Gourmetamigurumi.com – Cara mengecek penerima bansos. Pemerintah mengadakan program yang memungkinkan masyarakat tertentu untuk mendapatkan bantuan sosial. Terlebih pada masa pandemi, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi. Tepatnya pada tahun 2022 ini akan di cairkan bantuan sosial dari berbagai jenis yang berbeda – beda mulai dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, bahkan hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT).

cara mengecek bansos

Nantinya masyarakat yang akan menerima bansos adalah yang sudah terdaftar pada situs DTKS. Oleh karenanya jika kamu ingin menerima bantuan sosial, di sarankan agar melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun untuk bisa di terima sebagai penerima bansos maka kamu di haruskan untuk memenuhi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar program bansos bisa sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai cara mengecek bansos apakah kamu mendapatkannya atau tidak.


Cara mengecek bansos online

Untuk bisa mengetahui penerima bansos yang merupakan salah satu program pemerintah, kamu bisa mengeceknya dengan mudah secara online sehingga kamu tidak perlu lagi untuk keluar rumah. Selain itu ada 2 cara yang bisa kamu praktekkan yakni melalui web resmi bansos kemensos dan juga melalui aplikasi cek bansos. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

1. Melalui web resmi

1. Melalui web resmi
  • Sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya untuk menyiapkan kartu keluarga terlebih dahulu atau bisa juga dengan menggunakan KTP.
  • Kemudian buka browser pencarian dan masuk pada situs cekbansos.kemensos.go.id pada kolom pencarian Google.
  • Selanjutnya pilih provinsi, kecamatan, dan kelurahan yang sesuai dengan domisili tempat tinggal.
  • Jangan lupa juga untuk memasukkan nama lengkap.
  • Nantinya kamu akan di minta untuk melakukan verifikasi kode Captcha. Pastikan untuk melakukan input kode Captcha dengan benar.
  • Terakhir klik tombol Cari Data.
  • Tunggulah beberapa saat hingga sistem melakukan proses permintaan yang kamu ajukan.
  • Nama kamu akan muncul dalam tampilan pencarian jika di katakan sebagai penerima bansos.

2. Cek bansos melalui aplikasi Cek Bansos

2. Cek bansos melalui aplikasi Cek Bansos

Tidak hanya melalui web resmi, kamu bisa mengecek bansos dengan mudah melalui aplikasi Cek Bansos. Selain itu cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa tahapannya :

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download dan instal aplikasi Cek Bansos. Di mana aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang di rancang oleh Kementerian Sosial.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, langkah selanjutnya kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi.
  • Nantinya kamu akan membutuhkan KTP dan swafoto saat proses registrasi.
  • Kemudian kamu juga akan di minta untuk melakukan validasi berupa kode OTP yang akan di kirimkan melalui email.
  • Lakukan verifikasi OTP untuk melanjutkan akses terhadap aplikasi.
  • Terakhir kamu bisa melakukan pencarian. Di mana nantinya akan di tampilkan data – data berupa nama, umur, status bansos, bahkan hingga alamat domisili tinggal.
  • Nantinya nama kamu akan muncul dalam hasil pencaria jika terdaftar sebagai penerima manfaat bantuan sosial yang di sediakan pemerintah.

Download aplikasi Cek Bansos


Kesimpulan

Demikian beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek bansos dari pemerintah. Cara di atas tentunya sangat praktis sehingga memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai penerima bansos. Rasakan manfaat dari program pemerintah untuk memberantas kemiskinan terutama jika kamu sedang mengalami kesulitan ekonomi. Terlebih program bansos yang di adakan pemerintah terdiri dari beberapa jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.***