Cara membuat bangun ruang menggunakan karton

Apakah membuat bangun ruang menggunakan karton sulit untuk dilakukan? Jawabannya tentu tidak, asalkan kamu tahu bagaimana cara menggambar pola jaring-jaringnya. Jika kamu sudah mengetahui polanya, maka cara membuatnya pun akan terasa lebih mudah. 

Ada beberapa jenis bangun ruang yang populer. Mulai dari kubus, balok, kerucut, hingga prisma. Jenis-jenis bangun ruang tersebut pasti sudah sering kamu temukan dalam bentuk benda atau apapun. Nah, jika kamu mau membuat bangun ruang seperti itu, maka lakukan tipsnya seperti berikut: 

Cara Membuat Bangun Ruang Kubus dari Karton

Cara membuat kubus menggunakan karton

Untuk membuat bangun ruang menggunakan karton berbentuk kubus, kamu hanya perlu menggunakan enam buah persegi dengan ukuran yang sama besar. Nah, ada banyak jenis jaring-jaring kubus yang bisa kamu pakai. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan selera kamu sendiri. 

Hal pertama yang mesti kamu lakukan saat menggambar pola jaring-jaring kubus adalah menyiapkan pensil, penggaris, dan gunting. Gambarlah jaring-jaring tersebut di atas kertas karton polos. Setelah itu, potong jaring-jaring sesuai pola yang sudah kamu gambar menggunakan gunting. 

Lalu tekuk bagian dengan pola garis putus-putus. Tekuklah sesuai dengan bentuk kubusnya. Lalu, jaring-jaring kubus pun sudah jadi dan bisa kamu pakai untuk berbagai macam hal. Jika kamu merasa kesulitan membuat jaring-jaring kubus, kamu bisa meminta bantuan yang lebih ahli. 

Cara Bikin Balok dari Karton

Jaring-jaring balok

Bagaimana dengan cara bikin jaring-jaring balok? Jaring-jaring balok terkenal lebih variatif dari segi pola gambarnya. Hal ini terjadi karena jaring-jaring balok terdiri dari persegi panjang dan persegi sebagai polanya. 

Sama seperti jaring-jaring kubus, jaring-jaring balok juga identik dengan ruang balok tapi dengan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, untuk membuat jaring-jaring balok, kamu perlu menggambar polanya terlebih dahulu. 

Setelah itu, barulah kamu gunting polanya sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat. Hati-hati untuk tidak memotong semua garis yang sudah kamu gambar tadi. Sebab, ada beberapa garis yang tidak perlu dipotong dan cuma perlu ditekuk saja. 

Cara Membuat Jaring-jaring Kerucut dari Karton

Bikin kerucut menggunakan karton

Setelah belajar tentang bagaimana cara membuat balok dari karton, kini kamu bisa belajar membuat jaring-jaring kerucut. Untuk membuat jaring-jaring kerucut, kamu harus membuat pola lingkaran sebagai alasnya dan pola lengkungan sebagai selimutnya. 

Cara membuat bangun ruang menggunakan karton berbentuk kerucut ini sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, kamu cuma perlu menggambar pola dengan ukuran dan garis yang detail agar hasilnya bagus. 

Beberapa contoh benda yang memiliki bentuk kerucut adalah topi ulang tahun. Meski bentuknya hampir menyerupai kerucut, sayangnya topi ulang tahun tidak memiliki alas berupa lingkaran di bawahnya. Sehingga, benda ini juga tidak bisa disebut sebagai bentuk kerucut seratus persen. 

Cara Membuat Bangun Ruang Prisma Pakai Karton

jaring-jaring prisma

Untuk membuat jaring-jaring bangun ruang prisma, kamu perlu memperhatikan rusuknya. Fungsi rusuk adalah untuk menyangga prisma agar bisa bisa ditaruh pada bidang datar. Dengan begitu, barulah bangun ruang prisma dapat berdiri tegak. 

2 Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas dan Botol

Jaring-jaring prisma dua sisi alas berbentuk segitiga siku-siku, dan tiga sisi tegak berbentuk persegi panjang. Jika kamu membelah dan mengiris potongan jaring-jaring prisma, maka kamu akan mendapatkan bentuk jaring-jaring yang berbeda pula. 

Ada berbagai macam bentuk jaring-jaring prisma yang bisa kamu buat. Mulai dari dari prisma berbentuk segi lima, prisma segitiga, dan prisma segi enam. Seluruh jenis prisma tersebut memiliki bentuk yang berbeda tergantung dari alas segitiga yang dipakai.