bisnis handicraft

Banyak dari Anda yang memiliki hobi dan kemampuan dalam bidang kerajinan tangan. Ada berbagai jenis kerainan tangan yang ada di dunia ini. Mulai dari menjahit, membuat gantungan kunci, hiasan dinding, tenpat, pensil, keramik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi apakah Anda menyadari bahwa kerajinan tangan dapat menjadi sumber bisnis handicraft yang menjanjikan.

Sebagai salah satu industri kreatif, usaha kerajinan tangan memiliki potensi yang besar. Pelaku industri kerajinan tangan bisa meningkatkan nilai ekspor sekaligus membuka lapangan kerja baru. Untuk itu, selain berkembang secara offline, para pelaku usaha ini juga perlu beradaptasi dengan ekosistem online. Biasanya bisnis handicraft bermula dari hobi. Namun, ada juga faktor lain yang menjadi alasan mengapa Anda perlu memulai bisnis di sektor ini.

1. Harga Yang Kompetitif

Selain peminat, pelaku bisnis kreatif juga bisa menawarkan produk dengan harga bersaing. Tentunya harga suatu produk akan mengikuti dengan tingkat kesulitan pembuatan dan kualitas bahan untuk menghasilkan pekerjaan tersebut. Detail dan kerumitan pembuatan juga sangat penting untuk menunjang hal tersebut.

Selain itu, harga sebuah kerajinan juga menyesuaikan dengan jika kerajinan tersebut termasuk dalam kategori edisi terbatas, atau bahkan hanya tersedia satu item.

2. Fleksibel Untuk Dikelola

handicraft

Bisnis handicraft bisa Anda mulai secara fleksibel. Anda bisa menyesuaikan diri dengan kesibukan Anda. Jika misalnya Anda masih memiliki kegiatan lain, Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Selain itu, bisnis ini juga bisa Anda jalankan secara full time sehingga menjadi sumber penghasilan utama Anda. Karena fleksibilitas itulah bisnis ini menarik untuk mulai menggelutinya.

3. Menambah Pengalaman Sebagai Pengrajin dan Pengusaha

Jika Anda sudah memiliki ketrampilan membuat kerajinan seni, maka ketrampilan tersebut bisa Anda gunakan untuk memulai usaha. Ada berbagai keterampilan seni yang berpotensi menjadi peluang bisnis. Beberapa di antaranya seperti menjahit, merajut, melukis, membuat perawatan kulit secara handmade, membuat lilin, hingga mematung. Keterampilan tersebut mampu menghasilkan berbagai produk kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Anda bisa mulai mendatangkan uang dengan menjual barang produk kerajinan yang biasanya sejalan dengan hobi.

4. Menjalankan Berbagai Kegiatan Kreatif Usaha Kerajinan

pembicara kerajinan kreatif

Anda bisa melakukan berbagai hal di bidang kerajinan. Menjalankan bisnis kerajinan tangan pada dasarnya lebih dari sekedar mengikuti passion Anda. Berbagai hal bermanfaat lainnya bisa Anda lakukan, seperti mengadakan workshop bagi orang-orang yang berminat membuat kerajinan tangan, membuat berbagai dekorasi untuk penghias tempat usaha, hingga menghasilkan berbagai karya seni yang memuaskan.

5. Permintaan Pasar Yang Cukup Tinggi

Sektor seni kriya memiliki potensi pasar yang beragam, seperti masyarakat yang membeli kerajinan sebagai dekorasi hingga masyarakat yang memiliki minat tinggi terhadap karya tertentu. Oleh karena itu, sektor seni dan kerajinan merupakan salah satu sektor yang potensial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, pelanggan dan penjual dapat dengan mudah terhubung melalui platform online seperti e-commerce dan media sosial.

6. Potensial Untuk Dikembangkan

Sebagai seniman, Anda juga bisa menggali berbagai potensi untuk mengembangkan kemampuan dan nilai jual seni. Beberapa di antaranya menggunakan berbagai peralatan, bahan baku, kain, dan teknik. Saat ini, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan terjangkau.

Produk kerajinan seni yang Anda buat pada dasarnya bisa menjadi sumber penghasilan. Anda bisa memulai dari bisnis UMKM dan menawarkannya kepada para peminat kerajinan. Tentunya butuh waktu untuk melakukan persiapan, mulai dari menawarkan contoh kerajinan tangan hingga membuat branding produk.

7. Kemudahan Transaksi Jarak Jauh

bisnis handicraft online

Pengusaha kerajinan memang membuat produknya sendiri sesuai keahlian masing-masing. Namun, bukan berarti Anda tak perlu memanfaatkan teknologi. Ketika Anda harus berurusan dengan pelanggan dari luar kota, Anda pasti membutuhkan solusi pembayaran jarak jauh. Saat ini banyak fitur pembayaran online yang tersedia. Melalui link pembayaran yang Anda kirimkan, pelanggan dapat bertransaksi secara online melalui kartu debit / kredit mereka.

Itulah beberapa keuntungan dari bisnis handicraft yang dapat Anda jalankan untuk Anda yang memiliki hobi dan skill ini.

By Mita