Contoh kerajinan bahan lunak

Agar rumah tampak cantik, kamu bisa mendekorasinya dengan contoh kerajinan bahan lunak yang menarik. Beberapa contoh prakarya yang terbuat dari bahan lunak bisa kamu buat sendiri, sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya. 

Tapi, apa saja bahan kerajinan lunak yang mudah kamu cari di pasaran? Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan beberapa bahan lunak di bawah ini untuk membuat sebuah produk kerajinan tangan yang estetik. 

Cara Pembuatan Kerajinan dari Limbah Lunak

Prakarya dari Sabun 

Prakarya dari sabun

Bukan cuma buat mandi, ternyata sabun yang kamu pakai selama ini juga bisa beralih fungsi menjadi bahan untuk membuat prakarya. Sudah banyak contoh kerajinan bahan lunak dari sabun yang bisa kamu temukan. Beberapa hasilnya bahkan cukup mencengangkan karen terbuat dari sebuah sabun. 

Jika kamu tertarik menggunakan sabun sebagai bahan untuk membuat prakarya bernilai tinggi, maka kamu bisa mencobanya. Gunakanlah jenis sabun batangan agar bentuknya bisa kamu ukir secara mudah menggunakan alat ukiran simpel. 

Teknik untuk memahat sabun juga beraneka ragam. Kamu bisa mengukir sabun dengan peralatan seadanya, namun juga bisa mencampurkannya dengan tepung sagu sekaligus air. Kemudian, bentuklah sabun batangan menjadi sebuah mahakarya menggunakan teknik-teknik tersebut. 

Contoh Kerajinan Bahan dari Kulit

Contoh kerajinan kulit

Bahan lunak yang satu ini mungkin yang paling gampang kamu temukan untuk menjadi sebuah bahan membuat kerajinan. Fakta ini bukan cuma omong kosong belaka. Sebab, kamu bisa menemukan produk-produk kerajinan kulit dengan harga yang cukup tinggi. 

Beberapa contoh kerajinan bahan lunak yang terbuat dari kulit adalah dompet, tas, atau sepatu. Jenis kulit yang kamu pakai untuk membuat kerajinan juga akan menentukan kualitas dan harga produk yang kamu hasilkan. 

Jenis kulit bernilai mahal misalnya adalah kulit buaya, kulit ular, atau kulit domba. Produk kerajinan yang terbuat dari jenis kulit tersebut pasti bernilai jual mahal dan banyak kolektor yang memburunya. 

Kerajinan Bahan Lunak Gips  

Prakarya bahan gips

Nggak banyak orang yang tahu kalau gips bisa juga berfungsi sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Gips merupakan bahan lunak alam yang terbuat dari campuran sulfat nitrat, karbonat, hidrat kalsium, dan sebagainya. Seluruh kandungan tersebut ada dalam bahan gips. 

Gips biasanya berbentuk seperti bubuk yang bisa dicampur dengan larutan air. Kemudian, aduk-aduk bahannya hingga berubah menjadi sebuah adonan yang kental. Jika sudah mengental, kamu bisa mengolah bahannya dengan teknik cor hingga mengeras. 

Beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari bahan gips memiliki nilai jual yang cukup mahal. Misalnya saja kerajinan relief dinding, patung hias, atau bingkai foto. Seluruh hasil kerajinan dari gips ini tentunya memiliki pangsa pasarnya tersendiri, sehingga cukup banyak yang mencarinya untuk koleksi. 

Prakarya dari Polymer Clay

Kerajinan bahan polymer clay

Polymer Clay merupakan tanah liat buatan yang bisa dipakai untuk membuat kerajinan tangan. Tanah liat buatan ini memiliki karakteristik bahan yang lunak, namun bisa berubah menjadi keras seiring waktu. 

Bahan Polymer Clay ini sering disebut juga sebagai PVC alias Polymer Polyvinyl Chloride. Bahan ini merupakan bahan yang cukup berbahaya bagi manusia bila pengolahannya nggak benar. Makanya, nggak boleh bertindak sembarangan saat memakai PVC sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan. 

Namun, kamu nggak perlu khawatir lagi saat mau memakai bahan ini. Sebab, PVC yang sesuai standar kesehatan sudah banyak beredar di pasaran. Jadi, kamu bisa membeli PVC yang nggak berbahaya untuk membuat sebuah kerajinan tangan.