Gambar Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap dengan Penjelasan

Gourmetamigurumi.com – Gambar jaring bangun ruang. Jaring-jaring bangun ruang adalah sebuah pemetaan atau pembelahan yang terjadi pada bangun ruang tertentu. Dimana jika di satukan biasanya akan membentuk sebuah bangun ruang. Selain itu setiap bangun ruang tentunya memiliki jaring yang berbeda-beda berdasarkan sisi pembentukannya. Mengetahui bagaimana jaring-jaring bangun ruang memudahkan kamu untuk bisa mengidentifikasi sekaligus memahami ciri dari sebuah bangun ruang.

Membahas tentang bangun ruang, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan sekaligus gambar jaring-jaring secara langkap. Simak ulasan berikut !

Gambar jaring-jaring bangun ruang

Seperti yang kita tahu, bangun ruang memiliki beragam jenisnya mulai dari kubus, balok, kerucut, limas, prisma, tabung, bola, dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun untuk gambar jaring-jaring bangun ruang di antaranya adalah :

1. Kubus

Merupakan bangun ruang yang memiliki 12 rusuk dan 6 sisi. Selain itu bentuk dari kubus sendiri adalah persegi atau bujur sangkar. Jaring-jaring kubus sendiri terdiri dari sisi, titik sudut, rusuk, diagonal bidang dan ruang.

Berikut adalah gambarnya :

gambar jaring bangun ruang

2. Balok

Sebenarnya hampir sama dengan kubus, hanya di mana memiliki 12 rusuk dan 6 sisi. Hanya saja yang membedakan adalah balok memiliki sisi yang berbentuk persegi panjang. Selain itu pada jaring-jaring balok juga terdiri dari sisi, rusuk, titik sudut, diagonal bidang dan ruang. Berikut adalah gambarnya :

gambar jaring bangun ruang

3. Kerucut

Jika kamu mengetahui topi ulang tahun atau bentuk dari nasi tumpeng. Keduanya memiliki bentuk kerucut yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan sisi berbentuk juring atau lengkungan. Selain itu pada jaring-jaring kerucut terdiri dari beberapa unsur yakni selimut kerucut, bidang alas kerucut, diameter bidang alas, jari-jari bidang alas, tinggi, dan garis pelukus. Di bawah ini adalah jaring-jaring dari kerucut :

gambar jaring bangun ruang

4. Limas segitiga

Bangun ruang selanjutnya adalah limas segitiga. Di mana sesuai dengan namanya, bangun ruang yang satu ini memiliki alas berbentuk segitiga. Selain itu pada jaring-jaring limas segitiga terdiri dari sisi berbentuk segitiga. Adapun gambar dari jaring-jaring limas segitiga adalah :

gambar jaring bangun ruang

5. Limas segiempat

Memiliki unsur yang serupa dengan limas segitiga, hanya saja yang membedakan adalah bagian alas yang berbentuk segiempat atau persegi. Sedangkan pada bagian sisi memiliki bentuk sama seperti sebelumnya yakni segitiga. Untuk contoh gambarnya sendiri bisa dilihat dibawah ini :

gambar jaring bangun ruang

6. Limas segilima

Membuat jaring-jaring limas segilima sangatlah mudah yakni hanya membentuk gambar berupa bintang. Limas segilima juga sama dengan limas sebelumnya dengan sisi segitiga. Hanya alasnya berbentuk segilima dan sisinya disesuaikan dengan alas yakni berjumlah 5. Berikut adalah contoh gambar jaring-jaring limas segilima :

gambar jaring bangun ruang

7. Prisma segitiga

Berbeda dengan istilah limas, prisma memiliki alas yang sama dengan sisi. Seperti pada prisma segitiga, jaring-jaringnya memiliki sisi alas dan sisi atas berbentuk sehitiga. Hanya saja pada bagian sisi selimutnya berbentuk persegi panjang. Selain itu jaring-jaring prisma segitiga terdiri dari 2 jenis bangun datar yakni 2 bangun segitiga dan 3 bangun persegi panjang. Berikut adalah contoh gambarnya :

7. Prisma segitiga

8. Prisma segiempat

Pada bangun ruang prisma segiempat memiliki sisi alas dan sisi atas berbentuk segiempat. Dimana pada jaring-jaring prisma segiempat sendiri memiliki bentuk segi empat dengan 6 sisi. Adapun jaring-jaring dari prisma segiempat bisa dilihat dari contoh gambar dibawah ini :

prisma segiempat

9. Prisma segilima

Prisma segilima adalah bangun ruang yang memiliki sisi alas dan sisi atas berbentuk segilima. Untuk jaring-jaring dari bangun ruang ini terdiri dari 2 jenis bangun datar yakni 5 bangun persegi panjang dan 2 bangun segilima. Berikut ini adalah gambar dari jaring-jaring prisma segilima :

prisma segilima

10. Tabung

Gambar jaring-jaring selanjutnya adalah tabung. Dimana tabung sendiri memiliki bangun ruang tiga dimensi dengan sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran. Kemudian pada bagian sisinya diselimuti persegi panjang. Selain itu jaring-jaring tabung memiliki unsur yang terdiri dari rusuk tabung, sisi alas tabung, sisi atas tabung, selimut tabung, tinggi, jari-jari, dan diameter.

Tabung

11. Bola

Bola merupakan bangun ruang 3 dimensi yang memiliki sisi lengkung dan dibentuk oleh 1 bidang lingkung. Selain itu bola juga memiliki titik pusat. Adapun jaring-jaring bola tersusun dari unsur bola yakni sisi, jari-jari, titik pusat, dan diameter.

Bola

Nah itulah beberapa contoh sekaligus penjelasan dari gambar jaring bangun ruang. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang ingin mengetahui tentang bangun ruang.

Baca Juga :

***