ikan, dan sebagainya. 

Prakarya Serat Pohon Pisang

Serat pohon pisang

Sebagai negara dengan panen pisang terbesar ke-7 di dunia, kamu harus bisa memanfaatkan limbah pisang menjadi produk kerajinan. Banyaknya limbah pohon pisang yang terbuang justru bisa menjadi limbah yang mencemari lingkungan. 

Itu sebabnya, manfaatkan limbah pohon pisang untuk membuat produk bernilai jual tinggi. Dari pohon pisang, kamu bisa mengolahnya menjadi sebuah serat yang kuat. Nah, serat ini bisa kamu olah lagi menjadi produk seperti sandal, lukisan, dompet, hingga tas keranjang. 

Kemudian, hasil kerajinan tangan dari serat pohon pisang ini kamu jual ke media sosial atau dari mulut ke mulut. Supaya cepat laris, buatlah produk kerajinan berkualitas tinggi agar banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produknya. 

Kerajinan Tangan dari Serat Sutra

Prakarya serat sutra

Apa yang pertama kali muncul pada benakmu saat mendengar nama sutra? Sutra identik dengan seratnya yang lembut. Makanya, harga jual serat sutra cukup mahal karena bahannya bagus untuk memproduksi pakaian berkualitas bagus. 

Bukan cuma bagus untuk membuat pakaian, serat sutra juga bisa kamu gunakan sebagai bahan membuat prakarya serat alam. Serat sutra berasal dari serat-serat kepompong ulat murbei. Ulat jenis ini banyak dikembangbiakkan menjadi ternak untuk memproduksi sutra. 

Nah, kamu pun dapat membuat kerajinan tangan dengan nilai jual mahal bila memakai bahan serat ini. Misalnya saja, kamu membuat gulungan kain atau boneka dari serat sutra. Kemudian, jual produk kerajinan tersebut pada pembeli dengan nilai yang tinggi. 

Kerajinan dari Serat Rami

Serat rami

Serat rami yang berasal dari tanaman Boehmeria nivea ini memang cukup banyak dipakai untuk membungkus mumi. Cara seperti biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang China. Lantas, bagaimana dengan orang-orang Indonesia? 

Di Indonesia, pemanfaatan serat rami bermula sejak era penjajahan Belanda. Sampai sekarang, serat rami masih bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa kerajinan tangan. Misalnya saja untuk membuat kanvas, jala, atau sebagai bahan baku pakaian.