Site icon Creative Blog And Tips

Cara Mudah Mengecek BPOM Online Melalui Aplikasi dan Website

Gourmetamigurumi.com – Cara mudah mengecek BPOM online. Mungkin kamu sudah familiar mendengar kata BPOM dalam suatu produk. Di mana BPOM sendiri merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sesuai namanya yakni badan pengawas, nantinya semua produk dalam kategori obat dan makanan harus terdaftar di BPOM untuk menjamin keamanannya. Selain itu BPOM sendiri terbilang memberikan ketentuan penilaian yang cukup tinggi sehingga sebagai konsumen kamu bisa lebih yakin saat menggunakan produk yang sudah BPOM.

Perkembangan teknologi memungkinkan kamu untuk bisa melakukan pengecekan BPOM dengan lebih mudah. Hanya menggunakan HP dan via online, kamu akan mendapatkan informasi seputar produk apakah sudah terdaftar BPOM atau belum. Selain itu nomor BPOM juga secara tidak langsung menunjukkan keaslian suatu produk.

Berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk melakukan pengecekan BPOM pada suatu produk dengan mudah baik melalui aplikasi atau melalui website resmi.


Apa itu BPOM ?

Merupakan lembaga yang mengawasi seluruh peredaran obat dan makanan di wilayah Indonesia. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk memastikan bahwa semua produk telah aman untuk di konsumsi sehingga tidak merugikan konsumen. Oleh karena itu saat membeli suatu produk baik obat maupun makanan, pasatikan untuk memastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM.

BPOM sendiri memiliki tugas yang sudah di atur berdasarkan Peraturan Presiden Pasal 2 No. 80 tahun 2017. Berikut ini beberapa tugas BPOM untuk kamu ketahui :


Cara mudah cek BPOM secara online

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kamu bisa melakukan pengecekan BPOM dengan mudah melalui aplikasi dan website resmi. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Cek BPOM melalui aplikasi

2. Cek BPOM melalui Website resmi


Nah itulah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk cek produk menggunakan BPOM. Nantinya saat mengecek suatu produk yang terdaftar di BPOM, maka kamu akan mendapatkan berbagai informasi secara rinci mulai dari pihak pendaftar, jenis produk, merek, nama produk, dan masih banyak llagi yang lainnya.

Selain itu jika suatu produk sudah terdaftar di BPOM itu artinya produk tersebut bisa di bilang sudah mendapatkan perlindungan hukum konsumen.***

Exit mobile version