bermain gitar

Mungkin hampir semua orang bisa bermain gitar karena teknik permainannya cukup sederhana. Banyak orang menggemari permainan ini. Baik laki-laki maupun perempuan mereka sangat menyukai alat musik ini. Selain mudah untuk di pelajari, gitar juga enak di gunakan pada saat bersantai bareng temen atau sahabat. Dengan gitar kalian bisa memecahkan keheningan dengan cara bernyanyi dengan santai bersama. 

Namun ada juga beberapa orang yang masih menganggap bermain gitar itu sangat sulit. Nah kalian yang menganggap bermain gitar itu sulit sekarang tidak perlu khawatir lagi.Dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang masih pemula.

Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Bermain Gitar Dengan Belajar Kunci Dasar

chord gitar F

Berikut kunci dasar yang perlu kamu ketahui yaitu senar:

  • 1 hasilkan nada E’
  • 2 hasilkan nada B
  • 3 hasilkan nada G
  • 4 hasilkan nada D
  • 5 hasilkan nada A
  • 6 hasilkan nada E

Sebelum kamu belajar memetik gitar, sebaiknya pelajari dahulu kunci dasar dalam bermain gitar. Biasanya gitar memiliki 6 senar, mulai dari senar yang ada bagian paling bawah hingga paling atas sendiri.

Selain itu, ada dua jenis gitar yang populer yakni gitar elektrik dan akustik. Meski keduanya memiliki nada yang hampir mirip, ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini salah satunya pada bagian tuningnya. Untuk menghasilkan suara yang lebih klasik kamu dapat memilih gitar akustik. Sebaliknya jika kamu ingin mendapatkan suara yang lebih elektrik maka dapat menggunakan gitar elektrik.

2. Belajar Memposisikan Gitar Dengan Nyaman

Setelah kamu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar, sebaiknya kamu juga mulai belajar memposisikan gitarmu dengan benar agar pada saat belajar, kamu bisa merasa nyaman dan fokus. Pertama, posisikan gitar yang membuat kamu merasa nyaman memegangnya. Sebagai pemula, kamu bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut.

Pastikan kamu memilih posisi gitar yang nyaman. Pasalnya, jika kamu tidak nyaman dengan posisi duduk, maka bisa membuatmu tidak fokus saat belajar cara bemain gitar. Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu. Dekatkan badan gitar ke perut dan dada. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V pada ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.

Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan. Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.

3. Belajar Memetik Gitar

belajar memetik gitar

Jika kamu sudah mengetahui kunci dasar , sudah mendapatkan posisi yang nyaman untuk bermain gitar dan juga sudah bersama dengan teman atau sahabat yang pandai bermain gitar, sekarang kamu bisa mulai belajar bagaimana cara menggenjreng atau memetik gitar. Agar pada saat kamu bermain, nada yang hasilkan bisa terdengar indah dan merdu. Biasanya pada tahap ini kamu perlu menggunakan 5 jarimu.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

4. Bermain Gitar Dengan Kunci Yang Sederhana

Cobalah bermain dengan lagu yang memiliki kunci-kunci dasar. Karena itu dapat membantu melenturkan jari-jari. Dan membantu untuk menghafal letak. Kemudian pada saat kamu sudah mulai mahir, kamu bisa mencoba lagu ke level berikutnya.

Supaya kamu tidak bosan dalam berlatih, maka pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Jika kamu sudah menguasai satu lagu, maka untuk tahap selanjutnya akan dengan mudah memahami dalam bermain gitar.

Kamu juga perlu belajar menyetem gitar atau tuning. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

By Mita